Netflix Overview Uncategorized

Curon: Kisah Supernatural Tanah Italia

Hola! Gimana kehidupan kalian di new normal ini? Well, tetap usahakan stay at home, ya…

Kali ini kita akan membahas sebuah serial yang menurut kami sedikit aneh namanya. Ternyata setelah diselidiki, Curon merupakan sebuah nama tempat yang berasal dari negara Italia. Di negara aslinya sana, kota Curon berada di daerah Trentino Alto Aldige, provinsi Tyrol Selatan.

Serial yang ditayangkan oleh Netflix ini bergenre misteri, thriller. Dan ternyata misteri yang diceritakan di serial ini berdasarkan cerita misteri yang memang benar beredar di kota Curon. Kisah misteri apa yang sebenarnya terjadi?

Pada awalnya, Curon Venosta merupakan sebuah pemukiman yang berada di daerah cekungan. Kemudian pemerintah Italia berencana untuk membuat sebuah bendungan tepat berada di pemukiman Curon Venosta; bendungan yang direncanakan selesai pada tahun 1950. Terdapat 180 lebih bangunan yang ditenggelamkan termasuk gereja Santa Caterina dengan menara loncengnya yang iconic.

Gambar: Gereja Santa Caterina

Hingga sekarang menara ini masih dapat kalian lihat, seolah-olah menara ini muncul dari waduk yang dibuat oleh pemerintah Italia. Menara yang sama ini menjadi ikon serial Curon.

Pemukiman Curon yang baru terletak berada di sekitar waduk yang menenggelamkan kota Curon lama. Setahun setelah peresmian waduk, terjadi sebuah tragedi awal mula misteri kota Curon. Sebuah bus yang tidak terkendali keluar dari jalan dan akhirnya tercebur ke dalam waduk. Tercatat 22 orang meninggal dunia dan hanya seorang yang selamat dari kejadian itu. Dari situlah rumor kutukan waduk Curon mulai mencuat. Bahkan penduduk disana meyakini bahwa mereka mendengar bunyi lonceng dari menara lonceng gereja Santa Caterina yang ditenggelamkan.

Sudah terbayangkan bagaimana ceritanya? Nah, mimin akan fokuskan ke ulasan serial kita kali ini.

Behind the Scenes

Serial dengan 7 episode ini disutradarai oleh sutradara berkebangsaan Italia, Fabio Mollo. Dengan latar belakang pendidikan dari sekolah film “Centro Sperimentale di Cinematografia” di kota Roma, membuat Fabio memiliki banyak ilmu yang cukup untuk menyutradarai film-film yang berkualitas. Sejak tahun 2003, Fabio sudah memulai karirnya, dan sejak saat itu sampai sekarang sudah puluhan penghargaan didapatkannya.

Sebagai salah pemeran tokoh sentral, Luca Lionello, memiliki banyak sekali pengalaman dalam dunia akting. Sejak tahun 80-an sudah menggeluti dunia akting, Luca sudah membintangi puluhan judul film, tetapi baru beberapa tahun belakangan ini dia banyak membintangi judul serial.

Selain Luca, beberapa pemain muda Italia pun ikut membintangi Curon, seperti Federico Russo dan Margherita Morchio.

The Story

Di awal serial ini sudah menyajikan suasana yang agak menegangkan. Seorang remaja perempuan, Anna, yang melihat sendiri ibunya meninggal tertembak oleh seseorang. Saat seseorang itu berpaling kepadanya, Anna melihat dirinya sendiri.

Gambar: Curon. Netflix (2020)

17 tahun setelah peristiwa itu, Anna yang sudah dewasa bersama dengan kedua anak kembarnya Daria dan Mauro mengalami kondisi yang tidak mengenakan di kota Milan. Dia memutuskan untuk pindah dari Milan. Tidak tahu harus pindah kemana, akhirnya mereka pindah ke kampung halamannya Anna, kota Curon. 

Mendekati kota Curon, Mauro sangat tertarik dengan waduk yang bersebelahan persis dengan kota Curon. Dia menggunakan drone yang dimilikinya untuk melihat waduk yang menenggelamkan kota Curon lama. Tiba-tiba drone yang dimilikinya tidak merespon dan menghilang dalam kegelapan.

Di kota tersebut, mereka menginap di sebuah penginapan yang dimiliki oleh Thomas, orang tua Anna. Thomas mengatakan kepada Anna bahwa mereka seharusnya tidak berada di Curon.

Mauro berusaha untuk mencari drone miliknya yang hilang. Saat ingin menyewa sebuah perahu, bukannya mendapat perahu pinjaman, namun umpatan yang didapat. Mulai dari situ tersiar kabar keseluruh kota bahwa Anna kembali ke Curon.

Daria dan Mauro mendapatkan sebuah cerita legenda di kota Curon. Konon, kalau mendengar lonceng dari sebuah menara yang mencuat keluar dari waduk, orang yang mendengar suara lonceng itu akan meninggal. Padahal menara itu tidak memiliki lonceng lagi.

Our Opinion

Dari pembukaan yang sudah dilihat sekilas ini, jelas pengalaman masa lalu Anna menjadi suatu garis besar dari keseluruhan cerita serial Curon.

Cukup menarik dan cukup umum bagi kita cerita ini bahwa sebuah pemukiman yang ditenggelamkan untuk menjadi sebuah waduk, maka waduk itu akan bertuah.

Tetapi untuk sebuah serial yang ditujukan untuk menghibur penontonnya, serial ini cukup memberikan sebuah perasaan penasaran yang besar bagaimana apa yang terjadi dengan keluarga Anna setelah peristiwa 17 tahun yang lalu. Kemudian juga membawa sebuah pertanyaan besar, apa yang akan terjadi dengan Anna dan anak-anaknya setelah para penduduk kota tahu bahwa Anna kembali ke kota Curon.

Dari latar tempat yang dipakai oleh serial ini, kalian akan melihat banyak tempat-tempat ikonik yang sangat berkaitan dengan cerita utama dari serial ini, mulai dari menara di waduk, kabin penginapan sampai kepada sekolah dari Daria dan Mauro.

Pengambilan gambar secara keseluruhan sangat mendukung suasana misterius yang dimiliki oleh serial ini. Pengaturan cahaya yang terkesan kelam akan kalian rasakan secara keseluruhan dari serial ini.

Jadi secara keseluruhan, serial ini menurut mimin biasa-biasa saja ya. Kalau kalian ngga ada waktu atau lagi nggak ada serial yang menjadi prioritas untuk ditonton, bisa kalian tonton ini serial.

-OVERVIEW-

GenreFantasy, Mystery, Thriller
CreatorEzio Abbate
Ivano Fachin
Giovanni Galassi
Tommaso Matano
Tanggal Tayang10 Juni 2020
PemainLuca Lionello
Federico Russo
Margherita Morchio
Rating5.8 IMDB
71% Rotten Tomatoes
89% Google Users

Tinggalkan Balasan