Review The Walking Dead

[REVIEW] THE WALKING DEAD Season 8 Episode 7: Time for After

Season 8 jadi musim yang agak struggling. Action banyak, tapi justru malah membosankan. Ceritanya bahkan berputar-putar. Beberapa episode memang bisa membangkitkan lagi rasa penasaran, tapi kebanyakan justru mengundang rasa kantuk yang luar biasa. Dari segi ratingpun TWD secara konsisten turun. Serial ini kesulitan menancapkan dasarnya, terutama setelah perkenalan Negan dan kematian Glenn.

Jika produser ingin mengembalikan minat penonton, Time for After adalah salah satu episode yang menjadi percontohan.

Eugene sang Saviors sejati?
Fokus episode ini ada pada Eugene. Meskipun perannya cukup besar dalam perang antara Negan vs. Rick, ia tak mendapat banyak perhatian di musim ini. Tentu saja, keberadaan Eugene jadi aset besar bagi Saviors dan Negan sadar akan hal itu. Sebagai reward, respect adalah hal yang didapat Eugene dari Negan. Tapi saya lebih melihat apa yang dilakukan Negan adalah bagian dari manipulasi psikologis semata. Hanya untuk strategi.

Eugene punya tugas berat untuk membenahi situasi, terutama masalah pengkhianat di dalam Saviors. Eugene langsung mengkonfrontir Dwight tentang masalah ini. Kerennya, Dwight tidak menyangkal kalau dia memang pengkhianat. Ia terang-terangan mengungkapkan alasan dibalik perpindahannya ke kubu Rick.

Puncak konflik Eugene dan Dwight ada saat Eugene berusaha memancing walker menjauhi Sanctuary dengan bermodalkan pesawat remote control dan iPod. Cerdas juga cara si Eugene ini. Namun, Dwight langsung menghentikan Eugene. Scene yang cukup menarik karena Dwight berusaha meyakinkan Eugene kalau Negan—dan hanya Negan yang perlu mati.

neganeugene
Gambar: Eugene dan Negan. Gene Page/AMC

Oh iya, disamping itu kita juga melihat sisi lain dari Eugene yang tidak pernah kita lihat: Saat Eugene sangat-sangat marah hingga menghardik Father Gabriel begitu keras. Saya rasa ini penampilan terbaik aktor Josh McDermitt selama bergabung di TWD.

Daryl sang anti-hero
Daryl selalu menjadi karakter yang tak terduga, utamanya karena dia tidak pernah ada di TWD versi komik. Maka dari itu sutradara bebas membuat Daryl menjadi siapa saja. Musim ini, TWD memutuskan untuk membuat Daryl mirip-mirip anti hero yang digerakkan oleh dendam hingga menutupi moral dan etik sebagai manusia

Daryl berencana menabrakkan truk ke tembok Sanctuary supaya walker merangsek masuk dan membunuh siapa saja di dalamnya. Sangat berlawanan dengan rencana Rick. Tak sendirian, Daryl didukung oleh: Tara yang ternyata masih dalam kondisi heart broken; Morgan yang meninggalkan jalur suci; Michonne dan Tara yang masih ngebet ingin melihat Sanctuary.

Twist-nya, Michonne dan Rosita sadar kalau cara Daryl sudah kelewat batas. Tapi dari awal memang Michonne dan Rosita tidak masuk dalam rencana, sehingga hilangnya mereka nothing to lose buat Daryl.

Daryl berhasil membuat kekacauan, dan tentu saja banyak korban berjatuhan dari sisi Saviors.

Rick dan Jadis
Another Gladiator fight!

Yup, sama seperti musim lalu, Rick dipaksa untuk melakukan pertarungan satu lawan satu melawan walker modifikasi ala Scavengers. Namun Rick terlalu tangguh dan berhasil membalikkan keadaan, bahkan melumpuhkan Jadis.

Proses deal cukup alot tapi Rick berhasil meyakinkan Jadis. Saya masih garuk-garuk kepala untuk mencoba memahami mengapa Rick bersikeras mengajak Jadis bergabung lagi. Jelas-jelas Scavengers tidak bisa dipercaya dan pengkhianatan masih mungkin terjadi. Justru lebih masuk akal jika Rick memberi effort lebih untuk merekrut Oceanside misalnya.

jadiszombie
Gambar: Jadis. Gene Page/AMC

Entah apa yang direncanakan serial ini untuk Scavengers, final scene episode ini memperlihatkan jika Rick memimpin Jadis dan beberapa Scavengers untuk mengintai Sanctuary. Betapa kagetnya Rick melihat sudah tidak ada walker disana. Apakah Negan, Eugene, dan Saviors lainnya berhasil keluar dari Sanctuary, masih belum jelas. Tapi jelas Rick tidak senang dengan kejadian ini. Shock.

CONCLUSION
Eugene semakin menikmati peran sebagai Saviors. Kecerdasannya dibutuhkan Negan, dan Eugene masih percaya kalau Negan-lah pihak yang dapat memberi perlindungan bagi Eugene. Episode ini memberi penceritaan karakter yang menarik bagi Eugene.

Langkah Daryl memang sangat ceroboh. Alasan Michonne dan Rosita juga cukup masuk akal untuk tetap mengikuti rencana Rick (meski nggak jelas juga si Rick maunya apa). Bisa jadi apa yang dilakukan Daryl di episode ini justru membalikkan keadaan. Bukan tidak mungkin kini Hilltop, Alexandria, dan The Kingdom yang gantian terancam.

Berani bertanggung jawab, Daryl?

OVERALL SCORE: 7

2 thoughts on “[REVIEW] THE WALKING DEAD Season 8 Episode 7: Time for After

  1. Denger denger dari obrolan warung sebelah, midseason finale besok atw next episode Carl Grimes bakal mati ( sesuai dengan certa yg di komik ) tapi …..
    Ahhh sudah lah, pokoknha semua salah Daryl wkwkwk

  2. hmmm… filmnya makin bikin bosen lama2 nih.. cerita diputer2.. bertele tele… dari eps 1 smpe 7 ya cuma eps 7 yg agak lumayan lah… Eugene, baru kali ini gw liat dia kaya gitu.. hahaha, biasanya kan plenga plengo…
    kalo next eps masih bikin bosen n ngantuk, bikin males nontonnya, mending baca preview di warung ini aja deh… heheheh… mo dibawa kemana TWD ini…. oooohhhhhh….

Tinggalkan Balasan