Feature The Walking Dead

The Walking Dead S7: Kenal Lebih Dalam Karakter Jesus “Sang Juru Selamat”

Saatnya Jesus Bersinar!

Meski TWD season 7 masih jauh dari harapan karena lambatnya penceritaan, tetap saja serial ini tak absen menghadirkan karakter-karakter unik. Salah satunya mungkin bisa berperan sebagai sang juru selamat. Ya, dia adalah Jesus.


Debut di Serial

Muncul di episode S06E10 “The Next World” dimana ia bertemu pertama kali dengan Rick dan Daryl saat sama-sama mencari resource. Cerdas, Jesus berhasil mencuri truk berisi bahan makanan dari Rick dan Daryl. Kedua heroes kita harus main kucing dan anjing selama episode itu.

Pada akhirnya memang Jesus tertangkap dan dilumpuhkan. Kemudian ia dibawa ke Alexandria untuk diperiksa sang dokter Denise. Saat Rick dan Michonne tanpa busana di kamar, Jesus menyelinap dan membangunkan Rick. “Kita harus bicara” ujarnya. Lucu banget pokoknya.

jesus2
Gambar: Jesus. AMC

Ketika itulah Jesus mengaku jika ia berasal dari sebuah komunitas bernama Hilltop. Sebuah komunitas baik-baik yang penuh dengan resource hewan ternak dan hasil bumi. Tugasnya adalah untuk mengajak komunitas lain barter. Dia lalu mengundang kelompok Rick untuk menuju Hilltop.


Mengapa disebut Jesus?

Dia mendapat nama Jesus karena, well, penampilannya yang mirip figur Yesus Kristus; berwajah elok, rambut panjang sebahu dan brewok berwarna emas. Tak hanya itu, dia juga salah satu karakter berhati mulia, cerdas, dan charming. So, open-minded saja dengan nama yang diberikan oleh TWD untuk karakter ini. Bahkan tak jarang nama Jesus digunakan untuk beberapa line cerdas bernuansa religius seperti saat Gregory berteriak, “I’m talking to Jesus!”

Dengan kemampuannya, Jesus dianggap sebagai sang juru selamat oleh penduduk Hilltop. Ya, dia sangat natural untuk menjadi survivor di jaman zombie apocalypse. Dia ahli bertarung, gesit, dan punya kemampuan dalam escapology. Jesus punya sense of humor yang tinggi, meski tak jarang juga terlihat serius.

Di episode S07E05 “Go Getters” Jesus menunjukkan kemampuan bertarung dengan tangan kosong. Beberapa kali terlihat betapa atletisnya dia dalam bermanuver dan membabat walker. Ia juga jadi orang pertama yang berjuang agar Sasha dan Maggie untuk bisa tinggal di Hilltop.

Jesus digambarkan sebagai karakter yang punya jiwa kepemimpinan tinggi meski ia tidak pernah mengakui itu. Dia bisa menyelesaikan banyak konflik, mungkin lebih dari Gregory-pemimpin Hilltop sendiri. Ia boleh mengaku tidak bisa memimpin, namun dengan semua kemampuan yang ia punya, dia adalah seseorang yang punya kapabilitas sebagai seorang pemimpin.


Jesus Versi Komik

Ada beberapa perbedan untuk karakter Jesus Serial vs Jesus Komik mulai dari sifat, jalan cerita, hingga nama asli.

Pertama kali karakter Jesus muncul di edisi #91 komik TWD. Suatu malam ia menemukan Alexandria dan mengawasinya. Hari berikutnya ia dapat melumpuhkan Abraham dan Michonne saat kedua Alexandrian itu mencari resource. Rick muncul dan menyuruh Jesus melepas Abraham. Jesus mengajak Alexandria untuk barter, namun Rick tidak percaya. Ia gantian melumpuhkan Jesus dan membawanya ke Alexandria. Setelah beberapa kali diyakinkan, akhirnya Rick mau dibawa ke Hilltop. Sejak saat itu, Jesus menjadi sekutu berharga untuk Rick.

from-yahoo
Gambar: Jesus. Skybound Entertainment

Meskipun punya tampilan yang tidak jauh berbeda dengan versi serial, Jesus versi komik mempunyai nama asli Paul Monroe (Paul Rovia di versi serial). Alasan pergantian nama ini karena tidak ingin fans dibingungkan dengan nama keluarga Deanna yang juga menggunakan nama Monroe.

Sifat Jesus pun agak berbeda. Di versi serial, Jesus digambarkan sebagai karakter yang lebih light-hearted dan playful  ketimbang versi komik.


Sang Aktor, Tom Payne

Waktunya mengenal sang pemeran Jesus.

Tom Payne adalah aktor kelahiran 21 Desember 1982 di Esse, Inggris. Tahun 2005 ia lulus dari Central School of Speech and Drama BA Acting. Sejak saat itu ia mulai berperan dalam beberapa judul serial televisi dan film. Beberapa film yang pernah ia bintangi adalah Miss Pettigrew Lives for A Day, The Task, The Inheritance, dan The Physician. Entah kebetulan atau tidak, Ia juga pernah membintangi mini seri Wuthering Heights (2009), bersama… Andrew Lincoln aka Rick The Walking Dead.

tom_payne
Gambar: Tom Payne – walkingdead.wikia.com

Tom Payne hanya membutuhkan waktu satu minggu untuk mendapat peran sebagai Jesus di TWD. Dia mengaku sangat nervous memerankan Jesus karena minimnya referensi yang ia punya. Namun siapa sangka justru penampilannya memikat hati para fans setia TWD.

So, the next Juru Selamat untuk mengalahkan Negan?

2 thoughts on “The Walking Dead S7: Kenal Lebih Dalam Karakter Jesus “Sang Juru Selamat”

  1. kira2 ntr si Jessus bisa maen panjang ga ya?? or di critain masa lalunya si Jessus, (kalo ga salah Abraham, eugene, miechone kan pernah tuh skilas di tampilin asal usulnya),

    1. Hai,
      Sudah dikonfirmasi kalau Tom Payne (Jesus) jadi pemeran tetap di Season 7 ini. Artinya bakal ketemu dia lebih sering.
      Untuk background story Jesus, sangat dimungkinkan bro. Karakter Jesus menarik banget soalnya.
      So, kita tunggu aja kejutan dari TWD 🙂

Tinggalkan Balasan