Feature Highlight

Sambut Stranger Things Season 2, Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu!

Tahun lalu, Stranger Things menjadi sebuah fenomena di kalangan pecinta serial televisi. Bagaimana tidak, sebuah serial tiba-tiba muncul dengan banyak sekali hal yang mudah membuat orang jatuh cinta pada menit pertama. Pemeran anak-anak nan lucu? Check! Cerita sci-fi? Check! Seru nan tegang ala film thriller? Check! Homage pop-culture era 80-an? Check!

Bulan Oktober ini, serial hit dari Netflix ini akan kembali menemani Halloween kamu-kamu semua. Demi menyambut petualangan terbaru Mike dan kawan-kawan, inilah beberapa fakta yang mungkin kamu belum tahu.

Tanggal rilisnya kapan? Tenang, penantian segera berakhir! Netflix memastikan jika Stranger Things akan tayang pada 27 Oktober 2017 (waktu setempat). Pas banget dengan momen Halloween tahun ini.

Season 2 akan bersetting waktu tahun 1984 atau setahun setelah event di season perdana. Semua terlihat normal pasca kembalinya Will Byers, namun ternyata ada ancaman lain yang jauh lebih mengerikan.

“Penghormatan” untuk pop culture ’80-an Tak dipungkiri, Stranger Things season 1 banyak mengambil unsur-unsur terbaik dari kultur pop jadul. Mulai dari kemiripan dengan film-film Stephen Kings, hingga penempatan gambar-gambar yang mengingatkan kita akan film pada tahun tersebut (Jaws misalnya).

Seperti jadi tradisi, Stranger Things season 2 juga masih menampilkan tribute pada karya hits era tersebut. Lihat saja saat anak-anak menggunakan kostum Ghostbusters, atau coba tengok poster promo yang identik dengan film horor jaman dulu. Eits, ini bukan fan-made lho, melainkan rilis resmi dari Netflix.

Aktor/Aktris pendatang baru Akan ada sepasang saudara, Max (Saddie Sink) dan Billy (Dacre Montgomery) yang menjadi wajah baru. Netflix mendeskripsikan Max sebagai seorang anak perempuan yang kuat, percaya diri, bahkan terlihat tomboy. Dia punya masa lalu nan kompleks dan suka curigaan dengan sekitarnya.

saddie sink dacre
Gambar: Netflix.

Billy—si ranger merah dalam film Power Rangers reboot—adalah kakak dari Max. Karakter Billy dipercaya sebagai seorang badboy, super duper arogan, keras, pengendara Camaro hitam, dan pandai dalam permainan “laki-laki”. Dipercaya Billy akan menjadi saingan Steve (Joe Keery) dalam memperebutkan Nancy (Natalia Dyer).

Tak hanya dari divisi anak-anak (dan remaja), dari pemeran dewasa pun akan ada karakter baru. Aktor The Lord of the Rings, Sean Astin juga akan bergabung sebagai Bob Newby, dideskripsikan sebagai seorang nerd baik hati yang dulunya teman SMA Joyce (Wynona Ryder), dan sekarang menjadi pengelola RadioShack.

Selain Astin, ada pula Paul Reiser (Whiplash, Alien) yang akan berperan sebagai Dr. Owens, petinggi dari Departemen Energi yang ditugaskan untuk “membersihkan” kejadian di tahun lalu. Mungkin Dr. Owens menjadi salah satu villain utama di season 2.

Nah, ada pula satu karakter baru bernama Roman yang diperankan oleh aktris Linnea Berthelsen. Menurut deskripsi resmi, Roman adalah gadis muda yang secara emosi terganggu yang mengalami banyak penderitaan saat kecil. Ia bukan residen asli Hawkins, namun punya koneksi misterius terhadap event di Lab.

Judul Episode Season 2 Pada tanggal 9 Oktober kemarin, Netflix merilis judul-judul yang akan digunakan dalam episode Stranger Things musim kedua. Menariknya, Netflix memperlihatkan judul tersebut dengan sebuah video yang super keren:

  1. Dragon’s Lair (kemudian diganti “MadMax”)
  2. Trick or Treat Freak
  3. The Pollywog
  4. Will the Wise
  5. Dig Dug
  6. The Spy
  7. The Secret Cabin (edited: The Lost Sisters)
  8. The Brain (edited: The Mind Flayer)
  9. The Lost Brother (edited:  The Gate)

Satu episode lebih banyak ketimbang season 1. Judul untuk episode 7, 8, 9 diumumkan di kesempatan terpisah oleh Netflix. Tidak banyak yang bisa dikulik dari judul di atas. Episode pertama mengindikasikan pengenalan karakter baru “Max”sedangkan Dragon’s Lair dan Dig Dug adalah nama game arcade yang populer di era ’80-an. Apakah ini artinya Stranger Things akan fokus ke culture gaming pada era tersebut?

Siapa yang menyutradarai tiap episodenya? Andrew Stanton (director film Finding Dory dan Finding Nemo) akan memimpin dua episode. Rebecca Thomas (Electrick Children) menjadi sutradara episode 7, sedangkan The Duffer Brothers akan menjadi juru mudi episode 1, 2, 8, dan 9. Sutradara dari Kanada Shawn Levy dikabarkan akan menyutradari episode 3 dan 4.

Mainkan Game mobile Stranger Things! Awal bulan Oktober lalu Netflix juga merilis sebuah game free-to-play berjudul Stranger Things: The Game. Dibuat oleh developer BonusXP, game ini bergenre RPG layaknya game tahun ’80-an, sejalan dengan tema yang diusung serialnya. Oldies banget, deh!

ss game
Gambar: Stranger Things: The Game

Pemain akan mengontrol para karakter utama, termasuk Chief Hopper, Nancy, dan tentu saja kwartet Mike, Lucas, Dustin, Will. Mungkin Eleven juga bakal bisa dimainkan, lho. Kalian akan dibawa untuk mengunjungi tempat-tempat ikonik dalam serial yang pastinya sudah familiar seperti lab atau kota Hawkins. Tugas kalian adalah memecahkan puzzle sembari mengoleksi collectibles. Developer juga menjanjikan akan ada surprise dan area baru untuk para fans.

Hingga tulisan ini turun, Stranger Things: The Game sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali dan mendapat review yang cukup bagus. Coba main, yuk!

Will Akan Berperan Sentral Musim lalu, Will Byers banyak menghilang di Upside Down. Namun, semua akan berubah di musim kedua. Menurut Shawn Levy, salah satu exec-producer, kita akan melihat Will lebih sering lagi, karena dia akan menjadi sentral dari season 2. Well, hal ini sepertinya sejalan dengan trailer yang dirilis pada event Comic Con lalu, dimana Will mendapat banyak sorotan. Sudah nonton trailer-nya kan?

Akan lebih bernuansa horor Saat diwawancara pada Mei lalu, aktof Finn Wolfhard mengungkapkan bahwa season 2 akan jauh lebih gelap ketimbang musim pertama.

“(Season 2) akan lebih berorientasi pada horor” Ia menambahkan, “Saya pikir orang-orang akan lebih menyukainya ketimbang season 1.

Gaten Materazzo aktor pemeran Dustin juga menambahkan jika unsur horor tak hanya datang dari elemen eksternal seperti monster. Mungkin juga bisa datang dari cara menghadapi teman atau keluarga. Bagian terbaik dari season 2 adalah penonton akan dapat melihat respon masing-masing karakter dalam menghadapi masalah. Mereka secara emosi terkoyak, merasa sendiri karena salah satu dari anggota mereka, Will, tidak seperti yang mereka kenal sebelumnya.

Kunjungi Upside Down lebih banyak Dilansir dari laman Mirror, komposer serial ini mengindikasikan jika Upside Down bakal dieksplor lebih banyak lagi dan punya peran lebih besar. Kyle Dixon dan Michael Stein mendiskusikan hal tersebut saat menjadi bintang tamu di event Spotify podcast di South by Southwest.

“Akan ada karakter baru, kesenangan, dan Upside Down akan menjadi tempat… yang akan membuatmu habiskan lebih banyak waktu disana. Jadi, kami akan membuat lebih banyak musik ‘aneh’ saat ini.”

Tak hanya dari ujaran komposer, sang kreator acara pun mengungkapkan mereka mempunyai dokumen setebal 30 halaman yang akan menjawab semua pertanyaan tentang Upside Down.

Ross Duffer mengatakan, “Rencananya adalah musim kedua akan masuk ke pertanyaan-pertanyaan tersebut, seperti mengapa hanya ada satu monster dan apa itu Upside Down sebenarnya.”

Akhir dari Stranger Things? Kabar baik bagi fans berat serial ini karena kalian paling tidak akan mendapatkan tambahan dua musim lagi! Yup, sebelum season 2 tayang, Netflix telah memastikan kalau Stranger Things akan berlanjut ke musim ketiga. Sang kreator, The Duffer Brothers, juga mengungkapkan jika amat dimungkinkan kalau berlanjut hingga musim keempat.

“Kami berpikir ini akan berjalan sebanyak empat musim, dan selesai” Ungkap Ross. “Pada masa itu, The Hawkin Kids akan memasuki usia kuliah.” Matt menambahkan, “Kami hanya perlu menyesuaikan ceritanya.”

Wow, akan menarik melihat anak-anak yang dulunya imut berubah menjadi pemuda yang gagah di musim selanjutnya dari Stranger Things.

Fokus cerita & konsep stand alone season Tidak seperti serial lain yang kadang hanya sebuah kelanjutan dari season sebelumnya, kreator Stranger Things melakukan pendekatan berbeda. Stranger Things akan bertindak sebagai sekuel yang akan dapat dinikmati secara utuh ketika season berakhir, sama seperti season 1. Well, memang ada cerita yang menggantung di season pertamanya, tapi begtulah tayangan thriller/horor.

Ross Duffer berujar jika tensi dan permasalahan para karakter akan terselesaikan di ujung season. Jadi, Season 2 akan terlihat seperti film yang utuh.

monster
Gambar: Stranger Things. Netflix.

Kemudian, pada season ini juga dijanjikan akan ada monster baru yang lebih mengerikan ketimbang Demogorgon. Selain berkutat dengan monster, David Harbour (Chief Hoppper) mengungkapkan jika anak perempuannya bakal menjadi fokus, tapi melalui cara penceritan yang tidak disangka-sangka para fans. Hopper juga akan menjadi pihak yang melindungi anak-anak Hawkins dan Joyce Byer pasca event mengerikan di season 1 dengan segala cara yang ia bisa.

Episode premiere akan berlokasi di luar Hawkins Musim lalu, Hawkins menjadi sentral lokasi dari kejadian-kejadian aneh di Stranger Things. Namun, satu hal yang bisa dipastikan jika episode pertama akan membawa fans keluar dari Hawkins. “Kita akan berpetulang sedikit ke luar Hawkins” Ucap Matt Duffer. “Saya akan berkata jika scene pembuka tak berlokasi di Hawkins.”

So, apakah artinya cakupan season 2 lebih luas? Atau jangan-jangan yang dimaksud Matt adalah dunia yang lain, alias Upside Down? Hmm… Menarik karena di kesempatan yang lain, Matt dan Ross mengungkapkan jika sangat bersemangat untuk mengeksplor Upside Down.

Nah, itulah beberapa fakta yang harus kamu ketahui. Mungkin ada yang terlewat oleh GeekNonton dan kamu ingin berbagi juga? Silahkan tulis di bagian komentar, ya! Anyway, rasanya nggak sabar menunggu Stranger Things season 2 tayang.


Follow kami di Twitter, Facebook, dan Instagram untuk mendapatkan info serta berita terkini mengenai perkembangan TV Series barat.

3 thoughts on “Sambut Stranger Things Season 2, Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu!

    1. Bantu jawab ya krn season udah tayang jd ga spoiler…hehehe…
      Hops itu ngasih makan El krn mnrtku dia emg yakin El msh idup dan somehow bakal nemuin kotak itu yg isinya Eggos.
      Nantinya ini jg yg bikin El nunjukin dirinya ke Hops dan kemudian mrk tinggal brg.

Tinggalkan Balasan