Review

[REVIEW] MASTER OF NONE SEASON 1 EPISODE 5: THE OTHER MAN

Salah satu aspek yang saya suka dari Master of None adalah visualisasi kehidupan sosial yang otentik, tidak seperti sitkom yang lainnya. Dev memiliki sahabat dekat seperti Arnlod, Brian, dan Denise, namun dia tidak terpaku pada mereka setiap waktu. Ada kalanya Dev kumpul bertiga, namun di waktu lain bisa saja hanya bercengrakama dengan salah satu dari mereka. Sejak episode pertama, Dev punya banyak relasi yang datang dan pergi sehingga tidak bisa ditebak mana yang akan muncul lagi di episode-episode Master of None.

Begitu pula dalam ‘The Other Man’, Benjamin yang juga ikut main dalam film fiktif The Sickening, kini muncul lagi untuk memberi pencerahan kepada Dev dan Denise yang tengah berkunjung ke tempat syuting. Ceritanya Dev sedang merasa galau karena beberapa waktu lalu dia nyaris berhubungan badan dengan wanita yang sudah menikah. Dari obrolan mereka bertiga, salah satu punchline yang sukses mengundang tawa adalah analogi tentang “human dildo”. Original banget.

benjamin

Tidak hanya Benjamin, Dev juga punya teman syuting baru dalam diri Colin Salmon (as himself). Secara mengejutkan dia tertarik dengan kemampuan Dev (yang sebenarnya biasa saja) sampai mengundangnya ke trailer untuk bertukar pikiran. Sampai di sini saya sempat salah fokus, karena trailer milik Colin bagus banget. Begitu pula saat Colin mengundang Dev sebagai tamu terhormat dalam sebuah seremoni unik di apartemennya yang mewah. Colin jadi representasi aktor yang sukses, berbanding terbalik dengan Dev yang masih membangunnya dari bawah.

colin2

Okay, kembali ke story arc utama dari episode ini yaitu perselingkuhan. Bukan Dev yang berselingkuh, melainkan wanita yang ia temui dalam sebuah pesta. Pertemuannya dengan Nina (Claire Danes) membuat semuanya too good to be true untuk Dev.

confess

Awalnya Dev terkesan seperti orang baik-baik karena menolak untuk berhubungan seks, padahal keadaan sudah sangat mendukung. Alasannya? Nina ketahuan udah punya suami. Namun, sifat malaikat Dev berubah 180 derajat saat tanpa sengaja bertemu dengan suami Nina yang menyerobot antrean Dev di sebuah kafe es krim. Sebagai balas dendam, Dev akhirnya memutuskan untuk melakukan hubungan seks dengan Nina.

cool

Dari beberapa cameo yang muncul, Claire Danes-lah juaranya di episode ini. Semua adegan bisa diperankan dengan baik oleh Danes. ‘The Other Man’ tidak mau menghabiskan waktu dalam menunjukkan kompleksitas yang dialami oleh Nina, namun semuanya dijabarkan dengan lebih singkat, straightforward, dan untungnya lengkap. Bahkan ketika adegan paling kocak yaitu saat suami Nina memergoki Dev yang nyaris telanjang, sebenarnya gong-nya bisa saja disitu.

‘The Other Man’ justru tetap berlanjut dengan dengan peristiwa ‘one month later’. Dev yang sedang bersama Denise tidak sengaja bertemu kembali dengan Nina dan… suaminya! Setelah konflik besar yang terjadi sebelumnya, Dev tentu kaget kenapa rumah tangga Nina bisa bertahan. Ada momen sweet setelah itu yang membuat Dev dan Denise bertanya-tanya sendiri.

domino

Anyway, episode ini menjadi menarik karena deretan cameo yang muncul tidak punya latar belakang komedi. Untungnya mereka berhasil memerankan karakter yang diperankan. Mungkin karena script-nya tidak memaksa mereka untuk melucu. Oh iya, jangan lupakan peran besar Denise yang jadi sidekick Dev di episode ini. Brilian!

Tinggalkan Balasan