Netflix Overview

Ratched: Suster Gila!

Ratched adalah nama karakter ikonik yang berasal dari sebuah novel karya Ken Kesey pada tahun 1962 dengan judul One Flew Over The Cuckoo’s Nest. Saking terkenalnya novel ini, pernah diangkat menjadi sebuah film di tahun 1975. Saat ditampilkan di layar bioskop, sang pemeran Ratched diganjar penghargaan Oscar.

Lalu, siapakah Ratched itu? Mildred Ratched sebagai karakter utama serial ini, adalah seorang suster perawat. Ia datang ke sebuah rumah sakit jiwa untuk sebuah misi misterius.

The Plot

Serial ini sebenarnya menceritakan latar belakang dari Mildred Ratched, seorang suster psikiatri yang terkenal akan penyalahgunaan kekuasaan dan seorang individu yang ganas.

Ratched berusaha keras untuk masuk menjadi suster di rumah sakit jiwa Lucia yang dijalankan oleh Dr. Hanover. Ia menghalalkan segala cara untuk dapat bekerja di rumah sakit jiwa itu. Awalnya ia mengesankan jika ia bisa bekerja dengan baik dan berdedikasi.

Dapat pekerjaan yang diinginkan, Ratched segera melakukan berbagai eksperimen terhadap pasien. Beberapa diantaranya diluar nalar hingga menyerang psikis dan fisik pasien. Mulai ada korban berjatuhan akibat suster yang terlihat anggun dan perfect itu.

Tujuannya tidak terlepas dari sebuah peristiwa masuknya seorang pasien bernama Edmund Tolleson. Tolleson adalah seorang kriminal yang telah membunuh 3 orang pastor dan membuat seorang pastor yang lainnya menderita trauma.

Gambar: Ratched. Netflix (2020)

Apakah sebenarnya maksud dan tujuan dari Ratched? Apalagi yang akan dilakukan oleh suster Ratched yang terkenal dingin, penuh perhitungan dan kejam ini?

Behind The Scenes

Netflix sepertinya ingin mengulang kembali kesuksesan cerita Ratched yang pernah dibuat versi filmnya tahun 1975 silam. Untuk proyek serial kali ini, Ratched menggaet Ryan Murphy, salah satu “profesor” serial thriller. Mungkin kalian pernah juga menonton karya beliau, yaitu American Horror Story.

Artis utama serial ini tidak bisa kita lewatkan begitu saja sepertinya, karena melihat dari penampilan aktingnya sangat memukau. Sarah Paulson, dialah di balik karakter suster Ratched. Artis satu ini pernah berkolaborasi dengan Ryan Murphy di serial American Horror Story dan American Crime Story. Melalui serial American Crime Story, Paulson mendapatkan penghargaan Golden Globe sebagai artis terbaik.

Ryan Murphy sepertinya sedang dalam performa terbaiknya. Ini terbukti dengan digaetnya beberapa orang yang ahli dibidangnya. Untuk urusan sinematografi, salah satu yang dipilih adalah Nelson Cragg. Pengalamannya untuk masalah sinematografi sudah cukup bagus, terbukti dari serial ini bisa menampilkan scene yang memukau baik untuk pencahayaan, maupun sudut pengambilan gambarnya.

Our Opinion

Ciri khas dari Ryan Murphy terasa sekali di serial ini. Detail-detail diperhatikan dengan jelas, seperti pakaian, setting waktu oldies, pencahayaan, properti pendukung lainnya serta make-up. Semuanya dapet banget!

Kisahnya pun tak melulu tentang suster Ratched. Kita juga diperlihatkan berbagai kepentingan bercampur aduk, mulai dari niat tersembunyi Gubernur George Willburn, hingga konspirasi yang lebih tinggi.

Dari penampilan Sarah Paulson saja, serial ini bisa menjadi rekomendasi untuk kalian. Akting yang terkesan alami apalagi dengan raut muka yang dingin benar-benar membuat para penontonnya terpukau. Benar-benar bisa menggambarkan karakter yang alami. Sampai kita benar-benar berpikir, jangan-jangan si Sarah Paulson ini beneran psikopat…

Untuk kita, cerita yang dimiliki ini sudah cukup bagus kok dan komponen pendukung lainnya sudah pas untuk menjadi sebuah tontonan yang menghibur. Jadi langsung saja kalian tonton Ratched di Netflix guys.

GenreCrime, Drama, Mystery
CreatorRyan MurphyEvan Romansky
Tanggal Tayang18 September 2020
PemainSarah PaulsonFinn WittrockCynthia Nixon
Rating7.5 IMDB60% Rotten Tomatoes93% Google Users

One thought on “Ratched: Suster Gila!

Tinggalkan Balasan