HBO Overview

Watchmen: Layak Masuk Daftar Serial Terbaik!

Kalau kita berbicara mengenai film superheroes dan vigilantes, ada 2 nama besar yang memproduksi karakter-karakter itu. Marvel dan DC Comic. Keduanya berlomba memproduksi film-film layar lebar yang keren-keren. Namun menurut mimin, Marvel lebih jago buat  film layar lebar, sedangkan DC lebih ke arah serial TV.

Buktinya, Watchmen sudah meraih beberapa penghargaan bergengsi di berbagai kategori, mulai dari Critics Choice Award 2020, AFI Award 2020, dan DGA Award.

Thumb Up for DC Entertainment
Nggak perlu diragukan lagi kalau serial-serial yang berasal dari DC itu banyak yang antusias dan memberi rating bagus. Mulai dari Arrow, The Flash, Supergirl, Gotham, sampai Batwoman. Nah sekarang, ada lagi nih, The Watchmen.

Kalau kita berbicara mengenai film superheroes dan vigilantes, ada 2 nama besar yang memproduksi karakter-karakter itu. Marvel dan DC Comic. Keduanya berlomba memproduksi film-film layar lebar yang keren-keren. Namun menurut saya, Marvel lebih jago buat  film layar lebar, sedangkan DC lebih subur di serial TV.

Ini Watchmen tentang apa ya ceritanya kok kayak asing di telinga? Well, sebenarnya nggak asing-asing banget sih. Versi filmnya pernah tayang pada 2009, dimana Zack Snyder jadi sutradaranya. Saat itu temanya sangat dewasa, jadi nggak cocok buat semua kalangan.

Kalau melihat Watchmen ini, min bilang hampir sama nih kayak serial TV dari DC lainnya dari segi penataan cahayanya. Sedangkan untuk kisah ceritanya, hampir sama nih dengan Gotham. Tidak ada penggambaran seorang karakter yang memiliki kekuatan super.

Gambar: The Watchmen HBO

DC tidak hanya menjual visual effect yang menakjubkan untuk serial seperti ini. Di Watchmen, jalan ceritanya di setiap episode serta beberapa petunjuk-petunjuk kecil antar setiap peristiwa ini yang membuat penonton akan selalu terpancing dengan rasa ingin tahunya.

Segala Sisi Berkualitas
Pembukaan serial ini diawali dengan cerita tentang pembantaian yang terjadi di Tulsa pada masa lampau. Namun untuk cerita utamanya serial ini, terjadi pada tahun 2019.

Saat sekelompok orang bertopeng yang memiliki ideologi white supremacy membuat huru-hara dengan menyerang kelompok minoritas serta menyerang aparat kepolisian dengan brutalnya. Hanya tersisa beberapa aparat kepolisian yang masih selamat.

Salah satunya adalah Detektif Angela Abar dan Kepala Polisi Judd Crawford. Mereka dan beberapa polisi lainnya berusaha untuk membangun kepolisian yang hancur dan menegakkan kembali hukum. Saat itulah mereka harus menjalankan tugas mereka sebagai polisi dan juga harus menutupi jati diri mereka dengan menggunakan masker atau menggunakan kostum lainnya.

Kebayangkan bakalan seru dan semenarik apa dari ceritanya. Bukan hanya seru, kalian bakalan nemuin banyak sekali misteri-misteri dari alur cerita yang kalian tonton.

Yang  lebih menarik lagi disini adalah, para pemainnya menampilkan akting yang apik di karakter mereka. Regina King sebagai Detektif Angela Abar, yang tampil layaknya ”superhero” dengan topengnya yang terinspirasi dari Blaxploitation.

Selain itu, ada juga Tim Blake yang memainkan Wade Tillman alias Looking Glass. Pesona dari karakternya ini lho, ciamik banget.

Paket lengkap Watchmen tidak luput dari hasil karya tangan dingin Damon Lindelof, sebagai sang creator dan executive producer serial ini. Nama ini bertanggung jawab atas suksesnya beberapa judul besar seperti The Leftovers, Prometheus, Star Trek Into Darkness, World War Z, dan masih banyak yang lainnya.

Ada hal yang menarik nih dari serial ini. Kisah serial ini, seperti yang sudah saya sebutkan tadi, menampilkan suatu peristiwa pembantaian yang terjadi di Tusla, negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat.

Ternyata sejarah mencatat, bahwa memang ada ”kerusuhan” rasis yang terjadi di kota yang sama pada tahun 1921. Banyak orang yang menyebutnya kerusuhan, namun yang terjadi sebenarnya adalah pembantaian. Bahkan ada orang yang mengaku saksi hidup pada zaman itu mengatakan bahwa ada terdapat pesawat yang menjatuhkan bomb di beberapa wilayah Tulsa.

Yaah, kebablasan ngulas fun fact sejarah dari serial ini. Mau beneran pembantaian atau kerusuhan, semoga Indonesia terlepas dari peristiwa rasialis kayak gitu ya.

Kita semua bersaudara soalnya. Tsaaah

– OVERVIEW-

Genre Action, Drama, Mystery
Tanggal Tayang 20 Oktober 2019
Creators Damon Lindelof
Pemain Regina King Yahya Abdul-Mateen II Tom Mison
Rating 8.0 IMDB 96% Rotten Tomatoes 85% Google users

Tinggalkan Balasan