Disney Overview

Serial Adaptasi Novel Horor Remaja ‘Just Beyond’, Recommended?

Generasi ‘90an pastinya familiar atau paling tidak pernah mendengar judul novel Goosebumps & Fear Street. Ada yang tebak apa persamaannya? Yup betul. Keduanya lahir dari tangan penulis R.L. Stine. Penulis kawakan yang satu ini memang terkenal dengan buku-buku horor remaja. Meski sudah tidak booming lagi, nyatanya karya R.L. Stine masih laku untuk dijadikan film ataupun serial. Yang terbaru, serial Fear Street (Netflix) bahkan sukses mendapat nilai bagus di kalangan media review

Nah kali ini karya R.L Stine yang diangkat menjadi serial adalah Just Beyond. Mungkin terdengar asing ya, dibanding Goosebump atau Fear Street. Seingat saya, buku Just Beyond memang tidak dirilis di Indonesia. Lalu tentang apakah Just Beyond ini?

Tidak Jauh Dari Kisah Horor

Masih mengusung tema horor remaja, Just Beyond dirilis Disney+ dalam bentuk serial antologi. Artinya kedelapan episode berdiri sendiri-sendiri. Karena targetnya untuk remaja, kisah horor yang dihadirkan cukup light. Tidak ada visualisasi kekerasan fisik atau gore disini, jadi horornya lebih menyerang ke psikologis.

Dibuat oleh Seth Grahame-Smith, kedelapan episodenya didominasi oleh aktor remaja yang terjebak dalam masalah-masalah seperti anxiety, perundungan, dan sisi gelap media sosial. Ada juga kisah yang memancing emosi seperti kepergian orang tua.

Konsep antologi memang membuat cerita yang dihadirkan berbeda-beda di tiap episodenya. Artinya, ada yang bagus tapi ada pula yang ceritanya lemah. Menurut saya, mungkin episode terkuat dipegang oleh episode “My Monster”. Dalam episode tersebut diceritakan seorang remaja bernama Olivia yang sepertinya berhasil menangani perasaan pasca orang tuanya bercerai. Pindah ke rumah masa kecil ibunya yang memiliki vibe horor, Olivia diteror oleh sosok mengerikan. Bersama Graham, sang tetangga, Olivia berusaha menguak siapa sosok misterius tersebut.

Our Opinion

Just Beyond memang bukanlah adaptasi terbaik dari karya R.L. Stine. Penyebabnya, cerita yang predictable dan terasa setengah-setengah. Mungkin akan mengecewakan bagi penonton yang mengharapkan kisah horor nan intens. Namun untuk penonton horor “pemula”, rasanya akan cocok saja menikmati serial yang tayang di Disney+ ini.

enreFantasi
Horor
Creator Seth Grahame-Smith
Tanggal tayang13 October 2021
Rating5.9 IMDB

Tinggalkan Balasan