Review

[REVIEW] FEAR THE WALKING DEAD Season 2 Episode 1: Monster

Season perdana Fear The Walking Dead (FTWD) punya momen tersendiri di benak saya. Awalnya saya cukup pesimis dengan premis yang “zombie lagi-zombie lagi,” namun FTWD mampu memberikan atmosfer yang berbeda ketimbang serial flagship. Memang kualitas antar episode ada naik turunnya, namun cukup membuat kita penasaran akan apa yang terjadi di season 2. Waktunya melupakan siapa yang mati di tangan Negan, guys!

Episode “Monster” langsung membawa kita melihat tepian L.A. yang hancur, lengkap dengan nyala api dimana-mana. Suara ledakan jelas terdengar dari aksi militer yang mencoba membombardir tanah Amerika. Tak ada jalan kembali untuk para karakter. Mereka harus kabur menggunakan Abigail, yacht milik Strand (Colman Domingo).

Di episode akhir season 1, Travis harus menembak mati mantan istrinya yang digigit oleh zombie dan Chris (Lorenzo James Henrie) benar-benar kesulitan untuk mencerna tindakan ayahnya tersebut. Travis tak berkutik ketika Chris bersikeras ingin membawa jenazah sang ibu ke kapal.

destroyed

Meskipun berhasil kabur dari masa-masa kritis, tensi tetap terasa tinggi terutama antara survivor dan penyelamat mereka alias Strand. Saat Abigail mulai berlayar, mereka mendapat “cobaan” pertama sebagai manusia yang bermoral. Madison ingin menyelamatkan segerombolan orang yang terjebak di perahu kecil. Strand tak henti-hentinya mengingatkan Madison serta semua orang yang ada di sana, bahwa mereka ada di kapalnya dan dia satu-satunya yang membuat keputusan.

Sepertinya Madison masih menjadi karakter yang membuat saya frustasi dengan sikapnya. Tentu saja kebaikan hatinya beralasan, namun untuk ukuran seorang ibu yang berumur cukup matang, jiwa pahlawannya justru membahayakan seisi kapal. Jika menolong orang, suplai makanan dan air tak akan bertahan lama. Mungkin juga di antara segerombolan orang tersebut ada satu-dua yang sakit lalu berubah menjadi zombie. Kalian tak bisa begitu saja menyambut orang dengan tangan terbuka saat tahu posisi kalian juga kurang menguntungkan. Untungnya Travis menyadarkan Madison.

Madison bukan satu-satunya karakter yang belum sadar jika apocalypse sudah di depan mata. Kedua remaja Alicia (Alycia Debnam-Carey) dan Chris juga menjadi dua karakter yang membuat gemas di episode ini. Chris masih memusuhi Travis, bahkan berani menonjok muka ayahnya itu dengan keras. Yang agak disturbing, ia tak mau berpisah dari mayat ibunya hampir sepanjang episode berjalan. Sejujurnya saya tak menyalahkan sikap Chris, namun lebih menyayangkan Travis yang tak mampu berbuat apa-apa.

die

Apa yang diperbuat Chris memang menunjukkan kelabilan khas remaja, tapi at least dia tidak membahayakan orang-orang di sekitar. Berbeda dengan perbuatan Alicia yang melakukan kontak dengan orang asing via radio. Mungkin Alicia kesepian pasca ditinggal sang pacar, tapi obrolan santainya dengan seseorang bernama “Jack” bisa berakibat fatal saat ia tanpa sengaja memberitahu tentang suplai dan teknologi penyulingan air yang Abigail punya. Well, alasan yang cukup untuk orang jahat menyimpan minat terhadap kapal mereka. Apakah Jack jahat? Belum tahu. Tapi potensi untuk ke arah situ? Sangat terbuka lebar. Kita tahu apa akibat perbuatan “orang-orang bodoh” di universe The Walking Dead.

Saat Alicia asyik dengan teman misteriusnya, Nick yang sedang mencoba menyelamatkan Chris justru harus berhadapan dengan zombie yang mengapung-apung. Yes, akhirnya ada zombie yang bisa beraksi di air! Zombie tersebut berasal dari kapal yang hancur di dekat Abigail berhenti. Nick dengan rasa ingin tahunya, mencoba menginvestigasi kapal tersebut sendirian. Cukup menarik melihat body kapal penuh dengan lubang peluru beserta beberapa zombie mengapung di dalamnya. Bersamaan dengan itu, Strand mendapat peringatan jika ada sebuah kapal mendekati Abigail dengan cepat.

Lepas dari daratan, bukan berarti lepas pula dari bahaya. Tak disangka FTWD langsung membawa para karakter menghadapi dua potensi bahaya: perompak dan zombie air! Sebutan zombie air sih tidak terlalu tepat sebenarnya, namun tipe zombie seperti ini yang jarang kita lihat di serial The Walking Dead. Bila mereka benar-benar berhadapan dengan perompak, pastinya akan jadi tipe villain baru yang belum pernah ditemui sebelumnya.

crush

Untuk episode pembuka, “Monster” cukup baik. Suasana laut dan kapal pesiar sepertinya menjanjikan cerita yang fresh. Ada tiga karakter favorit saya di episode ini: Strand, Nick (Frank Dillane) dan Salazar (Ruben Blades). Untuk ukuran pecandu, Nick menunjukkan jika ia adalah sosok pemberani dan pintar melebihi kedua saudaranya, Alicia dan Chris. Salazar dan Strand juga hampir sama dengan Nick. Mereka sudah sadar dengan apa yang terjadi. Mereka tetap waspada, namun sebisa mungkin terlihat santai. Semoga saja karakter lain bisa cepat belajar dari Nick, Strand, dan Salazar. Oh iya, Strand juga secara misterius menyimpan agendanya tersendiri. Madison dan Salazar sudah mencium gelagat ini, namun belum bisa memastikan apa yang direncanakan oleh Strand.

Tinggalkan Balasan