Review The Walking Dead

[REVIEW] THE WALKING DEAD SEASON 9 EPISODE 1: A NEW BEGINNING

WARNING! Ulasan di bawah mengandung SPOILER The Walking Dead Season 9 Episode 1

The Walking Dead (TWD) berjalan cukup membosankan dalam tiga musim terakhir, terutama setelah Negan datang. Banyak problem yang membuat penonton frustrasi. Drama cetek, action nonsense, banyak filler episode (dan karakter nggak penting), serta kematian karakter utama yang terkesan dipaksakan. Alhasil, penonton mencak-mencak.

Showrunner Baru, Gaya Baru
A New Beginning punya arti untuk pihak internal dan eksternal TWD.

Bagi karakter-karakter serial, A New Beginning ternyata punya arti sangat besar. Jangan bingung ya, kawan. Kondisi damai, saling membantu, wajah baru Sanctuary terlihat berbeda karena ada lompatan waktu selama 18 bulan setelah ending Season 8. Seluruh komunitas memulai awal baru setelah perang berkepanjangan.

Bagi penonton, ada banyak perubahan major untuk season ke-9. Pertama, pergantian showrunner dari Scott M. Gimple ke Angela Kang. Kedua, konfirmasi Andrew Lincoln jika ia akan mempensiunkan Rick Grimes. Ketiga, kedatangan villain baru yang tentu saja sudah ditunggu-tunggu oleh pecinta komik, siapa lagi kalau bukan The Whisperer.

Menyoroti pergantian showrunner, Angela Kang sedikit menghembuskan nafas baru ke arah yang lebih baik. Paling tidak di episode perdana. Meskipun garis besar certa kali ini tentang memperkenalkan kembali karakter-karakter utama dan kedamaian yang tercipta, paket terasa lebih berisi dibanding musim sebelumnya.

Banyak hal kecil yang membuat pengalaman menonton sedikit lebih baik ketimbang musim lalu. Dialog-dialog tepat sasaran dan make sense, variasi setting tempat, sinematografi terlihat lebih “mahal”, dan yang paling penting konflik terasa lebih menarik.

Kedamaian Semu & Civil War Mulai Terasa
Esensi pertanyaan pasca era Negan adalah: bagaimana individu di dalam komunitas bisa move on? Seperti bagaimana grup Oceanside akhirnya bisa membuka diri setelah Saviors membantai para lelaki? Bagaimana Maggie berkonflik dengan diri sendiri karena Negan masih hidup dan dilindungi Rick? Bagaimana cara The Kingdom pulih setelah dikoyak-koyak oleh Saviors?

Di satu sisi kita masih punya Rick yang dibantu oleh Michonne serta Carol yang mencoba untuk membuat situasi terkendali. Namun diam-diam, di sisi lain Maggie dan Daryl mulai memupuk rasa muak terhadap Saviors.

michoneS09E01
Gambar: Michonne & Daryl. AMC

Kedamaian selama 18 bulan bersifat semu, rentan pecah. Pada intinya tidak semua sejalan dengan konsep Rick. Kita bisa kok merasakan emosi yang sedikit demi sedikit menumpuk bak magma yang kapan saja bisa muncrat dari puncak gunung berapi.

R.I.P. Salah Satu Karakter Besar
Angela Kang tidak mau berlama-lama dalam menghadirkan kejutan. Baru episode pertama, kita sudah kehilangan salah satu karakter yang sudah lama dibenci para fans. So, siapa yang tewas kali ini?

Adalah mantan pemimpin Hilltop, Gregory. Awalnya, dia kalah dari Maggie dalam pemilu internal Hilltop untuk menentukan siapa pemimpin sejati komunitas tersebut. Si ular ternyata belum terima. Bak politik di Indonesia—begitu ada isu yang bisa digoreng, Gregory cepat-cepat memanfaatkan duka Hilltop (matinya salah satu anggota) untuk menghasut penduduk Hilltop agar mau menumbangkan kepemimpinan Maggie.

Maggie pun dua kali sempat nyaris tewas di episode ini. Namun istri Glenn Rhee tersebut menunjukkan taji sebagai wanita kuat. Ketegasan Maggie semakin menjadi-jadi ketika ia memimpin eksekusi Gregory di tiang gantung. Daryl yang jadi algojonya.

Maggie mengambil keputusan sendiri, tanpa diskusi. Ia juga berteriak bahwa semua harus mematuhi aturan dan hukum di Hilltop. Tapi sebelumnya kita sebagai penonton sama sekali tidak tahu apa yang ditegaskan oleh Maggie. Hukum seperti apa? Padahal aturan ini yang penting untuk kita tahu, karena membangun ulang komunitas tak hanya melulu soal alat dan hasil tani.

CONCLUSION
Ada beberapa silly moments yang menjadi penyakit lama TWD. Misalnya seperti aksi di sebuah museum. Cukup menegangkan sih, tapi masih saja para karakter membuat keputusan bodoh nan membahayakan (Hey, iya kamu Ezekiel!). Atau ketika seorang anak muda mati sia-sia karena berniat menyelamatkan kuda. Atau keputusan Rick untuk meninggalkan barang jarahan begitu saja, padahal disitu tim “Avengers”-nya TWD berkumpul.

Kabar baiknya, suspense masih bisa dirasakan oleh penonton. Scene horor klasik yang menampilkan zombie mengeluarkan ratusan laba-laba dari rongga-rongga kepala cukup menghibur. Saya harap porsi horor lebih ditingkatkan di musim ini. Cukup sudah dengan aksi-aksi yang konyol di musim lalu.

Potensi konflik karakter yang lebih luas sepertinya cukup menarik untuk dinanti. Perbedaan cara pandang antara Rick vs Maggie terlihat jelas kala mereka membicarakan mengenai pembangunan jembatan.

Memang masih cukup prematur untuk menilai keseluruhan musim. Tapi, semoga saja benar kalau “A New Beginning” menjadi awal yang baru bin baik ya untuk TWD.

OVERALL SCORE: 7.8

GeNocite

  • MAGGIE UDAH PUNYA ANAK! Homage yang cukup pantas untuk menamai anaknya Hershel. Karena…
  • Sebelum premiere, pemeran Hershel (Scott Wilson) meninggal dunia di usia 76 tahun karena komplikasi leukimia.
  • Ezekiel melamar Carol di atas kuda? Asli deh, nggak ada waktu yang lain gitu, Eze?

Tinggalkan Balasan