Hulu Overview

Helstrom: Proyek Gagal Marvel?

Kalau melihat poster serial ini, pasti nggak menyangka kalau Helstrom sebenarnya karakter dari Marvel. Nggak ada tanda-tanda logo Marvel di setiap promo ataupun di poster yang beredar. Tapi memang Helstrom adalah produk dari Marvel.

Kali ini Marvel Television bekerja sama dengan ABC Signature Studios dalam memproduksi Helstrom. Premiere serial ini ditayangkan oleh Hulu tanggal 16 Oktober 2020 lalu. Dengan durasi per episode sekitar 50an menit, season satu ini akan tayang dengan total 10 episode.

Benarkah Helstrom adalah salah satu serial terburuk Marvel setelah Inhumans? Hmmm… Mari kita bahas.

Behind The Scenes

Mengingat ini adalah sebuah serial yang berasal dari cerita sebuah komik fiksi, efek visual dari serial ini harus menjadi salah satu kunci keberhasilannya. Oleh karena itu, efek visual diserahkan kepada sebuah perusahaan yang sudah menangani ratusan judul film. Perusahaan Lux Visual Effects yang akhirnya dipilih. Untuk menangani film dengan bau-bau horor, perusahaan ini pernah sukses menangani film I Spit on Your Grave.

Marvel mempercayakan Paul Zbyszewski sebagai seorang kreator. Dia dipercaya karena pernah menggarap serial dari Marvel juga saat awal-awal Marvel menggarap serial, yaitu Agents of S.H.I.E.L.D. 

Seorang aktor berkebangsaan Inggris menjadi salah satu aktor utama di Helstrom, dialah Tom Austen. Aktor ini sepanjang karirnya selalu memerankan karakter di serial dari pada di film. Dan baru kali ini dia mendapatkan peran sebagai tokoh utama sebagai Daimon Helstrom.

Artis muda Sydney Lemmon juga menjadi tokoh utama disini. Lemmon pertama kali muncul di dunia hiburan memerankan peran pembantu di tahun 2014. Kini sama seperti Austen, Lemmon baru kali ini mendapat kepercayaan untuk memerankan tokoh utama, Ana Helstrom.

Untuk urusan sinematografi, Christopher Kempinski yang meng-handle. Pengalaman dalam mengurusi kamera membuat dia dipercaya di serial ini. Dulu dia pernah ikut dalam proyek Mission Impossible: Ghost Protocol.

The Plot

Helstrom berpusat pada kehidupan dari sepasang kakak beradik Ana (atau Satanna dalam komik) dan Daimon Helstrom. Karena mereka memiliki kekuatan supernatural, mereka terasingkan dari masyarakat sekitar. 

Gambar: Helstrom. Hulu (2020)

Daimon digambarkan sebagai seorang profesor sekaligus sebagai seorang pengusir setan. Sedangkan Ana adalah seorang karyawan di rumah lelang berpenampilan gothic yang terkesan memiliki karakter berkelas. Mereka berdua bekerja sama untuk membantu ibu mereka yang dirasuki oleh iblis dan sudah bertahun-tahun dikurung di fasilitas psikiatri.

Kisah selanjutnya tentang bagaimana mereka berdua menghadapi para iblis yang sudah mendiami bumi sejak lama. Dengan banyak manifestasi kekuatan iblis dalam mempertahankan dirinya, mereka harus hati-hati dalam membasmi kekuatan supernatural tersebut.

Disney Sengaja Hilangkan logo Marvel di Helstrom?

Mari kita tarik ke belakang. Proyek Helstrom awalnya menempati prioritas terakhir dari Marvel Television yang ingin memperkenalkan sisi occult Marvel Universe. Hulu mencapai kesepakatan dengan Marvel untuk mengerjakan proyek-proyek tersebut. Rencananya akan ada serial supernatural lain seperti Ghost Rider juga lho.

Produksi Helstrom dimulai pada Mei 2019 dan berakhir di Maret 2020. Di sela waktu itu, serial Ghost Rider tewas prematur, alias tidak jadi diproduksi. Padahal judul satu ini digadang-gadang menjadi killer content untuk Hulu.

Anyway, Helstrom masuk peninggalan terakhir Marvel Television sebelum merger menjadi Marvel Studios yang kala itu secara bertahap menghentikan berbagai proyek serial TV (sorry, Netflix).

Selanjutnya, Disney berusaha menjauhkan tone gelap Helstrom dari proyek selanjutnya dari Marvel Studios. Maka dari itu tak ditemukan logo Marvel di serial ini. Beda kayak Daredevil, Jessica Jones, atau Luke Cage yang jelas-jelas menampilkan logo Marvel di setiap promonya.

Lebih lanjut, pertanyaannya sekarang, apakah Helstrom jadi bagian dari MCU seperti layaknya Daredevil atau Agent of SHIELD? Jawabannya baru ketahuan di minggu perilisan Helstrom. Serial ini officially punya realitasnya sendiri dan bukan bagian dari MCU.

Hancur sudah reputasi Helstrom.

Beda Banget sama komik

Salah satu aspek yang membuat para fans Helstrom kecewa adalah penggambaran Ana dan Daimon sangat berbeda dengan versi komiknya. Pertama, Hulu mengilangkan satu “l” di nama Helstrom. Kedua, tak ada tanda-tanda Ana & Daimon sebagai anak dari sang Devil atau biasa disebut Son of Satan. Padahal asal usul ini sangat menarik untuk dikulik.

Di komik, keduanya memang tak memiliki impact banyak terhadap comic universe Marvel. Namun, mereka sempat bekerja sama dengan tokoh-tokoh seperti Doctor Strange, Ghost Rider, Spider-Man. Di tahun ‘70an , ia sempat menjadi member JKT48 The Defenders bersama Hawkeye, Nighthawk, dan Yellowjacket juga!

Gambar: Helstrom. Hulu (2020)

Nah, di versi Hulu, Ana dan Daimon tak ubahnya sebagai detektif supernatural biasa tanpa afiliasi sedikitpun dengan dunia Marvel. Kalau kalian pernah nonton The Exorcist, Helstrom mirip serial seperti itu.

Our Opinion

Well, sebagai sebuah serial dari Marvel sepertinya memang masih kurang menggigit.

Kalau dibandingkan dengan komiknya yang terkesan penuh dengan warna dan menarik meski tone-nya gelap, Helstrom yang disiarkan oleh Hulu ini malah terkesan monoton dari segi visual.

Kalau disebut sebagai serial horor pun, Helstrom serba nanggung. Banyak aspek horor dikurangi, porsi darah-darahan juga sangat bersahabat, malah lebih banyak dramanya yang juga nanggung.

Helstrom yang mengikuti kisah kehidupan kakak beradik Ana dan Daimon, maka penampilan mereka menjadi kunci serial ini juga. Namun sayang, mereka tidak memberikan penampilan yang oke. Penampilan Ana adalah penyelamat serial ini. Oh iya, malah pemeran sang ibu yang terlihat sangat menonjol aktingnya. Dia dapat memerankan dua karakter sekaligus dengan lebih luwes dan apik.

Buat kami sih serial ini biasa aja, nggak harus ditonton. Kalau kalian masih memiliki watchlist yang masih mengantri, selesaikan saja.

Happy streaming guys!!!

GenreDrama, Fantasy, Horror
CreatorPaul Zbyszewski
Tanggal Tayang 16 Oktober 2020
PemainTom Austen Sydney Lemmon Elizabeth Marvel
Rating6.9 IMDB 27% Rotten Tomatoes 3/10 IGN

Tinggalkan Balasan