Review

[REVIEW] LEGION Season 1 Episode 5: Chapter 5

Review di bawah mengandung SPOILER Legion S01E05.

Perubahan drastis terjadi di episode ke-5. Legion finally memberi kita petunjuk penting mengenai siapa David sebenarnya. Kekuatan mulai bisa dikendalikan, asal-usul mengerikan disingkap, dan kita bisa melihat sosok monster bermata kuning dengan sangat jelas!

Serius, tone di episode ini berbeda dari Legion yang pernah kita tonton di empat episode sebelumnya. Kuat dugaan karena mengikuti personality David yang tiba-tiba berubah pasca kembali dari Astral Plane. David, karena satu atau dua alasan seperti bukan David yang kita kenal. Dari seorang yang likeable, kini menjadi sangat arogan, bahkan cenderung brutal.

Chapter 5 menjadi episode pertama yang benar-benar mengeksplor kekuatan David dari sisi negatifnya.  Tak hanya itu, Chapter 5 juga semakin mempertegas betapa kuatnya David dengan berbagai variasi kekuatan yang mulai jelas ditunjukkan. Seperti kali ini, ia berhasil membuat sebuah “ruang aman” untuk bisa bersama dengan Syd—bahkan mereka bebas bersentuhan tanpa men-trigger kekuatan Syd.

sydanddavid

Meski romantis, momen yang terjadi di ruang serba putih buatan David tersebut mengungkap masa lalu nan kelam dari Syd. Ini bukan pertama kalinya Syd berhubungan seks. Ia kehilangan keperawananan saat remaja. Saat bertukar tubuh dengan sang ibu, ia berhubungan badan dengan kekasih ibunya, namun pertukaran tubuh tak berlangsung lama dan orang-orang tahu yang kejadian memalukan tersebut. Syd menceritakan kisahnya dengan sangat tenang. Biasa aja gitu, mukanya.

Kisah Syd di atas adalah contoh baik dimana serial ini kembali menunjukkan pendekatan pada sisi kemanusiaan dari seorang manusia super. Meski punya kekuatan, orang-orang ini tak lepas dari konsekuensi yang selalu menghantui. Bahkan terkadang sepele, tapi punya efek yang mendalam nan memilukan. Ya seperti kisah Syd itu.

Dengan kontrol kekuatan yang baru, David (atau Lenny?) pergi menyelamatkan Amy dari penjara Division 3. Disinilah pemandangan brutal dan tak mengenakan mata terlihat saat kita menyaksikan mayat-mayat tentara berceceran. Banyak bagian tubuh yang melebur dengan aspal, atau bahkan termutilasi. Semua karena “tarian” David.

Dari video CCTV, Cary Loudermilk akhirnya menyadari, di dalam diri David hidup entitas misterius. Entitas tersebut yang membuat David bisa menggunakan kekuatan tanpa sadar. Relasi antara entitas misterius dan David bersifat parasit sejak kecil. Sang entitas juga bisa menghapus fragmen ingatan David, kapanpun ia mulai mengingat hal-hal aneh.

Bagi Division 3 peristiwa ini jelas sebuah kegagalan. Mereka sudah menunggu David—menggunakan Amy sebagai pancingan—dengan persiapan yang sangat matang, namun tetap saja tidak ada apa-apanya dibanding kekuatan David. Melanie, Ptonomy, dan Syd menemukan pimpinan Division 3 menjelang dijemput ajal. Dalam kondisi mengenaskan, pria tua itu menyebut kalau selama ini kita salah dalam memperlakukan David. “Kita” disini apakah merujuk pada Melanie juga? Bisa jadi. Kalau saya jadi Melanie, saya akan menganggap kalimat tersebut sebagai peringatan keras.

Cary Loudermilk dan Ptonomy sudah melakukan langkah preventif. Kedua karakter ini menjadi yang paling realistis tingkah polahnya. Mereka tidak melihat David seperti Melanie—yang sepertinya punya agenda tersendiri untuk mengembalikan Oliver sang suami. Satu yang pasti, berada di dekat David tak ada kata aman. Bahkan untuk Amy ataupun Syd sekalipun. Syd bahkan nyawanya terancam saat dikejar oleh monster bermata kuning yang tampak sangat-sangat nyata!

monster

Tentu saja kepribadian David di episode ini semakin mengarahkan kita pada teori kalau Shadow King hidup di dalam diri David. Representasinya bisa bermacam-macam mulai dari King si anjing, Lenny/Benny, the World Angriest Boy in the World, dan monster bermata kuning. Apalagi menjelang akhir episode kita juga mengetahui kalau David adalah anak hasil adopsi. Amy sudah mengetahui hal ini sejak lama, tentang keanehan David. Jadi, masa lalu dan sejarah David benar-benar masih misterius hingga detik ini.

CONCLUSION
Chapter 5 menjadi episode paling gelap dan paling menakutkan sejauh ini. Noah Hawley sebagai kreator memaksimalkan “rating dewasa” dengan menunjukkan pembunuhan sadis dan nudity dalam satu episode.

Summerland patut waspada, apalagi sampai sekarang mereka belum punya mutan yang dapat mengontrol David. Alat yang dibuat oleh Cary pun sepertinya tidak terlalu menjanjikan. Tapi perlu diingat, David bukanlah pria jahat, ia hanya seorang figur yang tak punya kendali akan dirinya sendiri.

Namun pertanyaannya justru, apakah benar Legion adalah serial tentang superhero? Jangan-jangan kita sedang menyaksikan kisah awal (origin story) tentang kemunculan seorang supervillain? Kecurigaan ini cukup beralasan mengingat posisi David berada di area abu-abu.

OVERALL SCORE: 8.5

GeNocite

  • Kalau dilihat-lihat, kostum monster berwarna kuning dan Lenny hampir sama. Kebetulan?
  • Saya suka gaya Ptonomy. Oldies banget pas menenteng senjata tommy gun.
  • Pertama kalinya pula Legion bermain dengan unsur-unsur distorsi audio. Benar-benar memberi kesan tak nyaman bagi penonton saat menonton. Keren lah pokoknya.
  • Episode berikutnya membawa kita kembali ke Clockworks?

 

Tinggalkan Balasan