Review

[REVIEW] GRIMM Season 6 Episode 2: Trust Me Knot

SPOILER ALERT! Harap menonton episode “Trust Me Knot” sebelum lanjut membaca ulasan di bawah ini

Episode kemarin menempatkan tim Grimm berada di posisi kurang menguntungkan saat pasukan S.E.R.T. tinggal selangkah lagi meringkus Nick. Tapi seperti yang sudah diduga, penemuan sidik jari Renard di dekat mayat Rachel akan membalikkan keadaan.

Wu dan Hank tiba di saat yang tepat, sebelum Renard sempat memerintahkan untuk S.E.R.T. masuk ke rumah Bud. Dengan dakwaan telah membunuh Rachel, Wu dan Hank memborgol lalu membawa Renard ke kantor polisi.

Sempat saya mengira pasukan S.E.R.T. akan mundur karena kehilangan komandan, tapi toh akhirnya mereka menerobos masuk juga. Semua anggota tim Grimm tak berdaya, namun lagi-lagi keadaan berbalik ketika seorang polisi menemukan tongkat sakti Nick, dan…booom! Seluruh anggota S.E.R.T. pingsan. Tim Grimm aman. Tapi kok bisa mereka tidak terpengaruh tongkat sakti Nick? Entahlah…

GrimmS06E02_8

Salut untuk Wu dan Hank yang tidak terintimidasi saat Renard woging menjadi Zauberbiest ketika interogasi berlangsung. Merasa di posisi yang tak menguntungkan, Renard beralih ke Adalind untuk meminta bantuan. Tak lupa ia menghubungi hakim untuk membantu membebaskan dirinya. Tidak sulit untuk Renard mendapat bantuan karena pengikut Black Claw masih banyak. At least dengan ditahannya Renard, Nick punya waktu untuk beristirahat sejenak.


My Precious…

Perkembangan menarik terjadi di dalam hubungan Nick dan tongkat sakti. Eve mewanti-wanti agar Nick tak membawa tongkat itu setiap waktu. Karena apa? Kelakuan Nick menjadi agresif ketika disuruh berpisah dari tongkat. Persis mengingatkan saya pada cincin di Lord of The Rings. Semoga saja Nick tidak bernasib sama seperti Gollum di LotR. Ataukah jangan-jangan misi selanjutnya dari tim Grimm adalah membuang tongkat ke kawah gunung api? Siapa tahu.

Eve makin tertarik dalam mengungkap rahasia tentang kain pembungkus tongkat. Kita tahu sebelumnya dia bisa melihat simbol-simbol aneh yang tak bisa orang lain lihat. Ralat, ternyata Diana bisa juga. Ya, saat Diana dan Kelly dititipkan ke toko herbal milik Rosalee, Diana justru melihat lebih lengkap dari apa yang bisa dilihat Eve.

Nah, kok bisa? Mungkin saja karena Diana dan Eve sama-sama masih berjiwa “murni”. Okay, Diana memang sudah membunuh 2 orang, tapi itu karena insting untuk memproteksi orang yang dia sayang. Dan Eve—sejak “disentuh” oleh tongkat, posisinya kini jadi ambigu antara Eve atau Juliette.


Perjanjian

Trust Me Knot mencapai puncaknya ketika Nick dan Renard mencoba membuat deal. Nick akan membuat Adalind mau membantu Renard lepas dari tuduhan, tapi syaratnya Renard harus mencabut tuntutan terhadap Nick. Keduanya setuju, lalu dilakukanlah ritual Trust Me Knot yang melibatkan kemampuan Adalind sebagai Hexenbiest. Hadiah bagi pengingkar perjanjian adalah kematian.

Rencana yang terlihat sempurna dan menguntungkan bagi tim Grimm, tapi semua berantakan ketika Renard bisa mencari celah untuk lepas dari perjanjian. So, Renard berhasil bebas dan ia langsung memerintahkan anak buahnya kembali memburu Nick.


Bye Trubel…

Trubel mendapat telepon misterius dari HW. Sepertinya dia diperintahkan untuk keluar dari Portland untuk sebuah misi. Nick juga diajak pergi, tapi Eve tidak. Nah, aneh kan? Padahal yang banyak terlibat dengan HW adalah Eve. Nick jelas menolak karena masih banyak yang harus diurus di Portland.

GrimmS06E02_6

Apakah artinya kita kehilangan Jacqueline “Trubel” Toboni lagi? Sepertinya mengarah kesitu. Entah apa alasan tim produksi untuk memotong peran Toboni di saat genting seperti ini. Ingat, ini season terakhir. Grimm wanita seperti Trubel berhak mendapat porsi lebih. Semoga dia bisa menjadi kartu truf tim Grimm ke depan nanti.

Oh, iya adakah yang merasa kalau Toboni terlihat lebih feminim dan anggun?


KONKLUSI

Secara garis besar Trust Me Knot masih mengusung story-arc tentang penangkapan Nick. Meskipun sampai akhir episode Nick masih menjadi buronan, sepertinya episode mendatang punya atmosfer atau fokus yang agak berbeda. Diana membantu banyak dalam memvisualisasikan simbol aneh di kain. Tinggal tim Grimm (dan Eve terutama) untuk memecahkan puzzle tersebut. Kepergian Trubel jelas mengurangi kekuatan, tapi siapa tahu dia membawa bala bantuan dari HW. Hubungan Nick dan tongkat yang agak kurang ‘sehat’ memunculkan twist baru yang menarik.

OVERALL SCORE: 6.5

GeNocite

  • Bagian paling menggelikan adalah ketika Monroe ketakutan setengah mati saat mengasuh Diana.
  • Halusinasi yang dialami Renard masih misterius.
  • Kali ini Bud mengungguli Wu dalam melempar jokes.

Tinggalkan Balasan