HBO Overview

The Outsider: Serial Detektif Bernuansa Horor

Jika ada satu nama besar yang cukup punya pengaruh di dunia pop-culture selama 50 tahun terakhir, dia adalah Stephen King. Sepakat dong ya…

Penulis kelahiran tahun 1972 ini telah sukses menjual 350 juta kopi novel yang kebanyakan bergenre thriller, horror, fiksi, dan fantasy. Karya-karya tulis Stephen King memang luar biasa kalau kita baca versi novelnya.

Tak sedikit pula yang sudah diadaptasi ke layar TV bahkan film Hollywood. Meski hasilnya imbang; ada yang bagus dan ada pula yang di bawah ekspektasi.

Richard Price and Stephen King are on the move

Kali ini, seorang novelis yang memenangkan Academy Award dan pernah masuk nominasi Emmy Award, Richard Price, ikutan mengadaptasi novel Stephen King untuk dijadikan sebuah serial TV.

The Outsider, bercerita tentang terjadinya kasus pembunuhan yang keji terhadap seorang anak berumur 11 tahun, Frankie. Beberapa episode pertama serial ini mengingatkan kita tentang serial yang memiliki kualitas layaknya serial investigasi prosedural macam CSI tapi berjalan lebih lambat.

Detektif yang bertugas menyelidiki kasus ini, Ralph Aderson, akhirnya mendapatkan seorang tersangka. Terry Maitland, seorang pelatih baseball ditangkap.

Gambar: The Outsider. HBO

Peristiwa ini malah membuat penduduk kota itu marah, mereka yakin dan percaya Maitland tidak melakukan kejahatan itu. Setumpuk bukti sudah ditangan polisi, sidik jadi, DNA maupun beberapa saksi melihat Maitland berada pada tempat kejadian dan berlumuran darah.

Namun ada suatu bukti juga yang sangat kontroversial dengan bukti-bukti yang sudah ada. Rekaman CCTV, para saksi mata dan bukti forensik menunjukan bahwa Maitland berada di tempat yang jauh sekali dari tempat kejadian. Bagaimana mungkin satu orang yang sama berada pada dua tempat yang berjauhan diwaktu yang sama?

Beberapa kejadian yang aneh terjadi juga selama investigasi berlangsung. Munculnya sesosok yang mengenakan tudung kepala. Anak perempuan dari Maitland yang melihat sesosok dengan muka yang tidak jelas. Detektif yang diserang oleh seorang yang mengenakan pakaian yang sama dengan pelaku pembunuhan Frankie.

Yang menarik lagi adalah munculnya karakter baru, seorang perempuan Holly Gibney. Di awal-awal munculnya keliatan karakter ini tidak mencolok. Namun, seorang penyelidik swasta ini memiliki kekuatan dan sangat peka terhadap hal-hal yang diluar dari nalar manusia awam.

Sangat menarik akhirnya cerita dari The Outsider ini. Dimana tanpa kita sadari, dari sebuah cerita investigasi biasa akhirnya berjalan berubah menjadi sebuah misteri horror. Tidak lupa juga beberapa jump scares disajikan diserial ini.

Ben Mendelsohn (Rogue One: A Star Wars Story, Captain Marvel) memerankan detektif Ralph Anderson dengan sangat menjiwai. Kita akan terpukau dengan segala macam kondisi investigasi yang dia alami.

Cynthia Erivo, walaupun bukan sebagai tokoh sentral, namun dia dapat memerankan dengan sangat luwes seorang Holly Gibney yang memiliki kemampuan “spesial” ini.

Menurut mimin, memang ini bukanlah salah satu yang film yang terbaik yang diadaptasi dari novel Stephen King. Namun dari jalan cerita yang bisa membawa kita hanyut di dalamnya; dan beberapa scene yang diambil dengan dekat untuk menambah kesan horrornya film ini, membuat kita berada pada posisi penasaran untuk menonton episode-episode berikutnya.

Gambar: The Outsider. HBO

Overall, The Outsider adalah serial yang spooky dan paling kreatif yang layak untuk ditonton di semester pertama tahun ini. Cerita nan mendebarkan, penyajian cerita yang cukup hati-hati, dan kaya akan momen-momen mengerikan membuat serial ini layak tonton bagi pecinta serial misteri.

-OVERVIEW-

GenreCrime, Drama, Mystery
NetworkHBO
Tanggal Tayang12 Januari 2020
PenulisRichard Price,
Stephen King
PemainBen Mendelsohn
Cynthia Erivo
Yul Vazquez
Rating8.9 IMDB
80% Rotten Tomatoes
94% Google user

Tinggalkan Balasan