Review The Walking Dead

[Review] The Walking Dead Season 8 Episode 11: Dead Or Alive Or

WARNING! Ulasan di bawah mengandung SPOILER The Walking Dead Season 8 Episode 11

Episode minggu lalu diakhiri dengan momen yang mengindikasikan kalau perang Negan Vs. Rick akan berakhir lebih cepat, tapi episode Dead Or Alive Or menunjukkan sebaliknya. Negan justru mempunyai rencana baru untuk melawan koalisi grup Rick. Selain dari sisi Negan, episode ini juga menceritakan tentang kelanjutan kisah Gabriel serta dr. Carson, dan juga Daryl yang memimpin Alexandrians ke Hilltop.

Gabriel dan Carson
Setelah dibantu kabur dari Sanctuary (thanks Eugene!), Gabriel dan sang dokter punya kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam survival, yang—tentu saja—teramat buruk. Keduanya bukan pejuang. Keduanya juga bukan navigator yang baik, walhasil jadinya orang buta nuntun orang buta. Apalagi, Gabriel sedang sekarat. Rumornya akibat dari virus (walker?).

Secara garis besar, kisah Gabriel dan Carson kali ini menitikberatkan pada keyakinan Gabriel dimana Tuhan akan buka jalan dan menuntun mereka. Awalnya memang benar seperti itu. Seperti misalnya mereka tidak sengaja menemukan sebuah rumah untuk berlindung; Gabriel tidak sengaja menemukan antibiotik saat mereka desperate banget membutuhkan itu; atau ketika mereka menemukan kunci mobil dan peta dari sebuah celengan babi. Tuhan benar-benar menolong mereka.

 

vlcsnap-error706
Gambar: The Walking Dead/AMC

 

Namun tuntunan atau apapun itu, berhenti ketika Carson kakinya terjebak perangkap. Meski dapat diselamatkan secara untung-untungan juga (nembak sambil mata tertutup? Really, Gabriel?), akhirnya keberuntungan pun berakhir ketika mereka tertangkap anggota Saviors. Bahkan lebih parah, Carson pun akhirnya tewas dan Gabriel hanya bisa menangis, keyakinannya runtuh seketika.

Some notes untuk penyakit misterius Gabriel. Teori yang berkembang mengatakan kalau Gabriel sekarat karena perlahan terinfeksi virus walker. Di season 8 episode 5, Gabriel dan Negan bekerja sama (sementara) untuk keluar dari kepungan walker. Mereka menutupi tubuh dengan jeroan walker—taktik yang sama beberapa kali di TWD maupun FTWD. Setelah kejadian itu, Gabriel terserang demam yang menjadi tanda kalau ia terinfeksi.

Di dalam komik, Negan menemukan fakta kalau kontak sedikit saja dengan jeroan walker bisa mempercepat infeksi dan ia menggunakan taktik ini untuk melawan Hilltop. Hmm, bagaimana kalau di versi serialnya ya? Benarkah Gabriel terkena infeksi walker? Mengapa Rick atau Negan yang juga menggunakan taktik ini tidak terinfeksi?

Daryl Pimpin Grup Alexandria
Seperti kesepakatan di episode perdana, Daryl membawa sisa anggota Alexandria ke Hilltop, lengkap bersama Tara, Rosita, dan Dwight. Nama terakhir yang disebut ini berperan besar dalam menentukan rute aman dari Negan, meski jalannya cukup berbahaya (lewat rawa-rawa).

Tara masih menyimpan dendam kesumat kepada Dwight karena telah membunuh Denise. Jadi di episode ini kita melihat Tara berusaha sekali untuk menghabisi Dwight. Kelakuan Tara ini cukup annoying ya, karakternya dari dulu nggak pernah punya kedalaman. Saya juga bingung kenapa malah karakter ini bertahan sampai sekarang.

Untuk Dwight, saya suka ketika dia tidak mencoba cari aman sendiri ketika ia dan Tara terpojok karena ada anggota Saviors yang lewat. Ia justru menggiring Saviors menjauhi kelompok Alexandria dan kembali ke Sanctuary meski ada resiko ketahuan Negan kalau dia telah berkhianat. Ia bahkan terang-terangan untuk tulus membantu kelompok Rick untuk menang—bahkan rela kalau pada akhirnya dibunuh (pasrah banget!) karena dua alasan utama: 1) Ia sangat mencintai Sherry, 2) Ia membenci Negan. Dwight bukan orang baik, tapi dia punya motivasi kuat. Sayang, ia masih belum mendapat kepercayaan dari grup Rick.

 

vlcsnap-error010
Gambar: The Walking Dead/AMC

 

Daryl juga agak membingungkan di episode ini. Awalnya ia mencegah Tara untuk melukai Dwight, bahkan mengikuti saran Dwight. Tapi saat Dwight berhasil “kabur”, tiba-tiba ia memberi sumpah serapah kepada Dwight. Nah, justru Tara yang gantian membela Dwight karena mantan pengikut Negan tersebut tidak mencoba berkhianat. Kenapa Daryl harus marah nggak jelas?

Hilltop
Maggie sendiri sedang kebingungan karena suplai makin menipis. Jatah orang-orang dikurangi, termasuk para tahanan. Jesus belum kelihatan karena diceritakan sedang scavenging. Maggie juga akhirnya mulai luluh untuk sedikit memberi kelonggaran kepada tahanan Saviors.

Ada momen berharga ketika Daryl dan rombongan akhirnya tiba di Hilltop. Daryl memberitahu Carol dan Maggie tentang Carl. Kita tidak mendengar dialognya, namun efek dramanya terasa. Terlihat sekali ekspresi masing-masing kru Hilltop yang sangat terpukul, apalagi Enid.

Sanctuary
Eugene akhirnya berfungsi sebagai pembuat peluru. Kedatangan tiba-tiba Gabriel yang berhasil ditangkap Saviors tentu membuatnya gundah gulana, karena, well, seperti yang kita tahu dialah yang bertanggung jawab atas kaburnya Carson dan Gabriel. Namun sepertinya Gabriel menyalahkan Carson. Eugene aman!

Eugene hampir tak selamat ketika ia tidak mampu membuat peluru secara cepat. Negan sempat marah, namun Eugene cepat untuk memberi solusi lain. Saviors bisa melempar bagian-bagian walker ke dalam Hilltop menggunakan ketapel.

Solusi Eugene ini memberi ide Negan untuk mengganti taktik menggunakan senjata biologis. Melihat kondisi Gabriel, Negan punya ide untuk melapisi semua senjata dengan jeroan walker sehingga para musuh akan terinfeksi. Tapi bukannya kemarin Negan bilang kalau “people are valuable resources?” alias jangan bunuh banyak orang. Membingungkan…

CONCLUSION
Well,
cerita Gabriel dan Carson seperti komedi yang dari awal agak membosankan. Konsep ketuhanan yang dibawa Gabriel tidak memberi kesan apa-apa. Dwight menjelma menjadi karakter yang lebih menarik perkembangannya. Maggie tentunya semakin pusing karena kedatangan anggota baru, padahal sebelum ini pun ia sudah kesulitan untuk mengatur jatah makan pengikutnya. Negan, mengganti taktik namun tidak sejalan dengan prinsipnya selama ini. Episode Dead Or Alive Or memang tidak sebagus dua episode sebelumnya, namun masih bisa dinikmati kok.

OVERALL SCORE: 7.3

GeNocite

  • Siddiq menawarkan diri untuk membantu Hilltop di bidang medis
  • Morgan memberitahu Henry siapa yang membunuh kakaknya. Gavin pelakunya.

Tinggalkan Balasan