Overview

CSI Vegas 2021: Kembalinya Era Serial Kriminal Prosedural?

Pecinta TV series pasti pernah menonton atau setidaknya mendengar judul Crime Scene Investigation (CSI). Meski bukan pionir, judul yang satu ini merupakan serial kriminal prosedural paling populer di jamannya. Berlangsung selama 15 tahun, CSI diawali dengan seri Vegas dan memiliki beberapa spin-off seperti Miami, Los Angeles, dan Cyber. 

Saya sendiri mengenal serial TV western ya dari CSI Vegas. Dari situlah kecintaan ke serial tv mulai muncul. Pokoknya memorable deh serial yang satu ini. Enam tahun sejak episode terakhirnya, CSI Vegas dibangkitkan lagi oleh kanal CBS. Yang spesial kali ini, para pemeran original ikut muncul kembali.

Kembalinya sang Legenda

Daya tarik CSI Vegas ada di tangan aktor William Petersen dan Jorja Fox. Keduanya berhasil membangun chemistry di balik karakter Gil Grissom dan Sara Sidle. Namun kepergian William Petersen dari CSI Vegas season 9 memang cukup membuat fans bersedih. Kini keduanya kembali untuk membangun lab kriminal bersama wajah-wajah baru.

Selain William Petersen dan Jorja Fox, nama lawas yang muncul ada Wallace Langham serta Paul Guilfoyle. Wallace Langham berperan sebagai David Hodges si teknisi lab, sedangkan Paul Guilfoyle adalah seorang detektif kawakan.

CSI Vegas versi 2021 memulai episode pilot dengan menegangkan. Kasus pertama yang melibatkan seorang mayat dengan kepala terpisah langsung memberi kesan CSI is back! Ditambah pengenalan kembali hubungan Gil Grissom dan Sara Sidle yang cukup mengesankan. Para fans pastinya tahu mereka adalah dynamic duo nan unik, sebab Grissom adalah orang kaku yang berlandaskan sains, sedangkan Sidle merupakan seorang yang intuitif.

For better or worse, CSI Vegas masih mempertahankan formula yang membuatnya booming selama 15 season berjalan: para investigator berusaha memecahkan kasus dengan alat-alat canggih, bekerja sama dengan polisi, sembari menyelidiki satu kasus besar sepanjang season yang tersembunyi di balik kasus-kasus kecil di tiap episodenya. 

Kisah besar yang diangkat di season ini adalah Gil Grissom berusaha menyelidiki apakah salah satu kolega lamanya berubah menjadi pengkhianat dengan sengaja menanam barang bukti dan mengarahkan ke tersangka yang salah. Setup cerita ini pastinya menarik bagi para veteran karena membuat kita bertanya-tanya, apakah ada karakter familiar lain yang akan muncul? 


Dengan perkembangan serial televisi yang cukup signifikan dibanding 15 belas tahun lalu, apakah formula klasik prosedural seperti CSI ini bisa survive? Sepertinya bakal sulit. Namun apapun itu, patut diapresiasi langkah dari CBS untuk memanjakan para fans CSI dengan merilis Vegas 2.0.

GenreCriminal
Procedural
CreatorJason Tracey
Tanggal tayang06 October 2021
PemainWilliam Petersen
Jorja Fox
Paul Guilfoyle
Wallace Langham
Rating7.7 IMDB
80% Rotten Tomatoes

Tinggalkan Balasan