Amazon Prime Video Overview

Tom Clancy’s Jack Ryan: Antara Action, Isu Geopolitik, dan Terorisme

Berapa banyak serial yang berhasil membuat kalian merasa pengen lagi dan lagi… walaupun sudah melahap habis satu season? Well, berapapun jumlahnya sepertinya akan bertambah jika kalian ngikutin Jack Ryan dari Amazon Prime.

The Fifth Jack Ryan

Sudah 4 kali Jack Ryan diubah menjadi sebuah karya sinematografi. Kali ini Amazon Prime menambah daftarnya menjadi yang kelima.

Sebelumnya karakter fiktif buatan penulis Tom Clancy ini sempat diperankan oleh Alec Baldwin (The Hunt for Red October) pada tahun 1990. Aktor kawakan Harrison Ford memerankan Jack Ryan di Patriot Games dan Clear and Present Danger. Sang pemeran Batman, Ben Affleck pun pernah memerankan Jack Ryan di film The Sum of All Fears. Yang terakhir di film Jack Ryan: Shadow Recruit tahun 2014, Chris Pine yang terpilih untuk memerankan Jack Ryan.

Agak berbeda dengan yang kali ini, Jack Ryan akhirnya masuk ke dalam ranah serial televisi yang memiliki 8 episode setiap season-nya. Dirilis pertama kali pada tanggal 31 Agustus 2018, John Krasinski didapuk sebagai pemeran utama Jack Ryan.

Gambar: Jack Ryan. Amazon Prime

Disini Jack Ryan adalah seorang agen CIA. Namun karakter agen CIA yang dimainkan disini berbeda dengan gambaran yang ditampilkan oleh Jason Bourne ataupun Ethan Hunt di Mission Impossible. Jack Ryan digambarkan sebagai seorang analis kantoran gitu deh yang jauh dari hingar bingar senjata api, meskipun dulunya dia mantan marinir.

Di season pertama, job desk sebagai analis membuat Jack Ryan menemukan sebuah kejanggalan dari transaksi keuangan yang membawanya pada sebuah kelompok teroris di Timur Tengah. Jack yakin jika transaksi misterius itu menjadi cikal bakal tindakan terorisme di AS dan Eropa. Setengah mati ia mencoba meyakinkan atasannya untuk menyelidiki temuannya tersebut.

Sang villain, seorang jihadis Lebanon bernama Suleiman, diperankan oleh aktor Arab-Israel Ali Suliman mendapat porsi seimbang dengan karakter protagonis utama. Disini kita bisa melihat kisah Suleiman sebagai karakter tiga dimensi alias tidak melulu jahat. Kita melihatnya sebagai pimpinan teroris, namun juga sekaligus mengulik kehidupan keluarganya.

Cukup menarik penggambaran Suleiman. Meskipun ada selipan fanatisme agama, namun motivasi utamanya bukanlah disitu. Ada backstory yang membuat Suleiman sebagai villain yang kompleks.

Well, perlahan masalah semakin jelas, dan Jack Ryan mau tidak mau terjun ke lapangan, berpindah-pindah hingga ke Perancis untuk menghadapi Suleiman.

Di season kedua masih sama epiknya dengan yang pertama, bahkan lebih grande. Masih mengangkat tema khas geopolitikal, Jack Ryan terlibat masalah dengan presiden Venezuela, dimana negara tersebut diambang kehancuran. Penyebabnya? Pimpinan yang korup!

Adu pintar, adu strategi, Jack Ryan berniat menyelamatkan rakyat Venezuela tanpa harus memicu perang besar antar dua negara. Apakah mudah? Tentu tidak. Banyak intrik yang terjadi.

Awalnya Jack Ryan mencurigai pengiriman senjata dan alat tambang ilegal ke Venezuela. Di saat yang bersamaan, negara tersebut akan mengadakan pemilu. Datang langsung untuk bertemu Presiden Venezuela, Nicolas Reyes, Jack Ryan justru mengalami tragedi memilukan.

Sejak tragedi itulah Jack bertekad untuk menyeret Nicolas Reyes dari tampuk kekuasaan. Di saat yang sama, Jack juga diburu oleh pembunuh bayaran keji bernama Max.

Makin kompleks pokoknya.

Sarat Action

Untuk serial yang mengangkat tema agen khusus ini, bisa dibilang sangat menarik dan tidak membosankan. Kalian tidak akan banyak menemukan percakapan yang membuat ngantuk atau monoton. Kalian akan menemukan adegan-adegan khas dari film-film action disetiap episodenya.

Gambar: Jack Ryan. Amazon Prime

Adegan yang ditampilkan oleh Jack Ryan ini lebih realistis dari pada yang ditampilkan di film Mission Impossible. Jadi kita sebagai orang awam bisa mencerna setiap alur cerita dengan lebih logis, dan ngga terlalu muluk-muluk.

Satu lagi yang membuat Jack Ryan diserial ini berbeda dari sebelumnya: John Krasinski. Seorang aktor yang memiliki talenta berakting yang luar biasa ini, menjadi sorotan saat dia memerankan Jack Ryan. Bahkan ada yang bilang nih kalau wajah yang dimiliki oleh John Krasinski mirip hasil CGI dari John Hamm dari Mad Men dan Prince Eric dari The Little Mermaid. Mungkin butuh sedikit penyesuaian bagi kalian yang terbiasa melihat Krasinski di serial komedi The Office. Karakternya disini tentu jauh berbeda.

Jack Ryan yang ditampilkan di Amazon Prime ini mengetahui dengan pasti apa saja pertunjukan utamanya. Kabar baiknya, kita mendapat satu cerita yang komplit di setiap seasonnya, sehingga tidak perlu menunggu hingga season berikutnya untuk mendapat sebuah konklusi. Overall, serial satu ini, bahkan melebihi dari seri layar lebarnya Jack Ryan: Shadow Recruit.

Good Job, Amazon Prime!

GenreDrama, Action, Thriller
Tanggal TayangSeason 1 : 31 Agustus 2018
Season 2 : 31 Oktober 2019
Season 3 : 2020 (?)
CreatorCarlton Cuse,
Graham Roland
PemainJohn Krasinski
Wendell Pierce
Abbie Cornish
John Hoogenakker
Rating8.1 IMDB
75% Rotten Tomatoes
96% Google users

Official Trailer

Tinggalkan Balasan