BBC Overview

The War of the Worlds: Kali Ini Tanpa Tom Cruise

Seperti tayangan berbau zombie, film atau serial yang mengangkat tema alien juga sama berjejalnya sampai hari ini. Khusus serial, kalau yang baru-baru ini rilis ada Lost in Space, Star Trek, dan Another Life. Ada juga Falling Skies yang sempat tayang pada 2011-2015 silam.

Di akhir 2019 kita kedatangan lagi satu judul sci-fi alien yang nampaknya familiar di telinga.

Another Alien Story from the Same Novelist

Banyak sekali film-film maupun serial yang mengangkat makhluk-makhluk luar angkasa sebagai tokoh ceritanya. Tapi yang membedakan di serial ini adalah sumber ceritanya berasal H.G. Wells.

Siapa sih yang ngga kenal beliau? Beliau sangat terkenal dari karya-karya penanya yang berbau-bau fiksi. Bahkan namanya dipakai untuk nama sebuah kawah di bulan. Beberapa karya yang paling mimin ingat sih “The Time Machine”, “The Invisible Man”, dan ini “The War of the Worlds”.

Ketiga judul itu pernah ditayangkan dilayar lebar, khusus “The Invisible Man” akan dirilis ulang tahun ini. Dan seumur mimin dulu waktu pertama kali nonton film “The Time Machine”, bener-bener berkesan banget. Kuat banget cerita yang disuguhkan sehingga bisa membuat terbawa imajinasinya.

ssworlds1
Gambar: The War of The Worlds (2019). BBC

Untuk film “The War of the Worlds” sendiri, sudah diadaptasikan dengan kehidupan peradaban manusia yang sudah maju kala itu (tahun 2005) digempur oleh alien yang ternyata sudah lama bermukim di bumi. Kombinasi yang apik antara aktor Tom Cruise dan sutradara Steven Spielberg, membuat cerita film ini dari awal hingga hampir akhir, enak dan layak ditonton.

Alien in early 20th century
Kalau kalian masih ingat film yang diperankan oleh Tom Cruise yang saya sebutkan tadi, kalian pasti ingat bentuk dari aliennya. Sebuah benda asing yang muncul memiliki tiga kaki kayak tripod dan sangat tinggi. Manusia kalah telak karena sang alien punya sistem pertahanan yang nyaris tak bisa ditembus oleh kekuatan militer. Begitulah yang digambarkan juga dinovel aslinya.

Nah, diserialnya ini garis besar ceritanya sama dengan filmnya. Nggak heran, karena serial dan filmnya sendiri berasal dari novel yang sama.

Tapi dibandingkan dengan versi layar lebar, serialnya malah lebih bagus lho. Novel yang dibuat oleh Wells berasal dari tahun yang sudah lama banget, pertama kali rilis tahun 1898. Di serialnya pun digambarkan peradaban manusia yang masih belum semaju sekarang.

Disini nih uniknya…

Mulai dari pakaian, alat transportasi sampai dengan peralatan militernya, digambarkan sekitar awal-awal tahun dari abad ke 20. Bisa kebayang, gimana mereka kesusahan menghadapi mesin-mesin perang dari para alien.

Di serial ini, kalian akan dibawa untuk merasakan susahnya dan betapa kacaunya kehidupan di dalamnya. Namun dari total 3 episode yang kalian tonton, tidak monoton hanya chaos saja, ada juga kisah drama dari tokoh protagonisnya, Amy dan George.

Cuma 3 Episode, Layak Tonton
Overall, untuk serial yang mengangkat cerita novel dari pengarang terkenal H.G. Wells, banyak yang menaruh pengharapan yang bagus. Banyak yang mengharapkan serial ini akan membangkitkan pamor novelnya.

Selain itu, efek-efek yang ditampilkan diserial ini lebih bagus dan lebih smooth dari filmnya ditahun 2005. Alien’s tripod-nya juga lebih keren, suka banget. Kalau ada mini-figure-nya bakalan apik banget dikoleksi.

Bagaimana dengan penampilan para aktornya? Ada warna sendiri di serial ini karena salah satu tokoh utamanya adalah seorang perempuan yang diperankan oleh Eleanor Tomlinson (Alice in Wonderland). Penampilan aktris satu ini sangat luwes menampilkan karakter Amy yang harus menghadapi berbagai kekacauan bersama George yang diperankan apik juga oleh Rafe Spall (Jurassic World: Fallen Kingdom).

ssworlds2
Gambar: The War of The Worlds (2019). BBC

Tapi buat mimin, jagoannya memerankan karakter-karakter yang diceritakan dalam kondisi seperti ini adalah Tom Cruise. Ciamik bener dia laah.

Tapi satu hal nih yang jadi PR dan yang harus kita nilai sendiri saat nonton serialnya sampai habis. Apakah akhir cerita dari serial ini akan sama anehnya dengan filmnya?

Kalian sendiri cari jawabannya dengan nonton serialnya ya. Ups, hampir kelupaan, serial ini ditampilkan di BBC One. Dan inget judul serialnya “The War of the Worlds” ya, pake ‘the’ depannya. Karena ada serial yang mirip dengan ini tapi judulnya tanpa ‘the’ dan bukan dari BBC One.

 

– OVERVIEW –

Genre Drama, Sci-Fi
Tanggal Tayang 17 November 2019

3 Episodes (Season 1 Completed)

Pemain Eleanor Tomlinson

Rafe Spall

Robert Carlyle

Rating 5.0 IMDB

67% Rotten Tomatoes

55% Google users

2 thoughts on “The War of the Worlds: Kali Ini Tanpa Tom Cruise

  1. Makasih banyak kak, kebetulan lagi nyari sinopsisnya dan ketemu disini.

    Singkat juga ya cuma 3 episode, kirain ratusan episode kayak kang ojek pengkolan.

Tinggalkan Balasan