Review

[REVIEW] STRANGER THINGS SEASON 3 EPISODE 4: “THE SAUNA TEST”

[SPOILER ALERT] Ulasan di bawah mengandung spoiler Stranger Things Season 3 Episode 4

Rasanya nggak rela kalau inget Stranger Things season 3 cuma ada delapan episode dan sekarang sudah menginjak setengah perjalanan. Di titik ini penonton masih menebak-nebak apa ancaman sebenarnya di Hawkins, begitu juga para protagonis. Mereka tanpa sadar terkoneksi dengan Upside Down namun masih berjalan sendiri-sendiri.

Anak-anak Bersatu (Lagi)
Will merasakan ancaman besar, dan dia tahu itu dari Upside Down. Konflik antara Will, Lucas dan Mike sementara bisa dialihkan karena mereka bakal menghadapi sesuatu yang serius. Will pun cukup dewasa untuk tidak menyimpan dendam. Begitu juga dengan Max dan Eleven yang langsung bergabung setelah dihubungi oleh Mike. Curiga kalau Billy dirasuki Mind Flayer, anak-anak membuat rencana untuk membuktikan teori mereka dengan melibatkan ruangan sauna di kolam renang umum. Itulah mengapa episode kali ini diberi judul The Sauna Test.

Tensi tinggi terjadi ketika big battle pertama antara anak-anak vs Billy. Kerja sama antar anak-anak ini memang dari dulu impresif, tapi tetep aja yang jadi ujung tombak selalu Eleven. Nggak peduli sekuat apa Eleven, dia nggak bisa melakukan semua hal sendirian. Episode ini menggambarkan dengan baik kalau kekuatan Eleven bukanlah segalanya.

Melihat anak-anak dibanting memang nggak pernah gampang. Apalagi battle ini termasuk brutal bagi kedua pihak. Intens pokoknya.

elvsbilly

Dacre Montgomery diberi panggung untuk menunjukkan kualitasnya sebagai aktor di season ini. Ada momen heartbreaking ketika Billy memohon untuk dibebaskan dari ruangan sauna. Sekilas terlihat tulus, tapi disitu juga kita bertanya-tanya apakah memang masih ada sosok Billy disitu atau hanya akal-akalan Mind Flayer? Apapun itu, akting Dacre meyakinkan banget.

Oh iya, sebelum ini ada info penting mengenai cara Mind Flayer merasuki seseorang. Will mendeskripsikan kalau Mind Flayer memperalat seseorang cuma pas dia butuh aja. Kerasukan Mind Flayer membuat orang seperti meluncur dari rollercoaster, badan jadi dingin, dan susah bernapas. Will masih merasakan tanda-tanda ini.

Untuk sementara, anak-anak bisa keluar dari ancaman Billy.

Hopper & Joyce
Babak belur karena “Arnold Schwarzenegger” tak membuat Hopper kapok. Justru langkah besarnya di season ini dimulai ketika Hopper menginterogasi walikota Kline dengan cara kekerasan. Walaupun sadis, asyik banget melihat Kline disiksa, sampai nyaris dipotong jarinya pakai pemotong rokok. Saya berharap Kline lebih dari sekedar walikota menjengkelkan dan nantinya diberi kedalaman karakter sebagai efek surprise penonton.

Jadi, apa yang didapat Hopper-Joyce dari interogasi? Mereka menemukan fakta kalau properti di sekitar Starcourt Mall juga dibeli oleh oknum dari Rusia, diduga untuk membangun sesuatu. Joyce yang kini jadi “detektif” cepat mengambil kesimpulan kalau salah satu properti itu digunakan untuk membangun mesin perontok daya magnet di Hawkins.

Nancy & Jonathan
Story arc Nancy sampai episode ini masih menjadi flller aja sifatnya—terutama tentang karir Nancy di The Hawkins Post yang terasa sekali cuma jadi plot device.

Mrs. Driscoll dibawa ke rumah sakit dan Nancy-Jonathan dipanggil oleh Tom. Yup, Tom ini atasan Nancy sekaligus ayah dari Heather yang nasibnya nggak terlalu beruntung di awal episode. Tom meminta semua investigasi tentang Mrs. Driscoll dihentikan, ditambah kedua sejoli itu dipecat. Jonathan jelas mencak-mencak.

Anyway, Nancy diberi kesempatan untuk bicara heart to heart dengan ibunya. Secara mengejutkan, cukup menyentuh bagaimana sang ibu menyemangati Nancy untuk tetap berdiri pada keyakinan diri meskipun lingkungan menolak. Celoteh Mrs. Wheeler sukses menginspirasi Nancy untuk melanjutkan investigasinya.

Skuad Scoop Ahoy
Paling semangat kalau ngebahas grup baru yang satu ini. Lagi-lagi yang Robin menemukan solusi agar skuad dapat menginfiltrasi markas musuh: Robin kepikiran untuk mencari blueprint Starcourt Mall untuk mencari jalan masuk. Tapi rencana itu tak akan berjalan tanpa… Erica!

chapter4-erica

Yes, melibatkan Erica jadi salah satu keputusan terbaik di season ini. Cool, berani, dan cerdas melebihi anak-anak seusianya. Cara dia mendeskripsikan kapitalisme dan market value itu luar biasa menghibur. Ditambah anak ini kalau nge-kick orang dewasa, tajam banget.

You can’t spell America without Erica..

Scene ketika Erica merayap di lubang ventilasi mengingatkan saya pada adegan John McClane di Die Hard. Hahaha. Erica sukses mencapai ruang penyimpanan dan membuka jalan untuk Dustin, Steve, Robin untuk bergabung. Jadi apa yang ada di kardus-kardus itu? Nampak berisi tabung dengan cairan hijau. Nyawa mereka dalam ancaman karena ruangan tersebut bukanlah sebuah “ruangan”, melainkan elevator yang meluncur ke bawah dengan cepat.

Well, hubungan Hopper dan Joyce memang naik-turun, tapi it works. Tak lepas dari sifat tegas Joyce yang terbentuk dari dua musim ke belakang.

CONCLUSION
Sejauh ini The Sauna Test memberi porsi aksi yang lebih banyak. Lega melihat anak-anak kembali bersatu. Konflik Eleven vs. Billy cukup memuaskan. Cara Hopper menginterogasi juga menegangkan. Tapi nggak diragukan lagi most valuable player disini adalah Erica!

OVERALL SCORE: 8.8

One thought on “[REVIEW] STRANGER THINGS SEASON 3 EPISODE 4: “THE SAUNA TEST”

Tinggalkan Balasan