Netflix Overview

The Baby-Sitters Club: Serunya Remaja Urus Bayi

Netflix sebagai penyedia jasa streaming terbesar memiliki banyak sekali judul serial untuk semua kalangan. Kali ini Netflix merilis sebuah serial keluarga yang lebih fokus kepada cerita segmen remaja. Judulnya The Baby Sitters.

Kok berhubungan dengan remaja? Padahal baby sitter identik dengan pekerjaan ibu-ibu.

Yup, inilah uniknya serial based on karya Ann Martin yang mulai ditulis sejak 30 tahun lalu.

Ann Martin adalah novelis yang banyak menulis karya sastra untuk cerita anak-anak ini memang sangat terkenal dengan novel karyanya The Baby Sitters Club (BSC) yang sudah terjual ratusan juta salinan. Karena kesuksesannya, novel ini pernah diadaptasi menjadi sebuah serial dan film pada tahun 90-an dan memiliki banyak penggemar pada zamannya.

Netflix mencoba untuk mengambil hati para penggemar BSC dengan memproduksi ulang dan merilisnya pada 3 Juli 2020 dengan mempertahankan keaslian sumber materinya.

Mari kita kupas bersama serial ini.

Behind The Scene

Dengan bekal cerita yang sudah matang dan pernah diadaptasi, kini serial BSC dikembangkan lagi oleh Rachel Shukert menjadi salah satu serial produksi Netflix. Menjadi pengarang sekali produser di serial ini bukanlah suatu hal yang baru bagi Shukert. Wanita berumur 40 tahun ini pernah memiliki peran yang sama di serial Glow (2017) dan Supergirl (2015) milik DC. Kebayang deh, bakalan bagus nih untuk genre keluarga.

Sebenarnya untuk segi sinematografi serial ini tidak begitu buruk dan tidak begitu baik juga. Namun setiap scene yang ditampilkan perpaduan cahaya dan warna begitu menarik dan tidak membosankan. Bisa jadi ini karena hasil tangan dari Shawn Schminke. Seorang ahli visual effect yang berpengalaman menangani efek visual beberapa serial seperti MacGyver, Stargirl, hingga sebuah film Thor: Ragnarok.

Gambar: The Baby-Sitters Club. Netflix (2020)

Sophie Grace menjadi pemeran utama dari serial ini. Aktris remaja berumur 14 tahun ini mulai bermain peran di sebuah film Terror in the Woods pada tahun 2018 silam.

Tidak hanya Grace, masih ada Momona Tamada (13 tahun), Shay Rudolph (14 tahun) dan Malia Baker (13 tahun). Rudolph dan Baker pernah memiliki pengalaman bermain peran, dimana Rudolph pernah bermain di film Lethal Weapon sementara Baker pernah muncul di serial The Flash.

The Plot

Di sebuah kota Stoneybrook, seorang remaja putri bernama Kristy (Sophie Grace) memiliki sebuah ide yang menurut dia adalah sebuah ide yang sangat keren. Dia ingin membuat sebuah klub pengasuh anak. Idenya muncul setelah dia melihat ibunya mengalami kesulitan untuk mendapatkan pengasuh anak untuk adiknya yang masih kecil.

Idenya diceritakan kepada sahabatnya, Mary Anne (Malia Baker). Selain Mary, Kristy pun mengajak murid cewek paling keren di sekolahnya, Claudia (Momona Tamada), untuk mengikuti ide yang paling keren ini. Selain itu juga murid baru, Stacy (Shay Rudolph) diajak.

Akhirnya serial ini akan banyak bercerita tentang sekelompok remaja yang dewasa sebelum waktunya dalam menjalankan bisnis usaha mereka sekaligus bertahan di sekolah mereka. Dengan keaslian cerita dari novelnya, serial ini tidak hanya menceritakan seluk beluk mereka dalam mengasuh anak-anak. BSC lebih menekankan akan cerita tentang persahabatan, sekolah, dinamika keluarga dan juga pekerjaan. Tidak hanya itu, serial ini juga memberikan pelajaran mengenai tanggung jawab dan kemandirian bagi para penontonnya khusus para remaja.

Our Opinion

Kolaborasi antara Ann Martin dan Rachel Shukert memang patut di acungi jempol. Cerita yang bagus dari novel miliki Martin dapat dikembangkan dengan baik oleh Shukert dan dieksekusi dengan baik oleh para crew.

Selain mereka, kolaborasi antara Tink sebagai production designer dan Alyssa King sebagai art direction mampu membuat suasana menjadi lebih berwarna tapi tidak norak dan tidak membosankan.

Ini yang menjadi nilai lebih dari serial BSC, walaupun para tokoh utamanya adalah gadis-gadis yang masih remaja, namun mereka memiliki talenta yang mumpuni. Mereka mampu menampilkan akting yang bagus sehingga membuat karakter yang mereka perankan lebih kuat. Dua jempol buat mereka!!

Penataan wardrobe juga sangat bagus. Dan secara kebetulan, fashion style tahun 90-an yang sesuai waktu novel dirilis ternyata sekarang mulai banyak digemari lagi. Mulai dari pakaian dan juga penataan rambut, semua sedang in sekarang ini.

Walaupun BSC adalah serial dari novel 90-an, tetapi mampu memberikan adaptasi teknologi kekinian. Kita tahu sendiri pada tahun itu perkembangan teknologi itu belum semaju sekarang ini. Di BSC, adaptasi itu begitu lembut sehingga tidak terkesan kaku dengan cerita asli dari novelnya. Penggunaan telepon duduk masih digunakan oleh anak-anak itu, hingga penggunaan media sosial sebagai ciri khas zaman now.

Overall, serial ini sangat menarik untuk ditonton oleh semua kalangan. Selain memberikan pesan-pesan nilai kehidupan yang bermanfaat, serial ini juga memberikan referensi untuk perpaduan outfit bagi para penonton.

Cuss, lanjut ke Netflix biar kalian bisa menikmati sendiri serial ini.

Happy streaming!!!

GenreComedy, Drama, Family
CreatorRachel Shukert
Tanggal Tayang3 Juli 2020
PemainSophie Grace
Momona Tamada
Shay Rudolph
Malia Baker
Rating7.4 IMDB
100% Rotten Tomatoes
96% Google Users

Tinggalkan Balasan