Review

[REVIEW] WESTWORLD SEASON 1 EPISODE 4: DISSONANCE THEORY

Pamor serial TV minggu ini agak menurun akibat serial zombie-yang-satu-itu memenuhi jagat raya. Tapi hal tersebut tidak membuat Westworld berhenti meninggalkan kesan apik. Episode keempat mengacu pada tajuk tendensi manusia untuk mengeliminasi inkonsistensi di dalam kepercayaan dan opini mereka. Yup, inilah Westworld: Dissonance Theory.

Dengan banyak plot misterius, Westworld menjelma bagaikan sebuah legenda dimana orang berlomba mencari-cari teori tentang kebenaran jalan ceritanya. Memang hingga episode ke-4, Westworld terasa berjalan sangat lambat, tetapi di satu sisi juga menarik. Dissonance Theory menyoroti tentang petualangan Pria Berjubah Hitam, Maeve, kisah William dan Dolores, serta sedikit penjelasan (atau malah pertanyaan?) tentang simbol Orion di episode lalu.

Episode dimulai, lagi-lagi dengan adegan Bernie mewawancarai Dolores. Momen emosional antara mereka berdua sudah terdevelop lama, menunjukkan kesan jika Bernard akan punya peran untuk membuat para host “bebas” ketika mereka sudah mengerti situasi yang sebenarnya. Terutama mengenai host yang mulai punya kesadaran.

Kita tahu di satu waktu akan ada saat dimana para host menjadi pemberontak. Acara ini sudah mengindikasikan hal tersebut sejak episode perdana, namun penulis cerita tampak masih santai mengupasnya secara perlahan. Progress paling terlihat adalah dari sudut pandang Maeve dan Dolores.

aliansi

Di episode ini Maeve banyak melakukan flashback. Maeve lebih proaktif dalam usaha menemukan jawaban siapakah dibalik manusia berbaju serba putih menggunakan topeng yang selalu datang ketika ada host mati, termasuk saat ia tewas ditembak di loop sebelumnya. Saat Hector datang ke klub tempat Maeve bekerja, ia memperlihatkan sebuah sketsa. Maeve ingin Hector membantu dengan balasan akan memberikan kombinasi angka dari brankas rahasia. Selanjutnya Maeve ingin membuktikan jika ia tidak gila. Caranya? Maeve memaksa perutnya dibeleh oleh Hector agar sang bandit bisa menggali peluru hasil dari loop sebelumnya. Hector ternyata juga tahu sosok manusia berbaju putih dan menyebutnya “the man who walks between worlds”. Pertanyaannya, apakah Hector diprogram untuk tahu sosok tersebut atau Hector juga sudah mulai “sadar” seperti Maeve dan Dolores?

Bagian Dolores di episode ini juga lumayan fresh. Akhirnya kita melihat dia keluar dari loop. Dolores banyak menghabiskan waktu dengan William. Selain itu, dia menerima rasa sakit yang ditimbulkan akibat orang tuanya dibunuh karena hal tersebut membuatnya lebih lengkap secara emosi. Dolores juga membuat improvisasi tentang cinta ketika Bernie mewawancarainya. Akting Evan Rachel Woods tak henti-hentinya memukau. Luar biasa ketika ia bisa terlihat begitu emosional, lalu tiba-tiba disuruh bermuka datar oleh Bernie.

Yang mengejutkan ternyata Pria Berjubah Hitam tahu tentang Arnold—partner Dr. Ford. Dia juga tahu jika Arnold tewas di Westworld. Di sepanjang episode Pria Berjubah Hitam terus mencari kebenaran dari the maze bersama tawanannya, Lawrence. Ia percaya the maze sebagai cerita final warisan Arnold. Menariknya penampakan tentang peta the maze juga muncul dalam ingatan Dolores saat ia mengunjungi desa tempat kediaman Lawrence. Saat itu ada seorang anak perempuan menggambar the maze di pasir. Meski demikian, kita masih belum tahu apa sebenarnya yang disembunyikan di dalam the maze.

Pria Berjubah Hitam juga membantu seorang wanita dengan tato ular bernama Armistice. Ia ingin membantu dalam misi menjebol penjara untuk membebaskan Hector. Sebagai gantinya Armistice harus memberi informasi tentang tato ular miliknya. Sepertinya sih erat berhubungan dengan Wyatt—villain dari narrative baru buatan Dr. Ford. Apakah Wyatt menyimpan informasi penting mengenai the maze?

Mungkin bagian yang paling menarik adalah ketika Hector Escaton kembali beraksi di episode ini. So far, karakternya punya equipment paling menarik di Westworld, baik dari senjata maupun pakaiannya. Terlihat sangat manly.

renovasi

Di sisi lain, Theresa terlihat duduk bersama dan makan siang bersama Dr. Ford. Theresa ingin menggali proyek misterius Dr. Ford. Theresa juga mengkonfrontir kelakuan storyline buatan Dr. Ford yang berpotensi membuat marah para pemegang saham. Karakter banyak dimodifikasi, storylines juga berubah drastis. Para staf pun juga komplain. Memang bukan sebuah diskusi yang baik karena Ford tetap pada pendiriannya. Btw, bagian yang lebih menarik justru setting tempat restoran yang berada di dalam taman Westworld ditambah pemandangan pembangunan Westworld menggunakan alat-alat super besar.

Overall Score: 7

GeNocite

  • Hector Escaton…Hector Escaton… Entah kenapa nama ini begitu menancap. Terdengar menyenangkan untuk diucapkan.
  • Ada Teddy lho! Nasibnya kurang beruntung karena sedang sekarta dan tergantung. Ia bahkan memohon untuk dibunuh agar tidak menderita lagi.
  • Logan semakin menyebalkan.
  • Staf Westworld ternyata bisa mengubah kelakuan host secara real-time!
  • Bernard mengkonfirmasi jika simbol yang ditemukan oleh Elsie dan Stubbs minggu lalu bukanlah simbol Orion! Nah loh…

Tinggalkan Balasan