Other Overview

Manifest: Kisah Kembalinya Penerbangan Misterius

Time travel beneran ada nggak, ya? Kalau-pun ada apakah ada buktinya? Apakah bisa secara tanpa sengaja kita masuk kedalam worm hole untuk melompati waktu? Di serial kita kali ini, memiliki sebuah cerita tentang perjalanan waktu yang sangat tak terduga; bukan karena mesin yang mengandalkan teknologi, tetapi karena peristiwa alam. Menarik bukan?

It’s all started from a turbulence on a flight

“7 April 2013, tidak ada yang dapat menjelaskan apa yang terjadi pada tanggal itu. Beberapa orang berpikir adalah sebuah keajaiban, ada yang berpikir suatu hal yang mustahil. Tetapi yang aku tau, hari itu mengubah seluruh hidupku.”

Begitulah pembukaan episode pertama serial Manifest ini. Monolog itu dilakukan oleh Michaela Stone (Melissa Roxburgh) yang sedang liburan bersama dengan kedua orang tuanya, kakaknya Ben bersama istrinya dan kedua anak kembar mereka Olive dan Cal yang memiliki penyakit leukemia.

Awal kisahnya, karena penerbangan yang mereka pilih terlalu padat, Michaela memutuskan untuk memilih penerbangan yang paling cepat tersedia. Saudaranya, Ben dan anaknya Cal mengambil keputusan yang sama. Mereka bertiga akhirnya berada pada satu penerbangan yang sama.

Di awal penerbangan Montego Air Flight 828 dari Jamaika menuju New York  nampak tenang dan sesuai dengan jadwal. Namun ditengah-tengah penerbangan, pesawat yang mereka tumpangi mengalami turbulensi yang sangat kencang selama beberapa menit. Para penumpang panik, sang pilot dan kopilot berusaha mengendalikan pesawat agar tidak terjadi bencana.

Akhirnya mereka bisa mengendalikan pesawat kembali dan sudah hampir sampai ke bandara di New York.  Namun kehadiran mereka mengagetkan para awak air traffic controller di bandara New York. Saat pesawat ini mendarat, para penumpang dan awak pesawat dikagetkan dengan adanya para petugas keamanan yang mendekati mereka.

Mereka kebingungan dengan apa yang terjadi, hingga akhirnya salah seorang petugas mengatakan bahwa mereka sudah menghilang selama 5 tahun lebih dan dianggap sudah meninggal.

Disinilah mulai muncul masalahnya. Orang-orang yang ada dalam pesawat merasa bahwa mereka hanya melakukan perjalanan beberapa jam saja tetapi di luar sana sudah banyak hal yang berubah.

Saudari kembar Cal, Olive, kini sudah masuk SMA, sementara dia sendiri masih 11 tahun. Ibu dari Michaela sendiri sudah meninggal. Istri dari Ben, sudah memiliki hubungan dengan orang lain lagi karena menganggap Ben sudah meninggal.

Gambar: Manifest

Namun yang menjadi permasalahan bukan hanya itu saja. Setelah melalui peristiwa itu, Michaela sering mendengar suara-suara dari dalam kepalanya. Kakaknya, Ben juga mendengar suara yang sama. Ternyata hal ini terjadi pada seluruh penumpang pesawat itu.

Apa yang terjadi sebenarnya? Apakah kehidupan mereka akan kembali lagi atau mereka dapat memecahkan misteri apa yang terjadi pada tanggal 7 April 2013 silam?

Bikin Ketagihan

Kalau kita lihat serial yang bercerita tentang penerbangan ini, jadi teringat dengan serial Lost yang rilis tahun 2010. Sama-sama bercerita tentang pesawat yang mengalami gangguan dan sama-sama para penumpangnya berusaha untuk bertahan hidup setelah apa yang terjadi dengan pesawatnya.

Jeff Rake, selaku pembuat cerita ini memilki imajinasi yang menarik untuk dibuat serial televisi. Dengan adanya selisih waktu 5 tahun secara mendadak menjadi sebuah pemicu untuk setiap masalah yang dihadapi oleh orang-orang yang terdampak. Mereka seolah-olah kehilangan kehidupannya walaupun mereka selamat dari turbulensi pesawat.

Dengan modal cerita yang seperti tadi aja, Manifest sudah memiliki alur cerita yang unik dan sangat menghibur. Namun ada satu hal yang bisa berpotensi menurunkan pamor serial ini jika tidak dieksekusi dengan benar. Mereka mampu mendengarkan suara-suara dari dalam kepala mereka sendiri.

Banyak yang menyayangkan adanya alur cerita yang seperti ini, namun bagi kami, ini hal yang menarik. Karena dapat menambah rasa ingin tahu kita, apa hubungannya peristiwa turbulensi dengan kemampuan mereka. Dan alur cerita ini jadi modal juga untuk Manifest melanjutkan season berikutnya.

Jadi lebih baik kalian tonton sendiri serial yang sekarang ini sudah masuk season 2 di tahun ini. Kalian akan lihat sendiri ternyata Manifest banyak intrik-intrik yang membuat kalian betah untuk nonton maraton serial ini.

-OVERVIEW-

GenreDrama, Mystery
Tanggal TayangSeason 1: 24 September 2018 Season 2: 6 Januari 2020
CreatorJeff Rake
PemainMelissa Roxburgh Josh Dallas Athena Karkanis
Rating7.2 IMDB 57% Rotten Tomatoes 55% Metacritic 96% Google Users

Tinggalkan Balasan