HBO Overview

The Third Day: Dibikin Bingung Sama HBO

HBO hadir menyajikan kisah baru lewat serial The Third Day. Seorang pria terdampar di sebuah pulau yang memiliki banyak hal misterius. Akankah pria ini bisa selamat?

Selain cerita yang membuat para penonton berpikir, serial berjumlah enam episode ini mengusung konsep yang baru nih. Dalam ceritanya, serial ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu Summer, Fall dan Winter.

Summer terdiri dari 3 episode pertama yang menampilkan Jude Law dan Katherine Waterson sebagai bintang utamanya. Keduanya akan tampil bersamaan di bagian Fall.

Nah di bagian Fall ini yang spesial. Untuk Fall, HBO akan menyajikan sebuah teater online yang berlangsung dalam waktu yang sama dengan waktu kita selama satu hari penuh. Jadi penggabungan antara serial dan live streaming nih ceritanya.

Winter sendiri memiliki 3 episode yang menampilkan tokoh yang berbeda, Naomi Harris. Dengan tokoh yang berbeda otomatis menyajikan sebuah cerita yang berbeda juga. Tapi masih ada kaitan dengan cerita sebelumnya kok.

Behind The Scenes

Felix Barrett dan Dennis Kelly adalah sang pembuat cerita disini. Mereka berdualah yang menjadi orang dibalik munculnya konsep cerita yang baru di The Third Day.

Marc Munden menjadi sutradara untuk 3 episode pertama. Dari pengalaman dan hasil kerjanya, Munden sudah mendapatkan 3 kali penghargaan dari BAFTA dan 7 kali masuk nominasi. Banyak film dokumenter dari BBC yang disutradarai oleh dirinya.

Sutradara yang tidak kalah mumpuni dipercaya untuk 3 episode terakhir. Dialah Philippa Lowthorpe. Dialah satu-satunya sutradara perempuan yang mendapatkan penghargaan sebagai Best Director di BAFTA. Tidak tanggung-tanggung dua penghargaan di dapatnya melalui 2 judul yang berbeda.

Katherine Waterston menjadi bintangnya disini. Artis yang dikenal melalui perannya di film Fantastic Beast serta Alien: Covenant memerankan Jess, seorang wanita Amerika yang mempelajari tradisi kuno.

The Plot

Sam adalah seorang ayah dan suami yang sedang merasa kesendirian. Dia melakukan perjalanan sendirian. Ditengah jalan, dia melihat dua orang anak laki-laki dan perempuan sedang melakukan sesuatu. Ternyata si gadis akan menggantung dirinya. Sam pun bergegas menyelamatkannya. 

Setelah menyelamatkan gadis itu yang bernama  Epona, Sam mengantar anak ini untuk pulang ke rumahnya. Ternyata rumahnya ada di sebuah pulau bernama Osea. Pulau ini hanya bisa bisa diakses melalui sebuah jalan yang bisa dilewati waktu tertentu saja.

Gambar: The Third Day. HBO (2020)

Setelah sampai di pulau itu, dan mengantarkan gadis itu, Sam merasakan bahwa pulau itu terlihat familiar meskipun dia belum pernah kesana. Para penduduk ternyata sedang melakukan persiapan untuk menyelenggarakan sebuah festival. 

Sam harus menelepon keluarganya, tetapi di pulau itu sinyal komunikasi tidak begitu lancar. Akhirnya dia mendapatkan sebuah pertolongan dari pemilik penginapan untuk menggunakan telepon di penginapannya. Dia pun juga menawarkan Sam bantuan tempat untuk menginap semalam.

Di sini, Sam bertemu dengan Jess, seorang wanita yang mempelajari tradisi festival kuno yang akan diselenggarakan para penduduk pulau Osea.

Saat di pulau Osea, dia melihat anak laki-laki yang dia lihat sebelumnya dan Sam berusaha untuk mengejarnya tetapi gagal. Dia malah mendengar penduduk lokal berbicara tentang Epona dan campur tangan Sam. Hal-hal aneh dan mencurigakan mulai dirasakan oleh Sam disini.

Our Opinion

Buat yang senang genre “what’s real and what’s not” serial ini patut ditonton. Selain alurnya yang unik, penonton juga perlu konsentrasi agar dapat mengerti jalan ceritanya yang penuh plot twist. Saran kami sih kalau nonton The Third Day nggak perlu binge-watching supaya bisa dapet atmosfernya. Dan yang terpenting, supaya tidak kewalahan memahami detail plot yang tersaji.

The Third Day memiliki jajaran cast yang luar biasa. Jude Law terutama. Aktor Hollywood ini sudah kerap kita saksikan di film-film box office semacam Captain Marvel, Sherlock Holmes, dan lain sebagainya. Jadi, kualitas akting tidak perlu diragukan deh.

Happy streaming guys!!!

GenreDrama, Mystery
CreatorDennis Kelly Felix Barrett
Tanggal Tayang14 September 2020 (HBO)
PemainKatherine Waterson Emily Watson Paddy Considine
Rating6.8 IMDB 75% Rotten Tomatoes 67% Metacritic

Tinggalkan Balasan