Feature The Walking Dead

The Walking Dead Season 6 Aftermath: Inilah Alasan Mengapa Negan Adalah Villain Yang Spesial

Warning: Artikel di bawah mengandung spoiler mengenai jalan cerita The Walking Dead (TWD) versi komik dan diharapkan pembaca menonton terlebih dahulu episode ke-16 dari season 6.

Setelah mendengar nama “Negan” berulang-ulang kali, akhirnya ia muncul di episode terakhir season 6. Last Day on Earth menampilkan Negan dengan elegan, meski porsinya hanya sedikit. Namun dari 10 menit penampilannya, TWD menggunakan waktu secara efektif karena penonton langsung mendapat impresi jika Negan bukanlah villain biasa. Dan fakta tersebut memang benar adanya. Meski ending season 6 sangat menggantung, paling tidak kita bisa mendapat gambaran Negan dari versi komik TWD yang sudah terbit jauh sebelum episode finale ditayangkan.

Negan. Siapa dia?

Berbeda dengan villain yang pernah muncul, Negan adalah karakter yang ikonik dalam komik karya Robert Kirkman tersebut. Dia punya senjata signature berupa pemukul baseball yang bagian atas dibalut dengan kawat berduri. Penampilannya necis dan khas, bahkan bisa dibilang ia sangat good looking untuk ukuran penjahat yang sudah berumur 40an tahun.

Di versi komik, Negan pertama kali muncul di edisi ke-100. Dia merupakan pimpinan dari Saviors yang saat itu beranggotakan 50 orang. Dengan segala resource dan senjata yang dipunya, kelompok Saviors terlihat sangat superior. Tak heran kelompoknya menjadi tukang palak bagi komunitas lain seperti Hilltop atau The Kingdom, dengan menjanjikan “keamanan” bagi komunitas tersebut.

[HOT] BACA JUGA: [REVIEW] THE WALKING DEAD SEASON 7 Episode 1 (FULL SPOILER)

Negan dideskripsikan sebagai alpha-male yang karismatik, cerdas, punya kemampuan memanipulasi, dan di dalam tubuhnya mengalir deras darah sosiopat. Kabar baiknya, ia sangat kontra dengan kekerasan seksual. Suatu ketika ia menghukum salah satu anggota Saviors yang mencoba memperkosa karakter bernama Holly dengan cara membakar wajah pelakunya. Ia berdalih, setiap cara keji yang ia terapkan adalah agar pengikutnya dapat teratur demi mencapai tujuan sebagai masyarakat yang beradab.

Tak banyak masa lalu yang bisa digali dari Negan sampai detik ini. Sebelum wabah zombie melanda, ia merupakan seorang sales mobil yang sangat menikmati permainan pingpong dan bilyar.

Negan dan Karakter Penting yang Ia Bunuh

Well, sesi ini bisa jadi jawaban atas ending TWD season 6. Meski episode berakhir dengan menggantung, penikmat komik sudah tahu siapa yang dibunuh Negan menggunakan Lucille miliknya. Dalam debutnya di komik edisi 100 yang terbit 11 Juli 2012 lalu, Negan langsung membunuh salah satu heroes paling penting di jagat TWD. Berhenti membaca jika kalian tidak ingin kena spoiler versi komik!

The Saviors dan grup Rick bentrok dan berakhir tidak menyenangkan bagi Rick. Hampir sama dengan yang ditampilkan dalam serial, Negan bermain “eenie meenie” (kalau di Indonesia seperti permainan capcipcup belalang kuncup) untuk menentukan siapa dari grup Rick yang akan dia bunuh. Dan permainan mematikan dari Negan tersebut berujung pada kematian… Glenn!

glennkilled

Lucille benar-benar menjadi senjata yang mematikan. Berkali-kali Lucille diayunkan ke kepala Glenn. Karakter dengan pembawaan tenang dan penyayang itu dibunuh secara keji. Darah bercucuran hingga membuat kepala dan wajah Glenn nyaris tak berbentuk lagi. Kematian yang sangat memilukan bagi karakter sebesar Glenn.

Saya belum bisa membayangkan jika Glenn benar-benar dimatikan dalam versi serial. Karakter ini merupakan salah satu kesayangan penonton. Saya ingat di awal kemunculannya (saat menolong Rick) begitu menghibur. Karakternya lucu dan polos. Namun kita tak bisa menampik fakta jika kemunculan Negan berarti kematian salah satu heroes penting. Meski belum jelas apakah TWD akan mengikuti alur komik terkait kematian Glenn, bisa dipastikan akan ada scene yang menyayat hati penonton.

Negan Vs. Carl

Meski secara mental ia bisa dibilang “sakit,” Negan masih menyimpan sisi kemanusiaan dalam dirinya, bahkan ia masih punya sifat empati terhadap sesama. Contoh nyatanya adalah ketika ia menyimpan ketertarikan terhadap Carl Grimes (anak Rick) meskipun Carl telah membantai beberapa anggota Saviors.. Berawal dari kejadian itu, hubungan Negan-Carl bertambah dekat. Bukan sebuah hubungan pertemanan yang sehat, namun lebih ke mentorship. Negan jelas-jelas mengagumi keberanian Carl.

carlnegan2

Hubungan yang dekat tersebut tak menyurutkan niat Carl untuk membunuh Negan. Namun Negan yang mengetahui hal tersebut tetap membiarkan Carl berada didekatnya. Hubungan yang aneh bukan? Sangat mungkin plot ini dibawakan dalam versi serial televisinya. Mengingat dalam beberapa season hubungan Carl dan Rick sering tak akur, bisa jadi kehadiran Negan akan membawa malapetaka baru bagi Rick.

Negan. What’s next?

The Walking Dead versi komik dan serial merupakan dua produk yang berbeda namun tetap berhubungan. Betul versi komik muncul terlebih dahulu, namun serial televisinya tidak serta merta menjiplak habis-habisan. Ada beberapa story-arc yang alurnya menyimpang dari komik. Ada pula karakter yang berakhir dengan nasib berbeda.

glenn.jpg

Kematian Glenn di komik belum tentu diterapkan dalam versi serial. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Kepentingan yang berorientasi pada “profit” juga menjadi twist tersendiri bagi tim penulis naskah. Begitu juga deari segi aktor dan aktris yang memerankannya. Bisa jadi yang mati adalah Daryl, mengingat Norman Reedus punya banyak project yang sedang dan akan digarap. Atau TWD memutuskan untuk mematikan karakter yang kurang penting seperti Rosita atau Eugene? Bisa jadi.

AMC akan melanjutkan TWD pada Oktober mendatang. Masih ada 6 bulan untuk membangun teori siapa korban Lucille di versi serial televisinya kelak. Jadi, menurut kalian siapa yang pantas untuk pensiun dari serial TWD?

22 thoughts on “The Walking Dead Season 6 Aftermath: Inilah Alasan Mengapa Negan Adalah Villain Yang Spesial

  1. Koq ada 2 yg di bunuh negan,, sumpah pas Abraham di bunuh aja ane udh kaget, kira in cm di pukul sekali & doi bs diselamatin eh ternyata berkali2 ampe ancur ntu pala, gara2 daryl ngelawan hukumannya jd kena si Glenn x ye,, bikin muak bro, ngenes bgt nasib glenn, last word nya ke maggie dengan mata yg nyaris keluar,,, njiirrr, jd befikir bwt berhenti nonton TWD….. hiks….

  2. Mudah2han bkn eugene karena dia idola aku, dan menurut sy yg di bunuh oleh negan itu rick karena dia pemimpin yg bertangung jawab atas hilang nya banyak nyawa kelompok savior.

  3. kemungkinan bisa glenn. bisa eugene, alasannya: (Glenn) waktu kelompok rick nyerang tempat negan ketika pertukaran salah satu anggota hiltop, pas malem2. si glenn liat foto2 seperti kepala hancur d salah satu kamar ketika mau membunuh anggota negan yang sedang tidur, mungkin itu foto korban negan dengan lucille-nya. pasti ada hubungannya dengan glenn liat foto2 tersebut, kaya dejavu dia malah merasakan seperti itu. lalu (Eugene) tokoh ini sebelumnya udah ketangkep dluan sama salah satu klompok negan , si dwight, nah setelah itu dia ketangkep lagi, ketika kelompok rick sedang kebingungan di kepung, eugene misah dan udah kaya ngelakuin perpisahan sama abraham. tapi ujung2nya dia ketangkep lagi. dan dr final scene ketika di pukul. suaranya yang berteriak seperti “ohh… no” suaranya seperti eugene. prediksi saya glenn 75% eugene 90% dan mungkin tambah Daryl yang jadi korban. karna sblmnya dia udah pucet kena tembak dr dwight. seperti produser bilang “tokoh yang paling d cintai penonton” untuk daryl 50% kemungkinan

  4. Menurut saya sih yg dibunuh sama negan itu abraham . Kenapa abraham?
    Soalnya liat di posisi urutan nya , glenn berada di ujung kiri , eugene berada di ujung kanan , sedangkan negan memukul orang ke 5 dr barisan ujung kiri , (liat di trailer season 7 nya) jadi menurut saya mungkin abraham yg di bunuh . Bukan glenn .. mungkin hehe

  5. feeling gw malah si abraham yg di hajar abis2an. kenapa? soalnya udh ad bbrp tanda2 si abraham kaya bimbang gitu semenjak dia kaya ad rasa sama sasha. sewaktu di hilltop pas scene berantem, kalo ga di tolong daryl, dia kaya pasrah di cekik gitu, dari sini gw punya feel kalo karakter abraham bakal diilangin. dan 1 petunjuk lg kenapa gw nyangka nya abraham adalah, sewaktu negan mukulin pake tongkat baseball, negan sempet bilang “look at that, taking it like a champ!”
    seolah2 ngasih tau bahwa karakter yg dipukulin negan itu punya mental pejuang which is yang punya mental kaya gitu gw rasa cuma abraham. tapi ini semua cuma sekedar feeling gw doang. semua punya pendapat masing2. hasil akhir nya akan ketauan ketika season 7 mulai lagi ntar wkwkwkwk

    1. di komik kan pas negan bunuh glenn jg dia ngmg “look at that, taking it like a champ!” jadi kayaknya argument anda tidak valid.. lol

  6. Ya memang Glenn adalah karakter yang dibunuh negan di komik, tapi menurut saya kemungkinannya baru 50% karena serial TWD dari awal sudah banyak modifikasi yang tidak sesuai dengan komik. Contohnya karakter, Daryl. Apakah ada karakter Daryl di komik TWD? tidak ada!. Siapa yang menyangka bahwa karakter yang dicintai penonton TWD ternyata tidak ada di versi komik. Gue pribadi juga kaget begitu dengar fakta tsb beberapa bulan lalu.

    oke, balik lagi ke teori episode terakhir. Kemungkinan Karakter Glenn dibunuh oleh Negan memang sepertinya jadi teori yang gak bisa dibantah dalam versi komik, tapi dalam serial televisi semuanya bisa saja berubah. Pihak AMC dan tim produksi pasti sudah mengantisipasi ending di season ini. sutradara TWD menjadikan karakter Glenn dan Daryl begitu dicintai penontonnya. Dua karakter yang mempunyai peran sentral dan dijadikan karakter yang kapan saja bisa menjadi “kartu As” dalam menyelesaikan konflik yang dibangun. Seperti Carol di Terminus. Kemudian yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana bisa mereka membuat karakter Daryl yang pada dasarnya tidak ada di komik, menjadi karakter yang sangat penting namun bertahan lebih lama dari Glenn? jawabannya karena semua adalah kepentingan PROFIT. Twist, Plot, dan alur cerita yang sedikit berbeda dengan komik pasti sudah diantisipasi oleh mereka dan sudah pasti “dihalalkan” begitu saja oleh mereka tapi diganti dengan kejutan yang porsinya sama atau bahkan lebih besar.

    Itulah yang membuat TWD sulit ditebak sampai sekarang, alur cerita yang sulit diterka menjadikan TWD bahkan menyaingi serial “Game of Thrones”. Kemungkinan kematian Glenn bisa saja menjadi sangat kecil, karena jika kita melihat kembali Scene terakhir di mana Negan akan menghabisi salah satu karakter, tidak terlihat Morgan dan Carol di sana. Bisa saja Carol kembali jadi pahlawan seperti apa yang dia lakukan di Terminus. Masih banyak lagi teori-teori lain mengenai dugaan karakter lain yang dibunuh negan. itu membuktikan bahwa kematian Glenn yang sesuai di Komik belum tentu diterapkan pula di Serial televisinya.

    Saya adalah satu dari sekian juta penonton TWD yang menyukai tokoh Glenn, dan saya pikir pihak AMC atau crew TWD tidak mau melakukan “Blunder” dan lebih memikirkan alternatif lain daripada harus mematikan karakter Glenn dengan mengakibatkan kehilangan jutaan penontonnya yang kecewa. semuanya kembali lagi ke PROFIT!

    Pengumuman Season baru juga menjadi alasan logis bahwa PROFIT pada serial TWD dimanfaatkan betul oleh tim produksi. Serial TWD yang direncanakan selesai pada season 6, ternyata tak kunjung selesai dan masih membuat kita semua penasaran, sehingga membuat tim produksi mengumumkan melanjutkannya di season 7.

  7. Jgn sampe glenn duunk eugene sih agak gpp deh… karakter’na kan agak kurang … gx sabaran bln oct

    1. Dalam sebuah cerita . gak seru kalo semua tokoh digambarkan “pemberani” . Eugene itu karakter penyeimbang . udah bbrapa kali Eugene hampir nyelakain anggota yg lain. meskipun dia gak bermaksud begitu.

      karakter Morgan yg masih belom bisa buat membunuh manusia “bernyawa” juga bisa di bilang membahayakan kelompoknya . sperti kejadian wolf raids.

  8. Dari sisi pandang berdirinya negan, dan kamera video mengarah ke wajah negan, ada cahaya lampu mobil yg menyorot lebih terang ke arah sisi kiri negan dan perpohonan dibelakang negan tidak ada terlihat mobil RV yg dikemudikan oleh grup rick dan terang itu dtg dari sisi terujung yaitu Eugene.
    kemukinan besar Eugene yg akan dibunuh oleh negan.
    Dari sisi lain tayangan film diputaran ke 43:20menit sudah terlihat Eugene akan mengakhiri final season6 TWD.
    karena beberapa lembaran kertas resep cara membuat peluru 101 telah diserahkan ke rick.
    dari sisi ini saya memukinkan Eugene yang akan dibunuh oleh Negan.
    ini hanya pemikiran saya ya teman2
    salam kenal untuk semua fans TWD

    1. hahahahaha mantap bgt agan ini ngejelasiinya. saam kenal Gan…
      saya gabisa prediksi siapa yg bakalan ter eleminasi. yang jelas kalaupun glen mati itu bakalan jadi sensasi tersendiri bagi para penonton perasaan penonton di naik turunkan hahahahah keren ini cerita

Tinggalkan Balasan