Review The Walking Dead

[REVIEW] THE WALKING DEAD Season 9 Episode 6: Who Are You Now?

WARNING! Ulasan di bawah mengandung SPOILER The Walking Dead Season 9 Episode 6

Itu… Beneran ngomong? WALKER BISA NGOMONG???

Tenang dulu, kecuali TWD sedang melakukan terobosan dengan memperkenalkan walker generasi terbaru, sudah bisa dipastikan kalau scene terakhir tersebut adalah edisi perkenalan untuk salah satu kelompok villain paling kejam di TWD universe. Kita simpan dulu bahasan tentang plot tersebut.

Grup Magna datang ke Alexandria & Kejutan Michonne
Pasca Rick “tewas”, banyak hal yang terjadi setelah 6 tahun—time jump terbesar sejauh ini di serial TWD. Selain style rambut dan outfit baru, beberapa karakter semakin dewasa. Pertama, kita punya Judith. Di episode lalu kita melihat kalau Judith sudah berumur 10 tahun dan menyelamatkan segerombolan orang. Bukan sembarang kelompok, mini grup tersebut adalah Magna, Yumiko, Connie & Kelly, dan Luke.

Entry point grup Magna ada di Judith yang sepertinya mewarisi kebaikan dan keras kepala kakanya Carl. Namun halangan ada pada Michonne yang kini mengemban tugas sebagai kepala keamanan Alexandria. Michonne bersikeras tidak ingin ada penghuni baru di Alexandria.

Scene saat Father Gabriel memimpin sidang dewan Alexandria adalah cara yang cukup cerdas untuk memperkenalkan tiap individu grup Magna secara cepat tanpa membuatnya bertele-tele. Magna punya background sebagai mantan napi, Luke yang cerewet dulunya guru musik, Connie mantan jurnalis, dan Kelly anak sekolah biasa. Diversifikasinya cukup oke untuk ukuran kelompok kecil; terutama Connie yang digambarkan sebagai karakter tuna rungu dan Kelly sebagai penerjemahnya.

Pada akhirnya kehadiran grup Magna memang tidak diterima oleh Michonne di Alexandria, tapi Michonne memberi solusi agar grup Magna bisa pergi ke Hilltop sebagai tempat tinggal mereka. Sayang ya, padahal Judith terlihat sudah attached dengan Connie.

magna group
Gambar: The Walking Dead/AMC

Kondisi Alexandria secara umum memang terlihat lebih damai dan teratur. Lalu gimana dengan Negan? Well, dia masih dipenjara, namun kondisinya jauh lebih baik ketimbang 6 tahun lalu. Bahkan dari dalam penjara ia masih bisa membantu Judith dalam mengerjakan soal matematika. Cukup menggelitik. Tapi nggak bisa dipungkiri, Negan memang at his best kalau sudah terlihat berinteraksi dengan anak-anak.

Oh iya, Michonne resmi menjadi seorang ibu! Meski tidak secara “resmi” diperkenalkan kepada penonton, seorang anak kecil berambut kriting dipanggil sebagai RJ (Rick Junior, mungkin?) terlihat berlarian di rumah dan digendong sang ibu.

Henry Udah Gede Tapi Masih Annoying
Selain Judith, spotlight episode ini ada pada Henry. Meski terlihat lebih dewasa, anak angkat Carol tersebut masih sama menyebalkannya seperti waktu kecil dulu. Ambil tindakan tanpa berpikir sepertinya sudah jadi trademark Henry.

Sama seperti Alexandria, The Kingdom sepertinya baik-baik saja dibawah pemerintahan King Ezekiel dan Queen Carol—yang kini berambut panjang. Carol terlihat seperti ibu-ibu pada umumnya seperti season 1 terdahulu, bedanya kali ini sang suami sangat menghargai Carol. Mengisi kekosongan Sophia, kini ada Henry sebagai anak angkat mereka.

Kelakuan Henry membuat Carol bertemu lagi dengan para survivor Saviors. Kalah jumlah, Carol dan Henry—yang kali ini pergi keluar The Kingdom, harus menyerahkan harta benda, termasuk cincin kawin pemberian Ezekiel.

Nah disinilah kesalahan besar Saviors…

Sempat terlihat agak soft dan kalem, Carol versi badass muncul lagi ternyata. Seorang diri menghabisi sekelompok dengan cara dibakar hidup-hidup. Awesome! Saya tidak tahu seberapa besar pengaruh lompatan waktu selama 6 tahun untuk fisik Carol, namun cukup melegakan kalau aura “pembunuh” dari Carol tidak hilang. Mantap!

Finally, The Whisperer
Rosita berduet dengan Eugene lagi. Worth to mention kalau Eugene berubah total. Nggak ada lagi rambut aneh. Nggak ada lagi Eugene yang penakut, bahkan sekarang ia menjelma sebagai pembasmi walker nan efektif. Saat pergi untuk sebuah misi, Eugene mengamati pergerakan gerombolan walker yang mereka temui di tengah perjalanan. Pergerakannya amat berbeda dibanding kawanan walker biasa, at least begitulah pendapat Eugene.

Benar saja, sekejap Rosita dan Eugene terjebak dalam kawanan walker. Tak bisa melarikan diri karena Eugene cedera kaki, mereka berkamuflase secara cepat dengan cara melumuri tubuh menggunakan lumpur. Disitulah suasana horor mencekam terjadi: mereka mendengar walker saling berbisik!

Yes, setelah dua tahun rumor berkembang, akhirnya bisa dipastikan inilah perkenalan penonton kepada The Whisperers, antagonis utama di musim ini.

Pada dasarnya The Whisperers merupakan grup survivor yang memakai kulit walker sebagai kamuflase dan berjalan di antara para walker. Cara ini membuat mereka bebas berkeliaran tanpa harus takut dimangsa walker, bahkan mereka bisa menggunakan mayat hidup sebagai senjata.

The Whisperers dipimpin oleh Alpha (diperankan oleh Samantha Morten) dan wakilnya, Beta (diperankan Ryan Hurst). Di dalam komik, The Whisperers menginfiltrasi komunitas good guys, menculik Rosita yang sedang hamil serta Ezekiel dan memenggal kepala mereka. Tak hanya itu, mereka menancapkan kepala-kepala korban di sebuah tongkat panjang sebagai peringatan kepada grup lain. Hiii….

eugenerosita
Gambar: The Walking Dead/AMC

Cerita The Whisperer War menghiasi komik TWD dalam waktu cukup lama. Entah bagaimana versi serial akan mengadaptasi story arc ini. Jika mengadopsi cerita komik, maka siap-siap saja banyak nama heroes menjadi korban kebiadaban grup satu ini.

CONCLUSION
Siapa yang mengira kepergian Andrew Lincoln aka Rick bisa ditangani dengan baik oleh TWD? So far, season 9 benar-benar menebus kesalahan plot All-out War dua musim belakangan. Apalagi time jump selama 6 tahun membuat penulis cerita bisa leluasa mengeksplor sesuatu yang baru sekaligus meramu potensi cerita horor, misteri, dan pengembangan karakter yang tidak terduga.

Secara umum, “Who Are You Now?” menghadirkan plot seimbang antara Alexandria dan the Kingdom. Dua-duanya diceritakan secara menarik. Sorry, ralat; cerita Judith dan Grup Magna memang menarik. Henry? Semoga karakter ini berubah lebih baik, deh.

The Whisperers… Hmmm, memang ada perbedaan mendasar tentang cara perkenalan grup tersebut di versi serialnya. Carl yang sejatinya memegang peranan penting dalam perang melawan The Whisperers pun pasti bakal diganti. Atau jangan-jangan Henry diberi porsi spesial karena bakal dipersiapkan sebagai pengganti Carl dalam story arc The Whisperers War nantinya? Bakal banyak twist berbeda dari versi komik dan sepertinya cukup menarik untuk pecinta komik TWD maupun yang murni mengikuti serial saja.

OVERALL SCORE: 8

GeNocite

  • Di komik Magna digambarkan sebagai karakter lesbi dengan Yumiko sebagai pacarnya
  • Father Gabriel in love dengan Rosita? 6 tahun cukup lah ya untuk move on dari Jadis.
  • Daryl selama 6 tahun hidup menyendiri. Akankah ikut Carol ke Hilltop di episode mendatang?
  • Siapa yang akan memimpin serial ini pasca Rick tiada? Kalau dari opening, nama Andrew Lincoln (dan Lauren Cohan) sudah hilang. Norman Reedus jadi yang pertama, disusul oleh Danai Gurira (Michonne).

2 thoughts on “[REVIEW] THE WALKING DEAD Season 9 Episode 6: Who Are You Now?

    1. Terima kasih sudah mau mampir ke Geek Nonton.
      Tengok medsosnya di FB Page “geek nonton” ya. Kadang infonya update disitu dan ga ditulis disini

Tinggalkan Balasan