Netflix Overview

Bloodride: Antologi Horor ala Norwegia

Bloodride adalah sebuah serial antologi yang berasal dari Norwegia. Dengan genre horror dan bumbu dark humour membuat serial ini nampaknya akan menarik.

Each episodes has it’s plot

Bagi yang belum paham apa itu antologi, nih penjelasan singkatnya. Antologi berarti setiap episode memiliki alur cerita terpisah; artinya secara literal setiap episode benar-benar memiliki jalan cerita sendiri yang tidak ada sangkut pautnya antar episode. Beberapa serial terkenal menggunakan konsep ini seperti Black Mirror, The Twilight Zone, American Horror Stories, dan masih banyak lagi. Cerita horor biasanya sangat cocok disajikan dalam format antologi, sebab penulis cerita bisa bebas membunuh karakter yang ia mau tanpa harus memikirkan konsekuensi jangka panjangnya.

Jadi dengan format yang berbeda ini, sang pembuat menginginkan para penontonnya itu layaknya sedang menikmati sebuah perjalanan. Jarak tempuh yang dilalui sangat tergantung dari para penontonnya sendiri. Mungkin ada yang cukup sampai episode 1 atau 2 atau sampai selesai di episode 6 untuk season perdana ini.

Dengan 30 menit durasi untuk setiap episode yang memiliki jalan ceritanya sendiri, kita merasa sedang menonton sebuah mini-movie yang tidak membosankan.

Gambar: Bloodride. Netflix (2020)

Episode 1: Ultimate Sacrifice

Kita akan melihat sebuah cerita tentang sebuah keluarga yang berpindah ke sebuah desa di Norwegia. Para penduduk desa itu memiliki sebuah keinginan yang aneh tentang binatang peliharaan. Setelah mengikuti alur ceritanya, kita akhirnya akan mengetahui bahwa di desa itu ada sebuah batu yang diyakini digunakan oleh suku Viking untuk melakukan persembahan. Dengan persembahan itu diyakini mereka akan mendapatkan banyak keberuntungan. Namun apa yang akan terjadi dengan keluarga yang baru pindah itu? Siapa yang tau?

Episode 2: Three Sick Brothers

Ceritanya berpusat disekitar seorang yang baru saja keluar dari rumah sakit jiwa. Kemudian kedua saudaranya datang dan membawanya untuk melakukan sebuah perjalanan ke rumah di tengah hutan. Di perjalanannya, mereka bertemu dengan seorang perempuan dan memberikan tumpangan. Disinilah banyak hal terjadi dengan cepat dan tidak terduga. Bagaimana nasib dari perempuan itu?

Episode 3: Bad Writer

alur cerita yang dimiliki dipenuhi dengan fantasi dan fiksi yang kuat. Ceritanya adalah seorang gadis muda yang mengikuti sebuah kelas menulis. Dengan apa yang terjadi dalam kehidupannya yang sempurna, dia akhirnya mengetahui bahwa hidupnya menjadi korban dari sebuah imajinasi orang lain yang ditulis dalam sebuah karya tulis.

Episode 4: Lab Rats

Bercerita tentang kehidupan seorang CEO dari sebuah perusahaan farmasi. Dalam kepemimpinannya, perusahaan ini berhasil menemukan sebuah obat yang mutakhir. Karena penemuannya, dia mengadakan sebuah pesta bersama dengan istri dan para kolegannya. Namun yang terjadi adalah obat yang baru saja ditemukan menghilang begitu saja. Dengan sekuat tenaga, CEO ini mencari tau siapa pelakunya. Pencarian yang dilakukannya berhasil menemukan sebuah petunjuk, bahwa si pelaku adalah salah satu orang yang ikut dalam pesta itu.

Episode 5: The Old School

Mengisahkan tentang seorang guru perempuan yang baru pindah di sebuah sekolah dasar. Seiring berjalannya waktu, dia mengetahui bahwa sekitar 30 atau 40 tahun yang lalu, ada empat anak kecil yang secara misterius menghilang di udara. Kemudian dia melihat penampakan aneh dari seorang lelaki tua misterius, kejadian ini membuatnya yakin bahwa anak-anak yang hilang itu berusaha untuk melakukan komunikasi dengan dirinya.

Episode 6: The Elephant in the Room

Bercerita tentang serbuah kantor yang mengadakan pesta kostum. Para tamu yang menghadiri harus mengenakan kostum binatang dalam pesta itu. Dua orang pekerja yang baru menemukan sebuah informasi yang mengejutkan dan bersifat rahasia dan mengerikan dari para pekerja yang lainnya.

Conclusion

Bloodride atau dalam judul aslinya Blodtur terlihat sangat berusaha menyeimbangkan porsi horor dan dark humor, bersama dengan membangun karakter, motivasi cerita—semua dipadatkan menjadi cerita berdurasi 30 menit. Tidak selalu tepat sasaran. Meskipun memang, tetap ada plot-twist yang mengagetkan.

Ibarat kata sedang menyantap sebuah masakan yang kurang garam, demikian juga dengan serial horror ini kurang greget dengan adanya efek gore yang kelihatan diproduksi dengan murahan. Beberapa pengambilan gambar yang kurang bagus dan akting yang kurang menambah nilai negatif dari serial ini.

Personal Notes: Bermodalkan plot-twist saja tak cukup membuat Bloodride bersinar. Masih kurang didukung dengan faktor produksi sehingga membuat serial ini masuk kategori pop-corn series. Dari kami, 5 out of 10 untuk serial Bloodride.

GenreHorror, Dark Humour
CreatorKjetil Indregard, Atle Knudsen
Tanggal Tayang13 Maret 2020
PemainDagny Backer Johnsen, Erlend Rødal Vikhagen, Benjamin Helstad
Rating6.4 Imdb
56% Rotten Tomatoes

Tinggalkan Balasan