Feature Highlight

Stranger Things Season 3 Segera Tayang, Ini Kumpulan Fakta & Teorinya

Di titik ini, mustahil rasanya bagi pecinta serial televisi (terutama Netflix) untuk belum mendengar nama “Stranger Things” karena serial ini telah menjadi fenomena tersendiri sejak season 1 tayang pada tahun 2016 silam.

Stranger Things mampu menggabungkan beberapa genre serta berhasil memasukkan unsur-unsur pop culture klasik di dalamnya. Sejauh ini, Stranger Things berhasil masuk 30 nominasi Emmy Awards dan menggondol 6 piala.

Untungnya, season 2 mampu meneruskan tradisi dengan menyuguhkan cerita yang oke punya. Nah, season terbaru kurang dari sebulan lagi tayang. Apa saja yang kita ketahui? Yuk, cek sama-sama!

Trailer Pertama, Pecahkan Rekor Netflix

Trailer resmi Stranger Things yang diunggah pada tanggal 20 Maret lalu menunjukkan jika daya magis Stranger Things belum hilang. Debut trailer ini dengan cepat menjadi trailer serial original Netflix yang paling banyak ditonton. Dalam empat hari penayangan saja, trailer tersebut ditonton lebih dari 20 juta kali.

Dalam trailer berdurasi dua setengah menit, kita diperlihatkan Eleven, Mike, Dustin, Lucas, Will, dan Max nampaknya sudah move on dari kejadian season kedua, melakukan hal normal layaknya remaja seusianya. Ah, tak terasa anak-anak yang dulunya imut kini beranjak dewasa,

Namun kesenangan tak berlangsung lama karena Hawkins’ gank harus berhadapan dengan musuh dan… monster. Ngeliat monster baru yang super ngeri, Demogorgon jadi terlihat seperti anak kucing lucu!

By the way, lagu yang diperdengarkan dalam trailer berjudul Baba O’Riley dari The Who dan Home Sweet Home dari Mötley Crüe

Bagaimana Dengan Plot?

Spoiler Alert kawan-kawan! Skip bagian ini kalau belum nonton season 1 dan 2.

Eleven berhasil menghajar Mind Flayer yang memperalat Will di musim lalu. Harga yang harus dibayar cukup mahal karena kita kehilangan salah satu karakter terbaik yang pernah ada di jagat televisi. Upside Down sekali lagi ditutup. Problemnya kita sama-sama tahu saat ending season 2 berjalan: si monster tidak mati.

Dalam sebuah wawancara, sang kreator—Duffer bersaudara—mengatakan kalau memang benar mereka menutup pintu Upside Down dan Mind Flayer, namun justru sang monster kini mengetahui dan memantau geng Hawkins dengan ketat, terutama kepada Eleven.

Tak hanya monster, ancaman dari pihak manusia juga tak kalah menakutkan. Meski belum jelas siapa yang menjadi biang kerok, namun beberapa teori muncul mengenai keterlibatan pihak Rusia. Di laman IMDB, beberapa cast mencantumkan peran “Russian Soldier”, “Russian soldier”, dan “Russian Goons”, meski kini semua sudah diganti menjadi lebih simpel, “Russian”. Tak menutup kemungkinan sang walikota Hawkins dan Papa Eleven menjadi musuh yang akan merepotkan para protagonis.

Dari sisi drama, masing-masing karakter bakal punya masalah pribadi. Hopper misalnya. Merawat dan membesarkan gadis remaja adalah tugas yang berat. Apalagi kalau sang anak punya kemampuan telekinesis. Relasi Hopper dan Eleven semakin kompleks. Bagi Hopper, melihat transisi Eleven dari anak-anak menjadi seorang wanita dewasa adalah hal mengerikan.

Will Byers, yang menjadi sentral penceritaan season 1 dan season 2 akan diberi waktu istirahat. Sudah semestinya, karena karakter Will paling menderita sejauh ini. Di musim pertama ia diculik dan di musim kedua dirasuki oleh Mind Flayer. Namun bukan berarti porsinya dikurangi, kok.

Duo Steve Harrington dan Dustin juga bakal di-explore lagi. Hubungan mereka di season 2 memang mengejutkan tapi juga lucu. Shawn Levy (Eksekutif Produser) ingin melihat mereka lebih dekat—seperti kakak dan adik. Sekali lagi, kita akan melihat si badass Steve menjadi baby sitter.

Overall, menurut kreatornya, season ini menjadi yang paling menakutkan dan intens. Perpaduan dua tone yang akan membedakan dengan season sebelumnya.

Tempat Baru, Karakter Baru

Ada beberapa tempat yang menjadi fokal poin dalam season 3. Yang paling kelihatan sih Starcourt Mall. Lalu disebutkan pula sebuah kolam renang umum yang menyimpan dark mystery. Kolam renang tersebut sudah kita lihat dalam trailer dimana Billy menjadi salah satu lifeguard. Sang sutradara juga mengatakan kalau sudah saatnya acara ini keluar dari Hawkins. Jadi, siap-siap pergi keluar kota ya, Mike dkk.

 

 

kid-min
Gambar: Twitter resmi @Stranger_Things

Selain karakter lama yang sudah dipastikan kembali seperti Eleven (Millie Bobby Brown), Mike (Finn Wolfhard), Joyce (Winona Ryder), Will (Noah Schnapp), Lucas (Caleb Mclaughlin), Dustin (Gaten Matarazzo), Nancy (Natalia Dyer), Jonathan (Charlie Heaton), Steve (Joe Keery), Max (Sadie Sink), dan Billy (Dacre Montgomery), paling tidak ada tiga karakter baru yang akan muncul:

Mayor Larry Kline: politisi klasik tahun khas ‘80an, yang digerakkan oleh keinginannya sendiri, menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Dari deskripsinya, bisa dipastikan dia akan jadi PR untuk Hopper dan anak-anak. Kline bakal diperankan oleh Cary Elwes.

Bruce: jurnalis yang moralnya dipertanyakan. Punya sense of humor yang buruk. Diperankan oleh Jake Busey. Melihat peran sebagai guest role, Jake menjadi menu yang lezat untuk santapan monster Upside Down.

Robin: seorang cewek remaja yang akan menguak sisi gelap Hawkins. Berbeda dengan dua nama sebelumnya, Robin menjadi main cast di season 3. Melihat sang aktris pemeran Robin, Maya Thurman-Hawke (anak dari aktris Uma Thurman) yang berumur 19 tahun, saya menduga jika ia bakal bergabung dengan geng Jonathan, Steve, dan Nancy.

Heather: Seorang lifeguard perempuan yang terkenal di Hawkins. Dikabarkan perannya akan sentral, namun detailnya seperti apa masih dirahasiakan. Heather diperankan oleh aktris Francesca Reale.

Patricia Brown: Seorang nenek yang lovable, ramah, suka menasehati anak-anak di sekitar. Anehnya, nama karakter ini menghilang dari laman IMDB, dan pemerannya pun tidak tertera disana. Hmm… Misterius.

Oh iya, masih ingat dengan Erica (Priah Feguson)? Adik Lucas ini memang steal the show meskipun kemunculannya cuma secuil musim lalu. Nah di musim ketiga, ia dijanjikan punya peran yang lebih besar. “Akan ada porsi yang lebih untuk Erica di season 3” kata Ross Duffer. “Kita berhasil untuk mengintegrasikan dia, namun tidak sebanyak yang kalian inginkan karena cerita sudah berjalan.”

Fun fact! Erica sebenarnya tidak masuk dalam rencana besar Stranger Things. Porsinya seharusnya lebih kecil di musim lalu. Tapi, Matt Duffer mengatakan kalau orang-orang jatuh cinta kepada gadis kecil ini. Termasuk kita, ya kan?

Berapa Jumlah Episode Season 3?

Total ada delapan—lebih sedikit satu episode dibanding musim lalu. Nggak masalah sih, walau musim lalu lebih banyak tapi ada satu episode yang seperti spin-off. Masih ingat episode ke-7 The Lost Sister yang menceritakan “saudari” Eleven yaitu Kali? My least favourite episode of season 2.

Berikut judul episode untuk season 3:

1-Suzie, Do You Copy?

2-The Mall Rats

3-The Case of the Missing Lifeguard

4-The Sauna Test

5-The Source

6-The Birthday

7-The Bite

8-The Battle of Starcourt

Teori dan Spekulasi

Spoiler alert lagi! Skip bagian ini kalau belum nonton season 1 dan 2.

Kematian karakter menjadi hal yang tak terhindarkan. Matinya Barb di season 1 memang cukup menyakitkan, namun hal itu nggak ada apa-apanya dibandingkan kematian Bob di season 2 yang mengenaskan. Padahal kita tahu Bob adalah sosok karakter baik yang tanpa sadar ternyata kita butuhkan di dunia audio visual. Ia hanya ingin yang terbaik untuk Joyce, Will, dan penduduk Hawkins. Ketulusannya, keikhlasannya…hiks, jadi pengen nangis.

Nah, di season 3 ini beberapa teori mengemuka. Salah satu yang make sense adalah teori tentang matinya Billy. Bukan sekedar tewas, tapi Billy berubah menjadi sesuatu yang lain. Di trailer, Billy terlihat digigit oleh sesuatu yang menyebabkan tangannya terluka cukup parah. Bahkan terlihat lukanya membesar. Jika di-cocoklogi-kan dengan judul episode ketujuh nanti (The Bite), bisa jadi Billy menjadi patient zero dari infeksi baru.

monster.jpg
Gambar: Monster Stranger Things 3. Dari Upside Down?

Bahkan jika kita lihat monster yang terlihat, bentuknya amat berbeda dengan Demogorgon, Demo-dogs, ataupun Mind Flayer. Kali ini monsternya seperti hasil dari mutasi dan random. Bisa jadi plotnya seperti ini: Billy digigit, masuk rumah sakit (setting ini ada di trailer juga), dan akhirnya bermutasi jadi monster. Mungkin ya… mungkin.

 

Tahu kah kalian kalau Eleven dan Steve juga awalnya akan dimatikan? Well rencana ini sudah ada dalam pikiran The Duffer Brothers sejak season 1 lalu. Namun, setelah Netflix memberi lampu hijau untuk season 2 dan Joe Keery menjadi fan-favourite, rencana itu diurungkan. Eleven mungkin akan selamat karena ia menjadi fokus seri ini.

Bagaimana dengan rencana matinya Steve? Di trailer, nasib Steve tidak terlihat bagus. Ia terlihat babak belur, diinjeksi dengan sesuatu, dan nampak kesakitan luar biasa. Apakah Dustin bakal kehilangan sosok kakak yang ia idamkan selama ini? Mengkhawatirkan…

Kapan Tayang?

Catat nih, Stranger Things season 3 akan tayang pada 4 Juli 2019, bertepatan dengan hari kemerdekaan Amerika Serikat. Penantian fans kali ini cukup panjang karena jarak antara season 1 (2016) ke season 2 (2017) hanya satu tahun. Sedangkan dari season 2 ke season 3 berjarak dua tahun.

robin, steve-min
Gambar: Robin & Steve

Vice President Original Content Netflix, Cindy Holland, mengatakan kalau The Duffer Brothers dan Shawn Levy memerlukan waktu lebih banyak untuk menyajikan sesuatu yang lebih besar dan lebih baik daripada season sebelumnya. Mereka tahu taruhannya sangatlah besar. Bahkan para kreator menghabiskan waktu 12 hingga 14 jam sehari untuk menulis skrip.

Ada Novel Prekuel

Bagi pecinta literatur, berbahagialah karena prekuel Stranger Things akan dihadirkan dalam bentuk buku. Ada beberapa buku, Stranger Things: World Turned Upside Down, Darkness on the Edge of Town (menceritakan tentang backstory Jim Hopper sebagai detektif di New York tahun 1977), Stranger Things: Suspicious Mind (fokus pada ibu Eleven), dan sebuah buku anak-anak yang belum berjudul.

Main Game-nya, yuk!

Sama seperti season 2, Stranger Things bakal merilis game official bergenre retro beat-em-up. Visualnya mengingatkan kita dengan game era ‘80-90an. Game garapan developer BonusXP ini mendukung permainan solo serta co-op alias bisa main berdua, dan memerlukan waktu 12-15 jam untuk menamatkannya.

Stranger Things 3: The Game disiapkan untuk Nintendo Switch, PS4, Xbox One, PC, iOS, dan Android pada 4 Juli 2019.

 

2 thoughts on “Stranger Things Season 3 Segera Tayang, Ini Kumpulan Fakta & Teorinya

Tinggalkan Balasan