Netflix Overview

Lupin: Kaya Akan Plot Twist

Sebenarnya sudah agak lama ingin kasih impression tentang Lupin-nya Netflix. Keasyikan sama WandaVision jadi lupa deh…

Dirilis pada bulan lalu, serial yang kalau dilihat dari namanya sepertinya tidak asing ya. Dan ternyata memang benar, kalau Lupin ini based on kisah Arsene Lupin yang terkenal dari Perancis. Di negara aslinya sana, tokoh Lupin merupakan tokoh fiksi yang diciptakan oleh novelis Maurice Leblanc pada tahun 1905. Leblanc menggambarkan sesosok Lupin sebagai seorang gentleman burglar. Dengan pendiskripsian yang kuat tentang karakter Lupin oleh Leblanc, tak heran Lupin menjadi tokoh fiksi yang terkenal hingga sekarang.

Jadi teringat salah satu karakter di komik Detektif Conan yaitu Kaito Kid. Sepak terjangnya mirip deh…

Behind The Scene

Sutradara asal Perancis menjadi orang yang bertanggung jawab untuk  serial kali ini. Dia adalah Louis Leterrier. Mungkin buat kalian nama ini kurang familiar, tetapi kalau mendengar judul film The Incredible Hulk, The Transporter, Now You See Me, kalian pasti tau kan. Dan ketiga judul itu menjadi contoh bukti kepiawaian Louis dalam menyutradarai sebuah film.

Omar Sy seorang aktor berkulit hitam berkebangsaan Perancis menjadi pemeran tokoh utama Assane  Diop. Banyak proyek film yang dia ikut ambil bagian (Transformer: The Last Knigt, X-Men Days of Future Past, Jurassic World) walaupun belum mendapatkan tokoh sentralnya, tapi dari pengalaman itu membuat dia menunjukan performa yang apik di serial Lupin. 

Gaya Omar Sy disini stylish banget. Mirip-mirip lah sama Idris Elba. Dipakein wardrobe apapun cocok aja pokoknya. Ditunjang dengan perawakan yang gagah dan akting yang mantap, Omar Sy ini layak untuk mendapat peran-peran utama ke depannya.

The Plot

Orang dibalik nama samaran Lupin adalah Assane Diop.

Di serial ini kalian akan diceritakan pertama bagaimana seorang Assane Diop melakukan sebuah penyamaran dan akhirnya berhasil mencuri salah satu perhiasan koleksi Museum Louvre yang akan dilelang.

Dalam melakukan aksi ini, kalian akan dibuat terkejut dengan plot twist dari seorang Assane Diop. Memancing rasa ingin tahu kalian, siapa sebenarnya orang ini.

Perhiasan yang dicuri merupakan sebuah kalung berlian yang dulu pernah dipakai oleh Marie-Antoinette. Dan ternyata perhiasan ini ada hubungannya dengan masa lalu Lupin yang menjadi imigran dari Senegal bersama ayahnya.

Gambar: Lupin. Netflix (2021)

Diop muda dan ayahnya bekerja untuk keluarga konglomerat Pellegrini. Suatu ketika kalung berlian Marie-Antoinette ini hilang saat ayah Diop berada di rumah Pellegrini. Yang akhirnya membuat ayahnya di penjara.

Diop muda pun hidup seorang diri dan akhirnya harus pindah ke yayasana sosial. Namun nasib berkata lain, seorang donatur misterius memberikan bea siswa penuh dan menjamin kehidupannya hingga dia dewasa.

Setelah Diop dewasa dan berhasil melakukan pencurian kalung di Museum Louvre, beberapa fakta mulai masa lalunya mulai muncul. Dia mendapatkan sebuah petunjuk bahwa ayahnya dijebak. Mulai dari sini dia berniat untuk mengungkap kebenaran yang terjadi dahulu kala.

Apakah yang akan terungkap membuat dirinya menjadi tenang atau malah menjadikan dia menjadi seorang yang buruk?

Our Opinion

Dengan alur campuran, Lupin membawa para penontonnya untuk seolah-olah mengumpulkan kepingan puzzle yang berserakan di episode-episodenya. Di setiap episode kalian akan dibawa ke “kasus” yang berbeda-beda, namun tetap pada satu benang merah: Lupin mencari keadilan atas peristiwa yang menimpa sang ayah.

Awal cerita, setiap perkembangan cerita dari serial ini akan membawa pikiran kalian untuk ikut sibuk memikirkan siapa dan bagaimana Diop bisa melakukan semua itu. Sebuah awalan yang memberikan hook kuat untuk para penonton. Dijamin deh, saat kalian menonton episode pertama, bakal ternganga dengan plot twist yang superb banget.

Oh iya, lupa disebut kalau serial ini berbahasa Perancis. So, mungkin perlu membiasakan juga kuping kalian untuk mendengar percakapan sengau-sengau khas bahasa paling seksi di dunia (katanya).

Episode-episode tengah hingga akhir season 1 terasa tidak terlalu kuat hook yang ada, bahkan cenderung menurun kualitasnya dibanding episode pertama yang eksplosif. Tetapi bukan berarti tidak memiliki sesuatu yang menarik untuk ditonton ya. Tetap bagus kok.

Ada beberapa hal yang mengganjal yang membuat serial ini memiliki nilai minus menurut kami. Beberapa kejadian yang menggambarkan sepak terjang Lupin tidak bisa dieksekusi dengan lebih baik dan mendetail jadi terkesan dipaksakan. Contohnya bagaimana dia bisa keluar dari penjara ataupun bagaimana dia mengelabui seorang wanita tua di salah satu episode.

Setelah nonton serial ini, kesan yang teringat malah bagian awal dan setelah habis 5 episode untuk ditonton malah membuat penasaran bagaimana cerita aslinya dari Lupin sendiri bukan bagaimana kelanjutan dari serial ini.

Kalau untuk hiburan sih oke-oke aja untuk ditonton, tidak mengecewakan kok. Tapi kalau dibandingkan dengan cerita asli dari Lupin sendiri, terlihat jauh bedanya. Bisa dimaklumi karena serial ini inspired by, bukan based on…

Ditunggu season keduanya yang sudah confirmed pada musim panas tahun ini akan tayang. Nggak sabar!

Happy streaming guys!!!

GenreAction, Crime, Drama
CreatorFrancois Uzan George Kay
Tanggal Tayang8 Januari 2021
PemainOmar Sy
Vincent Londez
Ludivine Sagnier
Rating7.7 IMDB
96% Rotten Tomatoes
96% Google Users

Tinggalkan Balasan