Netflix Overview

Space Force: Sayang, Kurang Nggigit!

Salah satu gebrakan Donal Trump dalam memimpin Amerika Serikat adalah dibentuknya sebuah divisi baru militer bernama Space Force. Ini bukan guyonan lho, beneran ada! Meski menuai kritikan dari banyak pihak, Trump berdalih jika nantinya akan ada banyak hal terjadi di luar angkasa, karena disanalah medan perang baru. Lantas apa yang dikerjakan oleh Space Force ini? Apakah melindungi bumi dari serangan alien seperti di film-film science fiction?

Banyak hal ternyata. Misi Space Force adalah untuk membelokkan NEO (near-Earth Object) seperti asteroid, melindungi aset luar angkasa, dan menghalau agresi di, dari, dan menuju ruang angkasa. Terdiri dari 16 ribu tentara angkatan udara dan personal sipil, Space Force adalah senjata baru Amerika Serikat dalam menghadapi era baru di dunia militer. Sebelumnya Tiongkok dan Rusia juga memiliki divisi yang nyaris serupa. Iran dan Korea Utara juga kabarnya semakin memperluas kegiatan militer di ruang angkasa.

Eh bentar, ini kok malah jadi bahas hal-hal serius?

The Newest Military Branches

Memang masih sedikit sekali orang awam yang memahami salah satu cabang dari pertahanan militer ini. Oleh karena itu, Steve Carell mengangkat sebuah cerita yang berkaitan dengan satuan tugas luar angkasa ini. Namanya pun persis sama, Space Force.

Steve Carell bertindak sebagai penulis dan juga pemeran General Mark R. Naird, akan menjadi pusat cerita serial ini. Awal mulanya, Mark mendapatkan promosi pangkat menjadi jenderal bintang empat. Dia terbayang memimpin salah satu divisi pertahanan yang bergengsi yang dimiliki oleh negaranya.

Tetapi saat mengikuti rapat pertama di Joint Chiefs of Staff, dia mendapat posisi sebagai kepala divisi yang baru saja di bentuk oleh presiden, divisi Space Force. Walaupun sedikit kecewa karena tidak sesuai dengan harapannya, Mark menerima posisi jabatannya yang baru. Dia dan keluarganya akhirnya pindah ke kota Colorado.

Dengan jabatan yang baru, tempat tinggal yang baru ternyata Mark menghadapi masalah yang baru pula. Mulai dari masalah keluarganya yang harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru termasuk anak-anaknya di sekolah yang baru.

Setahun menjabat, Space Force akan meluncurkan satelit “Epsilon 6” ke orbit. Space Force yang masih muda terlihat tidak terorganisir dengan baik. Mark terus-menerus dihujani rintangan dan musuh, Erin membenci rumah barunya, dan Maggie sekarang berada di penjara. Melawan saran dari penasihat dan ilmuwannya, termasuk ilmuwan Angkatan Antariksa Dr. Adrian Mallory, Mark memerintahkan peluncuran Epsilon 6.

Gambar: Space Force. Netflix

Meskipun ada banyak keruwetan, pada akhirnya Epsilon 6 berhasil mencapai orbit. Malam itu, ketika Mark dan Adrian merayakan, Mark, mengamati Epsilon 6 melalui teleskop, melihat satelit besar Tiongkok dengan sengaja memotong panel surya sebagai satu-satunya sumber daya satelit, menempatkan Epsilon 6 dalam bahaya…

Our Review

Dengan adanya Greg Daniels dan Steve Carell sebagai pembuat ceritanya, serial ini banyak ditunggu-tunggu oleh para penikmat serial TV. Kenapa bisa? Karena mereka berdua sukses membuat serial komedi dengan judul The Office.

Tetapi kenyataannya serial ini masih tidak sesukses pendahulunya. Terbukti dengan kualitas komedi yang dimiliki oleh Space Force ini sangat jarang sekali kita menemukan adegan yang bisa memancing tawa. Padahal artis disini bukan sembarangan lho. Lisa Kudrow, Ben Schwartz, Jane Lynch, Jimmy O. Yang, dan Chris Gethard muncul dalam porsi yang beragam. Orang-orang ini kerap kali muncul dalam sitkom favorit di Amerika sana.

Entah ini mungkin cara mereka membuat alur ceritanya atau tidak tetapi kami sendiri menilai kurang menggigit serial komedi yang satu ini. Bisa jadi juga karena ekspektasi terhadap kedua penulis ini yang berlebihan sehingga setelah menonton serialnya jadi tidak sesuai harapan.

GenreComedy
CreatorsSteve Carell
Greg Daniels
Tanggal Tayang29 Mei 2020
PemainSteve Carell
John Malkovich
Ben Schwartz
Rating6.8 IMDB
39% Rotten Tomatoes
88% Google Users

Tinggalkan Balasan