Review

[REVIEW] FEAR OF THE WALKING DEAD SEASON 1 EPISODE 1: PILOT

The Walking Dead (TWD) sudah menjelma jadi salah satu magnet di dunia pertelevisian. Saya kira semua orang pernah menonton-at least-mendengar tentang serial zombie tersebut. Bukan cuma serial, demam TWD sudah menjalar ke dunia mainan hingga video games. Sekarang sepertinya AMC sudah menemukan lumbung baru dengan merilis serial spin-off TWD yang berjudul Fear of the Walking Dead.

FOTWD boleh disebut spin-off, boleh juga disebut prekuel karena serial ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana zombie bisa muncul dan memusnahkan sebagian besar peradaban manusia. Meski begitu, jangan berharap jawaban yang konkret di episode Pilot, karena ternyata masih belum jelas juga asal maupun usul bencana tersebut. Ternyata episode Pilot menceritakan penyakit “aneh” sudah menyerang di lima negara bagian meskipun beritanya terkesan disembunyikan dari publik. Tuh kan, tidak benar-benar dari nol.

gloria

Tokoh utama serial ini berbeda dari TWD. Penonton akan mengikuti lika-liku karakter baru bernama Travis (Cliff Curtis) dan Madison (Kim Dickens) yang merupakan sepasang kekasih. Mereka berdua bekerja di sekolah yang sama sebagai tenaga pengajar di Los Angeles, kota yang menjadi main setting di episode ini. Madison sendiri adalah janda beranak dua, sedangkan Travis adalah duda yang anak dan mantan istrinya masih ada di luar sana.

Di awal episode diperlihatkan anak laki-laki Madison, Nick (Frank Dillane), merupakan seorang pecandu. Setelah sadar ‘teler’-nya, Nick mendapat pemandangan yang luar biasa mengerikan ketika ia melihat salah seorang rekannya “memakan” rekannya yang lain. Segera ia berlari dari tempat tersebut, namun naas ia justru tertabrak mobil.

crash

Dari peristiwa itu mulai berkembang cerita di sekitaran keluarga yang pastinya jauh dari kata harmonis. Travis tidak sepenuhnya diterima oleh anak-anak Madison. Travis berusaha sebaik mungkin untuk menjaga Nick dan juga Alicia (anak perempuan Madison). Sampai-sampai ia pun menginvestigasi kebenaran cerita Nick tentang orang-makan-orang di sebuah gereja tua. Anehnya, menurut saya, Travis menemukan banyak genangan darah dan bekas organ terkoyak, tapi setelah itu tidak melapor ke polisi. Setelah itu Travis dan Madison mulai melihat, bahkan mengalami sendiri kejadian aneh yang dikatakan Nick. Berbagai pertanyaan muncul di benak mereka. Mulai panik? Jelas.

Selanjutnya bisa disimpulkan kalau episode Pilot berjalan lambat. Fokusnya sih mengkondisikan penonton dengan karakter-karakter yang ada. Suasana canggung Travis yang berada di dua keluarga yang berbeda cukup terasa. Plot-plot besar juga mulai bisa di raba. Bagi pencinta adegan gore, agaknya sedikit kecewa karena belum banyak darah dan ceceran daging yang diperlihatkan.

calvin

Overall, episode Pilot menampilkan tone yang sama dengan TWD season pertama dulu. Kesan horornya dapet banget. Di beberapa kesempatan penonton dibiarkan menebak, “wah itu zombie atau bukan, tuh?” dengan background music khas film serem. Awalnya saya skeptis, karena sudah bosan dengan per-zombie-an, namun setelah menonton episode perdana FOTWD, ternyata bikin penasaran juga.

GeNocite…

  • Alica’s hot! Untungnya ada karakter yang “enak” untuk dilihat mata lelaki.
  • Karakter Nick dan Travis cukup kuat. Dua MVP di episode perdana ini.

Tinggalkan Balasan