Other Overview

MacGyver (Remake): Obat Rindu Generasi ’80-an

Bagi kalian yang tumbuh besar di tahun 80-an atau ’90-an pasti ingat dengan nama judul serial ini. Sebuah nama yang melegenda dan menjadi idola pada zaman itu. Betul, MacGyver!

Sempat ditayangkan di televisi swasta Indonesia (depannya R, belakangnya I), MacGyver ditengarai membuat anak-anak jatuh cinta sama sains. Betapa tidak, kejeniusan si agen rahasia ini sungguh unik. Dibekali pengetahuan yang maha luas, MacGyver selalu bisa mencari solusi dari barang-barang remeh di sekitarnya. Nggak alat-alat aftermarket untuk melumpuhkan musuh atau kabur dari situasi terjepit.

Misalnya saja nih, ada scene dimana MacGyver membuat gas air mata sendiri dengan modal merica, cuka, dan baking soda. Ada pula momen dimana ia harus memanfaatkan kulkas bekas, baju kotor, seng, dan parasut untuk membuat balon udara!

Jenius sama kere beda dikit pokoknya…

Revival of the Genius
Dengan segala keunikan yang belum ada tandingannya hingga saat ini, tak heran CBS bernafsu untuk me-reboot MacGyver dalam kemasan yang lebih modern. Tahun 2016 adalah awal kebangkitan kembali sang legenda Angus MacGyver dijaringan televisi CBS. CBS cukup pede karena kesuksesannya me-remake sebuah serial yang terkenal pada tahun 1960, Hawaii Five-0. Merasa berpengalaman, CBS ingin mendulang emas lagi dengan memanfaatkan nostalgia.

Gambar: MacGyver. CBS

Seperti yang sudah saya tulis di depan tadi, pada serial yang aslinya, MacGyver (Richard Dean Anderson) adalah seorang agen rahasia di Amerika. Alih-alih menggunakan senjata api dan kekerasan, MacGyver lebih memilih menggunakan beberapa benda yang ada disekitarnya untuk menyelesaikan masalah.

Pada serial yang baru ini, MacGyver diperankan oleh Lucas Till. Seorang aktor muda dengan pengalaman yang sudah banyak membintangi film-film layar lebar maupun serial TV. Mungkin kalian familiar dengan wajah Lucas dalam film X-Men Trilogy.

Berbeda dengan serial MacGyver yang terdahulu, disini diceritakan MacGyver yang masih muda. Seorang pemuda yang ramah, rendah hati tetapi memiliki kecerdasan yang dirahasiakan. Bahkan kepada teman sekamarnya sendiri, Wilt Bozer, yang sering membuat suasana cair di setiap episode.

MacGyver muda tergabung dalam sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang. Salah satunya adalah Jack Dalton (George Eads), seorang agen yang lebih memilih kekerasan dan senjata api. Sangat berbeda dengan MacGyver yang lebih menyukai pendekatan tanpa kekerasaan saat menyelesaikan masalah. Walaupun berbeda cara, namun mereka berdua dapat menjadi rekan kerja yang harmonis.

Untuk karakter utama sendiri ada sedikit perbedaan yang mencolok antara yang dahulu dan yang sekarang. MacGyver yang dulu lebih menampilkan bagaimana kreatifnya dia dalam menggunakan barang-barang disekitarnya. Di serial yang baru ini, digambarkan seorang MacGyver muda yang lebih memiliki keberanian untuk melakukan aksi-aksi yang berbahaya.

Bagaimana dengan kemampuannya untuk merakit peralatan dari barang-barang sederhana? Masihkah MacGyver menggunakan pisau lipat legendarinya? Tenang, semuanya itu masih ada kok. Kita akan dibuat takjub dengan ide-ide cemerlang dan kemampuan beraksinya MacGyver.

Bagi para penggemar MacGyver, mungkin akan sedikit berpikir kok beda banget ya? Kok feel-nya beda dibandingkan dengan yang dulu ya?

Ya jelas berbeda guys. Di serial yang baru ini, Lee David Zlotoffin selaku creator bersama dengan Peter M. Lenkov ingin menonjolkan patriotisme dalam menyelesaikan pekerjaan secara briliant. Tentu dengan menyesuaikan jaman modern.

Gambar: MacGyver. CBS

Untuk para penonton veteran MacGyver, perlu penyesuaian dikit untuk menemukan alurnya. Namun setelah dua episode awal, baru akan merasakan “feel”-nya lagi. Bagi yang baru nonton ini sih enak-enak saja sejak dari episode pertama.

Salah satu aspek yang unik yang dimiliki oleh serial ini adalah pertunjukan ini lebih menampilkan momen-momen yang lucu dan menghibur meskipun ditengah-tengah kondisi yang serius. Selain itu juga pengambilan gambarnya begitu lembut dan pengaturan cahayanya lebih enak dilihat dimata.

Secara keseluruhan layak banget untuk nonton ini. Kalau liat rating diluar sana ada yang memberikan rating jelek karena mereka masih nggak bisa move on dari serial terdahulunya. Plotnya juga dirasa terlalu predictable.

Overall, MacGyver adalah tontonan action yang ringan tapi menghibur. Bener-bener jadi pelepas rindu!

Genre Action, Drama, Adventure
NetworkCBS
Tanggal Tayang Season 1: September 23, 2016
Season 2: September 29, 2017
Season 3: September 28, 2018
Season 4: February 7, 2020
Creator Lee David Zlotoffin
Peter M. Lenkov
Pemain Lucas Till
George Eads
Sandrine Holt
Rating 5.2 IMDB
6.2 TV.com
92% Google users

Tinggalkan Balasan