Overview

Station Eleven: Mirip Peristiwa Covid-19!

Sebuah virus mematikan dan menular sedang melanda bumi, merenggut jutaan nyawa manusia hingga membuat seluruh negara ketar-ketir. Bukan, saya bukan sedang mendeskripsikan Covid-19, namun itulah yang menjadi premis dari serial HBO Max berjudul Station Eleven.

Berdasarkan novel best-selling berjudul sama karya Emily St. John Mandel, Station Eleven adalah mini seri sains fiksi post-apocalyptic yang sepertinya cocok untuk memberikan harapan serta motivasi di tengah masa-masa pandemi seperti sekarang ini.

Plot

Seperti yang sudah disinggung di atas, Station Eleven terasa relate banget dengan kondisi sekarang karena mengisahkan pandemi virus yang menghancurkan peradaban manusia. Berbeda dengan Covid-19, virus flu di Station Eleven jauh lebih mematikan karena sukses menghapus 99% populasi manusia dalam hitungan minggu. Serial ini memfokuskan diri pada perjalanan sekelompok penyintas yang mencari uang dengan melakukan pertunjukan keliling. Ketenangan terusik ketika mereka bertemu dengan kelompok cult yang pemimpinnya dulu pernah berhubungan dengan grup penampil tersebut. 

Berbeda dengan serial dystopian lain, Station Eleven sepertinya cukup halus dalam menampilkan visual-visual dewasa. Tidak se-eksplisit The Walking Dead misalnya. Meski begitu, bukan tidak mungkin kalau keadaan berubah seiring berjalannya episode (10 episode pada season pertama). Patut dicatat kalau bukunya justru memfokuskan diri pada kematian, suicide, serta kekerasan seksual.

Keunikan pada Station Eleven ini adalah alur ceritanya yang melompat-lompat antar timeline, mulai dari kejadian sebelum virus menyerang, setelah virus menyerang, dan bertahun-tahun pasca virus meluluhlantakkan bumi. Kisahnya juga bukan tentang cerita kiamat stereotip; tidak ada zombie, alien, atau robot. Murni, ini kisah manusia menghadapi penjahat yang juga manusia. 

So, kalau kalian ingin nonton kisah post-apocalyptic yang cukup fresh boleh deh melirik judul yang satu ini.

GenreDrama, Sci-Fi
CreatorPatrick Sommerville
NetworkHBO MAX
Tanggal tayang 16 Desember 2021 – …
PemainMackenzie Davis
Himesh Patel
Matilda Lawler
David Wilmot
Nabhaan Rizwan
Daniel Zovatto
Rating7/10 IMDB
97% Rotten Tomatoes
49% Google Users

Tinggalkan Balasan