Hulu Overview

Monsterland: Kumpulan Cerita Horor dari Hulu

Memasuki akhir bulan Oktober, artinya sebentar lagi akan ada The Mandalorian Season 2 Halloween. Pastinya akan terasa pas kalau saat ini kita mengulas serial yang bergenre horor.

Monsterland. Dari judulnya kalian pasti langsung tau bahwa serial ini akan berisi tentang makhluk-makhluk aneh maupun monster. Bakalan se-creepy apakah serial ini kalau kita tonton? Apakah hanya gimmick saja atau memang jalan cerita yang dibungkus dengan apik sehingga kita merasakan horornya?

Buat kalian yang belum tau nih tentang Monsterland, serial ini memiliki konsep cerita anthology. Apaan sih antologi? Dengan bahasa yang gampang, antologi itu adalah kumpulan cerita-cerita pendek. Yah, macam American Horror Story atau Black Mirror gitu deh. Dengan konsep ini, serial Monsterland memiliki tema cerita yang berbeda-beda di satu season-nya.

Serial ini sendiri ternyata diadaptasi dari sebuah buku yang berisi kumpulan cerita-cerita pendek, North American Lake Monsters karya Nathan Ballingrud. Dari buku itu kemudian dikembangkan oleh Mary Laws, seorang penulis muda asal Amerika Serikat, menjadi sebuah serial yang kita bahas sekarang ini.

Season satu, serial yang ditampilkan di Hulu ini terdiri 8 episode. Setiap episode memiliki judul sebuah nama tempat dari setiap kota yang berbeda di Amerika sana. Satu episodenya pun berjalan cukup panjang, dengan durasi sekitar 50-an menit. Kalau dianggap sebuah investasi yang terlalu lama, kalian nggak perlu nonton keseluruhan season kok. Namun ingat, akan ada koneksi tipis-tipis antara satu episode dengan yang lainnya.

Kalau setiap episode bakalan menyajikan sebuah cerita tersendiri, berarti setiap episode memiliki pemain yang berbeda-beda dong ya? Yup, memang seperti itu. Ada juga sih beberapa pemeran yang muncul lebih dari satu episode. Salah satunya adalah aktris muda berbakat yang pernah menjadi nominee untuk penghargaan Golden Globe, yaitu Kaitlyn Dever.

Gambar: Monsterland. Hulu (2020)

Setiap episode memiliki plot pace yang berbeda-beda juga, ada yang berjalan dengan cepat ataupun agak lambat. FYI nih, untuk episode satu awalannya terlihat begitu datar. Kalian akan berpikir, mana nih makhluk-makhluk aneh, supernatural atau monsternya. Tapi di tengah episode satu inilah kalian akan masuk ke sebuah jalan cerita yang tidak bisa kalian tebak. Selain itu juga kalian akan tau kenapa serial ini diberi judul Monsterland.

Banyak pesan yang ingin disampaikan di serial ini. Mungkin dari konklusi yang tertulis dibawah ini kalian bisa terbayang lebih bagaimana bobot dari serial ini.

“Monsterland berisi tentang kerusakan baik secara mental, fisik maupun peradaban manusia.”

Apa sih maksudnya, cerita tentang monster kok berisi tentang kebobrokan manusia? Ya inilah nilai lebih yang dimiliki oleh Monsterland. Meskipun dari judulnya kita digiring untuk berpikir bahwa cerita horor yang dimiliki ini berkaitan dengan monster dan makhluk supernatural, tetapi yang membuat serial ini terasa lebih horor lagi adalah manusianya sendiri.

Gambar: Monsterland. Hulu (2020)

Dengan hancurnya mental, moral dan akhlaknya, manusia bisa menjadi lebih mengerikan daripada binatang bahkan monster sekaligus. Itulah salah satu pesan yang ingin disampaikan di serial ini.

Jadi buat kalian yang ingin suka nonton genre horor, bisa mencoba serial ini. Yang nggak suka horor, you should try this one. Nggak terlalu ngeri kok. Cocok buat ngisi waktu halloween.

Happy streaming guys!!!

GenreDrama, Fantasy, Horror
CreatorMary Laws
Tanggal Tayang2 Oktober 2020
PemainKaitlyn Dever Jack DiFalco Erinn Anova
Rating5.5 IMDB 72% Rotten Tomatoes

Tinggalkan Balasan