Review

[REVIEW] WESTWORLD Season 1 Episode 5: Contrapasso

Nyaris kehilangan minat di empat episode terakhir, “Contrapasso” berhasil membawa saya kembali penasaran dengan dongeng yang diceritakan. Ada banyak hal menarik terjadi dengan penggambaran visual yang sarat akan aksi. Secara cerita, Westworld benar-benar menjadi seperti the maze (labirin); sulit untuk menemukan kemana tujuan akhirnya.

Man in Black (MIB)

MIB melanjutkan cerita minggu lalu, dimana ia masih menyeret Lawrence dan Teddy untuk mencari Wyatt. Teddy dalam keadaan sekarat dikuatirkan tidak bisa selamat sampai tujuan karena kehilangan banyak darah. Seperti memberi ide, MIB justru menggorok leher Lawrence, menggantungnya di pohon secara terbalik, lalu menampung darahnya untuk ditransfusikan ke Teddy. Scene ini epik banget!

Ingatkan saya lagi, apakah anak kecil yang dijumpai MIB adalah sosok yang sama dengan anak laki-laki yang diajak ngobrol oleh Ford di beberapa episode lalu? Teori yang berkembang, anak tersebut adalah versi cilik dari Ford, terlihat dari pakaiannya yang “khas”.

Anyway, tidak peduli apa tipe darah Lawrence, Teddy berhasil selamat karena tindakan P3K dari MIB. Teddy resmi menjadi partner MIB. Ketika mereka sampai di sebuah bar untuk beristirahat dan minum-minum, mereka justru bertemu dengan… Dr. Robert Ford! Wow, pertemuan yang tak disangka akan terjadi. Dua aktor kawakan Ed Harris dan Anthony Hopkins berada di satu layar. Sangat menarik.

MIB mengenali Ford, bahkan menyebut namanya. Tidak hanya itu, dari scene ini kita jadi tahu kalau MIB terlibat cukup dalam dengan sosok bernama Arnold dan paham akan tujuan Arnold yang ingin menghancurkan Westworld.

Ford tertarik dengan fokus MIB dalam mencari the maze, mempertanyakan apa yang akan ditemukan disana. MIB justru tertantang dengan storyline baru kreasi Ford tentang “Wyatt”, sembari berandai-andai apakah ada lawan seimbang untuk MIB di Westworld ini. MIB sempat mengancam Ford dengan pisaunya, tapi Teddy taktis sekali menggenggam bilah pisau itu. Semakin mengukuhkan teori jika para host sudah diprogram untuk melindungi Ford.

Sebelum ini saya sempat mengira jika MIB hanyalah orang kaya yang jadi langganan Westworld semata. Ternyata di episode ini MIB menguak fakta jika dulu ia menolong Ford dalam menutupi fakta tentang motivasi Arnold. Sayangnya, kini MIB justru ingin menyelesaikan visi Arnold dengan bersikeras menuju the maze.

Dolores, William, dan Logan

Trio kesayangan kita (duo sebenarnya, Logan tidak termasuk) melanjutkan perjalanan ke kota bernama Pariah. Sebuah kota yang letak dan karakteristiknya cukup berbeda dengan Sweetwater. Mereka tiba disana atas petunjuk dari Slim untuk mengambil hadiah. Yang menguasai Pariah adalah El Lazo.

trio

Menariknya, El Lazo adalah Lawrence yang sebelum ini sudah dibunuh oleh MIB. Mengapa Westworld menduplikasi tubuh seseorang? Sepertinya kok tidak mungkin. Teori paling masuk akal adalah selama ini Westworld diceritakan dalam timeline yang berbeda. Jadi, plot MIB dan William tidak berjalan beriringan. Apakah benar jika William itu versi muda dari MIB? Atau El Lazo hanyalah hasil dari rotation narrative di hari sebelumnya? Hmm…

Di Pariah ada potensi terjadi perang antara Confederates dan Union. Logan ingin bergabung dengan faksi Confederates dan terlibat dalam peperangan untuk menemukan tantangan baru. Sebelum itu terjadi, El Lazo mempekerjakan Wiliam, Logan, dan Dolores untuk membajak kereta Union yang mengangkut nitroglycerin. Misi berjalan cukup sukses, namun Slim harus mati karena skenario yang tidak terduga. Di scene para prajurit Union cukup beringas dalam melawan guest. Bahkan Logan sukses dibuat terpojok sebelum William menyelamatkannya.

Kembali dari misi, William dan Logan disuruh beristirahat di tempat prostitusi milik El Lazo. Mirip sekali dengan karakter Littlefinger dalam serial Game of Thrones. Untuk membuat lebih menarik, Westworld menunjukkan scene sangat vulgar yang nyaris absen di empat episode sebelumnya. Logan (dan penonton) sangat menikmati suasana itu, tapi tidak dengan Dolores dan William. Bahkan Dolores mengalami halusinasi yang membawanya pada clue tentang the maze. Melalui pengalaman yang tidak menyenangkan untuk dilihat.

Ingin lari dari halusinasi, Dolores justru menemukan jika El Lazo menukar nitroglycerin dengan alkohol. Mereka memompa nitro ke dalam sejumlah mayat, dan berniat untuk menyelundupkannya ke tempat lain. Dolores lalu memberitahu William. Nyawa mereka jelas dalam bahaya!

Sebelum Dolores memberitahu William, Logan dan William terlibat adu mulut bahkan nyaris adu fisik. Perkataan Logan yang menyebut “William bukanlah ancaman untuk siapa-siapa” membuat William naik pitam. Menarik untuk melihat William menjadi agak agresif terhadap Logan di episode ini. Ketika Dolores dan William dihadang oleh segerombolan bandit, Dolores menyelamatkan William. Dolores sukses menembak beberapa orang sekaligus menggunakan pistol dengan gaya yang stylish pula! Keren banget melihat Dolores menjelma menjadi badass.

Kebangkitan di Delos?

Felix dan Sylvester adalah pekerja di Delos dengan tipe butcher. Mereka mendapat porsi lebih di episode Contrapasso. Sylvester mengetahui Felix diam-diam berlatih coding dengan burung sintetis menggunakan behavior tablet curian. Sylvester melarang Felix melakukan itu karena takdir Felix adalah sebagai butcher. Tunggu, apakah ada sistem kasta berlaku di luar Westworld? Primitif sekali.

Suatu ketika Felix diam-diam berlatih sendirian. Sukses menerbangkan burung, ia dikagetkan dengan sosok Maeve yang bangkit dari kematian! Padahal Felix tahu jika tidak semestinya Maeve bisa hidup. Episode ditutup dengan nuansa horor saat Maeve ingin berbicara dengan Felix.

elsie

Well, dengan berbagai adegan menegangkan yang dihadirkan, Contrapasso layak mendapat rating lebih tinggi ketimbang episode sebelumnya. Banyak pertanyaan yang masih belum terjawab, namun Westworld terlihat lebih fokus dengan jalan cerita the maze. Perubahan karakter Dolores dari perempuan tak berdaya menjadi ahli menembak tentu saja sangat mengejutkan. Visualisasi tentang halusinasi yang dialaminya cukup menarik. Di lain pihak, Terpisahnya Logan dan William membuka babak baru bagi mereka.

OVERALL SCORE: 8.5

GeNocite

  • Elsie menemukan sinyal pemancar satelit ditanam di host yang menyerang dirinya beberapa waktu lalu. Siapa yang selama ini menyelundupkan informasi Westworld? Untuk apa?
  • Ada yang baru dengan adegan pembuka. Bukan lagi Dolores dan Bernie.

Tinggalkan Balasan