Apple TV Overview

Serial Thriller Remake Apple TV+ ‘The Mosquito Coast’

Apple TV+ makin menggeliat aja nih sepertinya. Setelah menggebrak dengan See dan Ted Lasso, kali ini kita akan membahas sebuah serial baru Apple TV+ yang dulu pernah tayang dengan judul sama di layar lebar sekitar tahun 1986. Yup, sebuah serial remake.

Film The Mosquito Coast dulu dibintangi oleh Harrison Ford dan mendapat perhatian dari para penontonnya. Kini setelah 35 tahun berselang, sepertinya sudah saatnya untuk disajikan dalam bungkus yang baru. Inilah yang dilihat oleh Apple TV+.

Mari kita lanjut kupas tipis-tipis serial ini.

Behind The Scene

Buat kalian, pasti ngga kbanyak yang tahu The Mosquito Coast versi 1986. Sebenarnya film itu berdasarkan sebuah cerita novel karangan dari seorang novelis sekaligus penyuka travelling, Paul Theroux. Dari buku karangannya dengan judul yang sama, Paul Theroux mendapat penghargaan yang bergengsi di Inggris.

Untuk mengadaptasinya menjadi sebuah serial, dua orang kreator ditunjuk untuk membuat dan mengembangkan naskah ceritanya. Mereka adalah Tom Bissell dan Neil Cross.  

Tom Bissell sendiri tidak banyak berkecimpung dalam pengembangan cerita untuk sebuah film atau serial. Beliau lebih banyak memiliki pengalaman sebagai seorang penulis untuk cerita-cerita dalam video game. Sementara Neil Cross sendiri lebih banyak pengalaman untuk menjadi penulis film atau serial. Yang membuat namanya terkenal adalah sebuah serial dari tahun 2010 hingga 2019 yaitu Luther.

Untuk pemeran utamanya, dipilihlah Justin Theroux. Kok hampir sama dengan penulis novelnya? Memang, karena mereka memiliki hubungan kerabat, paman dan keponakan. Apakah dia dipilih hanya karena memiliki hubungan kerabat aja? Ternyata tidak kok. Justin memiliki banyak pengalaman di dunia hiburan. Dia pun pernah mendapatkan penghargaan Primetime Emmys.

The Plot

Cerita The Mosquito Coast berpusat pada keluarga Fox. Allie Fox (Justin Theroux), seorang yang jenius tetapi kehidupannya bisa dibilang cukup sederhana. Bersama dengan istri, Margot Fox, dan kedua anaknya, Dina dan Charlie Fox, tinggal di daerah pinggiran. Mereka berusaha untuk hidup tanpa mengikuti perkembangan zaman, tidak ada telepon ataupun handphone. Semua ini dilakukan agar mereka tidak mudah dilacak. Kenapa? Apakah karena Allie Fox tidak percaya kepada pemerintahan?

Mereka berempat memiliki kehidupan yang harmonis, hanya Allie dan Dina yang terlihat memiliki hubungan yang agak renggang.

Suatu waktu, saat Allie dan anaknya Charlie bepergian, mereka menyadari bahwa ada yang membuntuti mereka berdua. Sadar akan ada orang yang membuntutinya, Allie berusaha untuk melepaskan diri. Dia pun berhasil dan kembali ke rumahnya. Sesampainya di rumah, istri dan anak perempuannya diberi tahu untuk segera bersiap meninggalkan rumah dan mengungsi. 

Ada satu kejadian tak terduga, Dina menggunakan telepon dan melarikan diri hingga membuat masalah di pelarian mereka menuju ke Mexico.

Our Opinion

Apa yang sebenarnya terjadi sehingga keluarga ini dikejar-kejar layaknya mangsa? Awal-awal kita tidak akan mengerti apa yang terjadi. Serial ini menggambarkan sebuah keluarga kecil Amerika yang tinggal di daerah terpencil layaknya keluarga yang lain. 

Perlahan latar belakang cerita mulai diungkapkan seiring dengan berkembangnya cerita dan karakter di dalamnya. Bisa dibilang, penyajian cerita dan pengembangannya berjalan dengan mulus, thanks to Tom Bissell dan Neil Cross.

Penampilan dari Justin Theroux pun begitu mempesona disini. Dia bisa memerankan seorang Allie Fox yang jenius tetapi begitu anti terhadap pemerintah. Melakukan apapun untuk melindungi keluarganya.

Penampilan yang tidak kalah apik malah dibawakan oleh Logan Polish yang memerankan sang anak perempuan Dina Fox. Adu aktingnya dengan Justin dalam memerankan hubungan anak dan ayah yang renggang begitu nyata terlihat dan tidak terkesan kaku.

Secara keseluruhan, cerita tentang keluarga Fox yang disajikan dalam 7 episode ini benar-benar memberikan hiburan yang menarik untuk kita tonton.

Cuss langsung streaming deh di Apple TV+.

GenreAdventure, Drama, Thriller
CreatorTom Bissell Neil Cross
Tanggal Tayang30 April 2021
PemainJustin Theroux Melissa George Logan Polish
Rating7.1 IMDB 61% Rotten Tomatoes 73% Google Users

Tinggalkan Balasan