Review

[REVIEW] WESTWORLD Season 1 Episode 7: “Trompe-l’œil”

SPOILER ALERT! Harap menonton episode “Season 1 Episode 7: Trompe-l’œil” sebelum lanjut membaca ulasan di bawah ini

“Trompe-l’oeil” bukanlah sebuah dedikasi untuk kemenangan Donald Trump pada pilpres AS beberapa waktu lalu. Diambil dari bahasa Perancis, trompe-l’oeil berarti ilusi visual sebuah karya seni, khususnya untuk mengelabui mata saat melihat karya dua dimensi seolah-olah terlihat sebagai obyek tiga dimensi. Pas sekali dengan plot besar yang terungkap di episode ini.


DELOS vs. Ford

Di episode 6, kita mengetahui jika Theresa menyelundupkan data keluar dari Westworld, menggunakan pemancar yang ditanam di dalam tubuh host. Di episode ini kita tahu kelanjutannya bahwa ternyata dewan petinggi DELOS juga turut bermain disitu. Mereka mencoba mencuri kode Ford dan menggunakannya untuk memaksa Ford lengser. Mereka kuatir jika langsung melengserkan Ford, sang kakek eksentrik itu dapat menghancurkan seluruh kode pembuat host.

westworlds01e07_1

Rivalitas antara Ford dan perusahaan tempatnya bernaung menambah kompleks dalam cerita Westworld. Di episode ini diperlihatkan jika Charlotte Hale, eksekutif direktur DELOS memperlihatkan bukti jika kreasi Ford sangatlah berbahaya. Hale menggunakan host Clementine sebagai contoh.

Kelakuan Clementine yang berbahaya dijadikan alat untuk memecat Bernie sebagai langkah pertama. As a programmer, Bernie bertanggung jawab atas host, terutama mengenai update ‘reveries’ yang diminta langsung oleh Ford. Update tersebut yang menyebabkan para host bisa mengingat masa lalu dan membalasnya. Reveries mengubah kode dasar yang sejak awal ditanam di dalam host. Dewan perusahaan tidak dapat mentolerir kesalahan yang sangat fatal ini.


Bernard “Bernie” Lowe adalah…

Di dalam karya literasi, “karakter dua dimensi” digunakan untuk menggambarkan karakter dengan minim kedalaman, logis, dan sangat predictable. Bernie adalah salah satunya. Dari awal Westworld tayang, karakter ini tidak banyak dikulik masa lalunya sehingga menjadikan dia sebagai karakter dengan cerita paling “lurus.” Namun kalau kalian rajin mencari info konspirasi serial Westworld, pasti familiar dengan salah satu teori yang menyebut jika Bernie adalah seorang host. Benarkah demikian? Dan jawabannya bisa didapat di episode ini.

Banyak dari kita sudah curiga jika—paling tidak—ada satu pegawai Westworld yang merupakan host, sengaja ditanam untuk kepentingan petinggi perusahaan seperti Dr. Ford. Kecurigaan itu benar adanya setelah Bernie diungkap sebagai host pembantu Dr Ford.

Terungkapnya identitas Bernie memang harus ditunggu sampai akhir episode, namun kita sudah mendapat clue dari awal saat scene flashback Bernie dan anaknya ditampilkan. Scene saat Bernie terbangun dari tidur mirip sekali dengan posisi Dolores dan Maeve yang sempat menjadi opening di episode-episode lalu.

Selanjutnya semakin jelas ketika Bernie mengajak Theresa ke rumah rahasia Ford di taman Westworld. Theresa jelas bingung kenapa rumah itu tidak terdeteksi, dan Bernie menjelaskan jika petugas survey taman adalah host. Para host tidak bisa menemukan rumah tersebut karena mereka sudah diprogram sedemikian rupa. Host tidak bisa melihat hal-hal yang tidak seharusnya dilihat.

westworlds01e07_4

Theresa menemukan sebuah pintu. Anehnya Bernie tidak melihatnya, padahal jelas-jelas ada pintu disana. Nah, mulailah kecurigaan penonton semakin besar kalau Bernie sudah diprogram. Anehnya lagi, Theresa tidak curiga dengan respon Bernie jadi ia nyelonong masuk melalui pintu misterius itu.

Di dalam, ada mesin pembuat host dan tumpukan kertas blueprint dari host. Theresa melihat kertas-kertas tersebut, lalu menemukan ada Dolores, lalu gambar Bernie. Theresa langsung pucat pasi. Dia coba menujukkan gambar itu ke Bernie, tapi Bernie tidak mengenali. Kemudian entah dari mana Ford tiba-tiba muncul.

Maksud Ford sudah jelas, ia ingin menyingkirkan Theresa. Bernie sengaja menggiring Theresa ke tempat itu dan selanjutnya wanita itu dibunuh dengan keji oleh Bernie atas perintah Ford. Yup, sejak episode lalu pergerakan petinggi perusahaan untuk melengserkan Ford memang sudah terlihat jelas. Theresa jadi salah satu dalangnya. Ford tidak ingin diturunkan, apalagi menyerahkan hasil karya yang sudah ia bangun susah payah bersama Arnold.

Cukup menyenangkan melihat perubahan dalam diri Bernie. Sosok yang kalem berubah menjadi pembunuh berdarah dingin. Tidak ada yang tahu kalau Bernie adalah alat milik Ford selama bertahun-tahun. Pertanyaan selanjutnya, Bernie terlihat beberapa kali mewawancara Dolores secara diam-diam. Untuk tujuan apa? Atas kesadaran sendiri atau perintah seseorang? Masih harus ditunggu jawabannya di episode-episode mendatang.

Rest in Peace, Theresa…


 William & Dolores Menuju Ujung Dunia

Perkembangan besar juga terjadi pada duo William dan Dolores. Sempat bercinta di dalam kereta, William mengakui jika di luar sana sudah ada calon istri menunggu. Namun ia juga berkata bahwa sangat kesepian di dunia nyata dan merasa bisa menjadi diri sendiri di Westworld. Wow, sebagai karakter yang awalnya ogah-ogahan, ternyata William berubah 180 derajat!

Keadaan berubah buruk ketika mereka memasuki teritori Ghost Nation; sebuah suku Amerika asli yang punya tampilan dan sifat mengerikan. Namun ancaman pertama justru datang dari Confederados. Melalui aksi kejar-kejaran menggunakan kuda, William, Dolores, dan El Lazo terlibat aksi paling seru di episode ini.

westworlds01e07_2

Lolos dari suku Ghost Nation dan Confederados, William dan Dolores memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju ujung Westworld, terpisah dari El Lazo. Sebuah teritori yang menurut El Lazo belum pernah terjamah oleh siapapun. Akan menarik juga mengikuti kemana perjalanan pasangan William/Dolores. Misteri apa yang ada di ujung Westworld?


Pemberontakan Maeve

Tak banyak yang bisa dikulik dari Maeve di episode ini. Ia kembali ke storyline, namun ditengah cerita, kru Westworld mendatangi Mariposa Saloon bertujuan untuk mengambil salah satu host. Semua host dalam mode freeze, well, kecuali Maeve. Yup, hal ini dimungkinkan karena stats miliknya sudah di-upgrade secara ilegal oleh Felix dan Sylvester. Sempat mengira ia akan diambil, ternyata kru memilih Clementine.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, Clementine digunakan sebagai boneka oleh Hale untuk demonstrasi kecacatan program Bernie. Saat kejadian tersebut terjadi, Maeve juga ada disana melihat semuanya. Seperti jadi pemicu, Maeve kemudian merencakan plot besar untuk benar-benar keluar dari Westworld. Tentu saja dengan bantuan Felix dan Sylvester. Akankah Maeve menyebabkan bencana besar bagi DELOS?

Well, pengungkapan identitas Bernie memang cukup memuaskan. Pertama kalinya diperkenalkan sebagai host yang berdarah dingin. Namun kalau boleh memilih, Dr. Ford adalah juaranya. Anthony Hopkins menunjukkan kualitasnya sebagai aktor senior. Karakternya benar-benar jenius. Bahkan beberapa petinggi-pun tak bisa menyingkirkan orang tua itu.

Masih ada tiga episode lagi untuk menjawab semua pertanyaan yang tersisa. Misteri masih banyak!

OVERALL SCORE: 8.7

GeNocite

  • Nasib Elsie masih misterius.
  • Menarik jika “Ghost Nation” dikulik lebih lanjut, sehingga bukan sekedar numpang lewat.
  • Charlotte Hale, karakter yang tiba-tiba menjadi sangat annoying. Permusuhan dengan Ford membawa warna baru. Villain vs. villain?

Tinggalkan Balasan