Review

[REVIEW] WESTWORLD Season 1 Episode 8: “Trace Decay”

SPOILER ALERT! Harap menonton episode “Season 1 Episode 8: Trace Decay” sebelum lanjut membaca ulasan di bawah ini

Adegan pembuka langsung membawa kita pasca ending episode 7. Terlihat betapa emosional Bernie yang menderita dan merasa bersalah telah membunuh sang kekasih, Theresa. Bernie punya seribu alasan logis untuk marah kepada Ford. Namun Ford justru mengatakan jika Bernie seharusnya bangga karena emosi tersebut adalah hasil karya Bernie sendiri. Ya, jangan lupa kalau Bernie adalah host.


DELOS

Teori Bernie sebagai host sudah menjadi populer jauh sebelum episode 8 mengudara. Namun dia bukanlah host seperti pada umumnya. Bernard adalah host yang dapat mengontrol host lain melalui komando suara—bukan dengan tablet seperti kebanyakan kru teknis lain. Dia dibuat oleh Ford untuk membantu mendesain host. Meski Bernie lebih digdaya ketimbang host lain, Ford adalah Tuhan disini. Dia bisa mengambil apapun dari host, bahkan perasaan mereka seperti yang ia lakukan kepada Bernie.

So, perintah Ford selanjutnya adalah menghapus seluruh jejak pembunuhan Theresa. Bak seorang pembunuh profesional, Bernie menghanguskan (literally) bukti mengenai keberadaan Theresa mulai dari jejak terakhir hingga helai rambut di kasur. Ford dan Bernie membuat Theresa seolah-olah tewas karena kecelakaan.

Kalau minggu lalu panggung besar tersaji untuk Theresa dan Hale, kini giliran “drama” buatan diperlihatkan sebagai aksi balas dendam Ford dan Benard. Mereka mengatakan kepada Hale jika Theresa jatuh dari tebing saat berusaha menyelundupkan data. Ford juga berhasil membuktikan jika demo Clementine minggu lalu adalah rekayasa dan menyalahkan semuanya kepada Theresa.

wws01e08_3

Meski begitu, Hale tidak langsung percaya atas penjelasan Ford dan Bernie. Harusnya sih, sebagai wanita normal dia bakal ketakutan. Tapi Hale bukan wanita biasa. Ia justru merekrut sang pembuat narasi Lee Sizemore untuk menghentikan Ford. Dia mengajak Sizemore turun ke tempat penyimpanan host “usang”. Dia memilih satu host secara acak untuk menyimpan data selama 35 tahun dalam otak seorang host. Kebetulan, host yang dipilih random oleh Hale adalah ayah Dolores, Peter Abernathy—salah satu host yang mengalami glitch parah di awal-awal episode. Kebetulan yang sepertinya bakal mengundang bencana.

Setelah aksi menutup jejak kematian Theresa selesai, Ford menghapus memori Bernie tentang kejadian traumatis yang baru saja ia alami. Sebelum dihapus, Bernie mengajukan pertanyaan berkualitas seperti: apa perbedaan sebenarnya dari host dan manusia? Kita pun sebagai penonton sedikit banyak tahu jawabannya. Salah satu perbedaan mendasar adalah tentang memori. Namun sejak Ford menyuntikkan reveries kepada host, perbedaan tersebut menjadi bias.


Maeve

Thandie Newton terus saja mengekor Anthony Hopkins sebagai artis dengan penampilan paling tokcer di serial ini. Episode demi episode dibangun secara rapi untuk mengantarkan kebangkitan Maeve. Kali ini pun masih sama. Satu hal yang agak aneh, DELOS bisa menciptakan teknologi sangat canggih namun gagal membuat kamera pengawas untuk bekerja semestinya. Berkali-kali trio Maeve-Felix-Sylvester berkeliling DELOS dengan sangat mencurigakan, namun selalu lolos dari pengawasan tim keamanan. Memang, ada rencana cadangan untuk membuat para host tidak keluar dari DELOS; setiap host sudah ditanam bahan peledak. Maeve meminta bantuan kepada Felix-Sylvester untuk mengakali implant tersebut.

Sylvester merasa semakin gugup dan berencana mematikan Maeve melalui proses shutdown. Sepertinya berhasil, namun tiba-tiba Maeve bangkit dan mengancam Sylvester. Ternyata, Felix sudah mengubah core code milik Maeve. Tiba-tiba Maeve menggenggam pisau bedah lalu menggorok leher Sylvester. Tak disangka, Felix lalu membakar luka untuk menghentikan pendarahan. Sylvester hidup, tapi dijamin langsung trauma. Ya, Maeve masih membutuhkan Sylvester nanti. By the way, scene ini cukup badass, lho!

Maeve masih terlibat dalam narrative seperti biasa dimana ia adalah “mami” di Saloon Mariposa. Perbedaan besar terletak pada sosok Clementine yang kini diperankan oleh aktris Lili Simmons. Setelah kejadian episode 7, Clementine lama di-decommisioned dan digantikan oleh “new” Clementine ini. Meskipun begitu, ia masih memiliki narrative yang sama. Maeve-pun sadar akan hal ini.

Tujuan Maeve adalah untuk merekrut pasukan host. Salah satu yang direkrut adalah gerombolan bandit pimpinan Hector Escaton. Finally kita bisa melihat aksi Hector lagi di episode ini. Saya suka dengan style dia beraksi menggunakan senjata. Keren abis! Namun kejutan besar dari Maeve adalah dia bisa mempengaruhi host lain hanya dengan bisikan. Tim teknis Westworld mencium ada yang tidak beres dan mengirim tim untuk mengejar Maeve.


Man in Black

Untuk pertama kali kita dibawa untuk simpatik dengan villain MiB. Setelah Teddy bisa ingat jika MiB-lah yang menyakiti Dolores, Teddy melumpuhkan MiB dan mengikatnya. MiB kemudian menceritakan jika dulu sang istri bunuh diri karena mendeteksi sifat sosiopat dari MiB. Itulah salah satu alasan mengapa ia jadi pelanggan tetap di Westworld; untuk mengeksplor perasaannya di dunia tanpa aturan. Lebih lanjut lagi, untuk menguak rahasia Arnold.

Menariknya, Maeve juga berperan dalam ingatan MiB. Dia ingat betapa Maeve berbeda dengan host lain. MiB ingat jika Maeve benar-benar “hidup” meski hanya sebentar. Maeve yang begitu emosional karena kematian sang anak diganti perannya oleh Ford menjadi seperti sekarang.

wws01e08_1

MiB dan Teddy tidak sendirian, karena ada Angela disitu. Masih ingat Angela? Dia adalah host penyambut William saat pertama kali menginjakkan kaki di DELOS pada episode kedua. Ia menjadi korban kebrutalan Wyatt, lalu diselamatkan oleh Teddy. Tak disangka Angela adalah sekutu Wyatt. Tiba-tiba ia menancapkan anak panah ke dada Teddy. Oh iya, sebelum scene ini ada pertarungan menarik antara Teddy-MiB melawan… Minotaur!


Dolores dan William

Duo kesayangan kita masih belum aman dari grup Ghost Nation. Mereka menemukan korban-korban berserakan. Salah satunya adalah anggota Confederado yang masih berumur belia. Disini kita melihat perubahan sifat William yang mulai menunjukkan tanda-tanda menjadi kejam. Beda banget dengan William waktu pertama kali kita lihat dulu.

Mereka melanjutkan perjalanan yang berujung pada sampainya mereka ke tempat dimana Dolores pertama kali ditempatkan puluhan tahun lalu. Memori tentang pembantaian massal kembali menghantui Dolores dan kini ditambah kemungkinan jika ia adalah pelakunya. William menenangkan Dolores dan menyuruh pergi dari tempat itu. Sayang, di tengah perjalanan mereka justru bertemu dengan gerombolan pimpinan Logan. Surprise!

GeNocite
  • Minotaur adalah salah satu bagian terbaik di episode ini!
  • Teori tentang multi-timeline makin mendekati kebenaran. Atau justru sudah terbukti?
  • Elsie dibunuh oleh Bernie? Kenapa disembunyikan kebenarannya sampai sekarang?

2 thoughts on “[REVIEW] WESTWORLD Season 1 Episode 8: “Trace Decay”

Tinggalkan Balasan