Hulu Overview

DEVS: Ketika Teknologi dan Thriller Bersatu

Para pencinta TV series, siapa yang pernah nonton film Ex Machina atau Annihilation?

Kedua film itu banyak mendapat review yang bagus karena alur cerita yang sangat intens dan sangat menarik secara ilmiah walaupun film fiksi. Semua itu berkat tangan dingin dari Alex Garland selaku penulis sekaligus sutradaranya.

Kini, tangan Garland kembali gatal untuk membuat karya yang mengagumkan lagi seperti kedua film sebelumnya. Kembali, dia sendiri yang menjadi penulis dan sutradara dari sebuah mini-seri yang berjudul Devs.

Sama halnya di film Ex Machina, Devs bercerita tentang sebuah perusahaan teknologi yang melakukan sebuah pekerjaan yang tidak biasa, dipimpin oleh seorang CEO yang nyentik, Forest (Nick Offerman).

Gambar: Devs. Hulu

Sama seperti di kedua film sebelumnya, Devs memiliki sebuah cerita yang penuh dengan misteri yang sangat mengganggu dan pendekatan yang apik melalui efek visual dan suara. Tampaknya Garland ingin membawa essence dari kedua filmnya diserial terbarunya.

Sci-fi becomes a thriller

Di awal episode serial ini, kita akan dikenalkan oleh pasangan muda yang bekerja di perusahaan yang sama, Lily Chan (Sonoya Mizuno) dan Sergei (Karl Glusman).

Sergei sebagai ahli pembuat kode untuk kecerdasan buatan, mendapatkan promosi jabatan di perusahaan bernama Amaya. Dia masuk ke dalam sebuah divisi yang tidak semua karyawan tau, divisi Devs.

Bertemu dengan sang CEO dan diajak masuk ke dalam kantor dari divisi yang baru, Sergei pun terpukau dengan kecanggihan teknologi yang ada, walaupun lokasinya bisa dibilang terpencil.

Disini nih mulai keliatan hasil karya sang sutradara, saat scene ini kalian pun akan merasakan ada aura misteri nan kental dibalik kecanggihan kantor divisi baru dari perusahaan Amaya.

Setibanya di ruangan kerja yang baru, sang CEO Forest meminta dia untuk memeriksa deretan kode, namun ditengah-tengah dia memeriksa, Sergei malah muntah. Sergei hanya bertahan satu hari saja di Devs dan keesokan harinya dia ditemukan meninggal dengan tanda-tanda bunuh diri.

Benarkah dia bunuh diri?

Pacarnya, Lily Chan yang sama-sama bekerja di perusahaan yang sama tidak mempercayai kalau Sergei bunuh diri. Dia berusaha mencari informasi lebih mengenai Devs dan menggali lebih dalam dari setiap informasi yang dia dapat.

Gambar: Devs. Hulu

Semakin digali, semakin banyak rahasia dan misteri yang terungkap oleh Lily mengenai divisi Devs. Selain itu, dia juga menemukan latar belakang dari CEO Forest serta latar belakang dari perusahaan Amaya ini.

Nah disini nih yang jadi nilai plus dari serial ini. Lily menemukan juga cara kerja dari para pekerja dari divisi Devs. Kalian akan diajak untuk memahami apa itu quantum science dan determinism. Jangan dibikin pusing, sang sutradara sengaja membuat seperti ini supaya para penonton filmnya bener-bener fokus pada apa yang ditontonnya.

Diawal episode pertama, alur yang ada begitu lambat karena sang sutradara tidak ingin melewatkan setiap detail dari cerita yang dimilikinya. Namun setelah memasuki akhir episode pertama, kalian baru akan memasuki misteri-misteri yang diciptakan oleh Alex Garland.

Dikisah ini, kisah tentang kehendak atau kecenderungan manusia dan sebuah program komputer milik Amaya yang mengendalikan kecenderungan manusia, akan sangat menarik untuk ditonton oleh kita.

Kalau dalam kehidupan sehari-hari kita, Amaya itu sama seperti perusahaan gede seperti Facebook atau pun Google yang bisa tau apa saja tentang kita. Kalau liat sisi ini kedua perusahaan itu, ngeri rasanya.

Sebagai kesimpulan, serial ini berjalan sedikit lambat, tetapi penampilan yang ditampilkan sangat apik. Devs punya visual yang epik! Cerita yang dimilikinya pun penuh dengan intrik yang dapat membuat kita terlena di depan tv. Alex Garland memang terlihat sangat memanfaatkan format tv series untuk menyuguhkan kisah yang lengkap.

FYI saja, awalnya Alex Garland ingin membuat Devs sebagai film, namun dikarenakan cerita yang panjang dan padat, mustahil untuk disajikan dalam durasi 2 jam-ish.

-OVERVIEW-

Genre Drama, Mystery, Sci-Fi
NetworkHulu
Tanggal Tayang 5 Maret 2020
8 episodes
Creator Alex Garland
CastSonoya Mizuno
Nick Offerman
Jin Ha
Rating 8.1 IMD
83% Rottentomatoes
88% Google Users

Tinggalkan Balasan