Review The Walking Dead

[REVIEW] The Walking Dead Season 8 Episode 8: How It’s Gotta Be

WARNING! Ulasan di bawah mengandung SPOILER The Walking Dead Season 8 Episode 8

How It’s Gotta Be berhasil membedakan diri dari episode-episode sebelumnya dan bisa dinobatkan sebagai bagian terbaik di musim ini (so far). Catat, untuk ukuran Season 8. Aksinya intens dan banyak kejadian menarik, tapi juga menyimpan beberapa pertanyaan mendasar yang tidak terjawab hingga akhir episode.

Seperti misalnya, somehow Negan dan seluruh prajuritnya dapat kabur dari Sanctuary. Kita tidak dapat detailnya seperti apa. Namun dari kekacauan yang dibuat Rick selama 7 episode, rasanya tidak mempengaruhi sedikitpun kekuatan Saviors. Mereka masih bisa mengkoordinasi kekuatan dengan cepat dan terstruktur. Keren sekali ini Saviors…

Pertanyaan lain yang mengganggu adalah masalah timeline. Nggak ada yang tahu berapa hari invasi Rick. Ada yang bilang cuma satu hari saja (melihat scene antara Siddiq yang berhasil  Carl bawa ke Alexandria, dan juga peristiwa “digigitnya” Carl di episode ini). Kalau invasi cuma berjalan sehari, mengapa Saviors seolah-olah kehilangan suplai makanan terlalu cepat?

Selain itu, mungkin episode ini jadi yang paling cepat progressnya dan berbelit, mencoba untuk meramu beberapa cabang cerita yang menyebabkan efek pusing sementara pada penonton. Beberapa plot memang harusnya nggak perlu disajikan sekarang.

Seperti misalnya plot Enid dan Aaron yang punya misi merekrut Oceanside tapi justru membuat mereka ditangkap (terima kasih Enid, untuk keputusan “cerdas” menembak Natania, pemimpin grup). Saking paniknya mungkin untuk menyelamatkan Aaron. Bisa dipastikan setelah kejadian ini Oceanside semakin sulit untuk direkrut.

Plot lain yang tidak perlu adalah flashback antara Rick dan Carl. Carl mempertanyakan langkah ayahnya yang menggunakan cara kekerasan dan lebih berharap memakai cara-cara demokratis. Kemudian dilanjut scene menulis surat untuk sang ayah. Betul, kita tahu kalau ada good guy yang mendapat porsi lebih di episode krusial (Hey, Sasha!) biasanya tak akan berakhir baik. Tapi dengan cara seperti ini malah membuat efek surprise berkurang.

Anyway, kita bedah episode ini lebih dalam yuk.

Saatnya Pembalasan!
Saya masih menyalahkan Daryl atas berhasil keluarnya Negan dan kroco-kroco, meskipun disebut Eugene lebih berperan tapi tidak disebut perannya sejauh dan sebesar apa. Tau-tau Negan sudah nongol di depan Alexandria.

neganinvasion
Gambar: Gene Page/AMC

Dari balik tembok Alexandria, Carl langsung mengambil alih komando, menggantikan peran sang ayah yang sedang kebingungan kenapa kok Sanctuary kosong melompong. Carl berpikir cepat tentang strateginya menyelamatkan penduduk. Dia sendiri dengan gagah berani menghadapi Negan, untuk mengalihkan perhatian sang villain.

Carl berhasil memberi waktu yang dibutuhkan Daryl, Michonne, Tara dan Rosita menyelamatkan penduduk. Negan yang sadar telah tertipu (padahal sempat punya “moment” dengan Carl), langsung merangsek masuk Alexandria. Carl terjebak di tengah-tengah desingan peluru. Dalam kondisi cedera, Carl berhasil selamat. For now…

Daryl, Michonne, Tara, dan Rosita mencoba menghadang konvoi Saviors.  Yang mengejutkan, Dwight ikut menembaki anggota Saviors! Sayang, salah satu Savior berhasil selamat dan pastinya akan mengadukan pengkhianatan Dwight ini.

Hilltop dan The Kingdom
Beberapa petinggi The Saviors melakukan pembalasan dalam waktu bersamaan. Simon memimpin grup untuk menghentikan Maggie dan memaksanya untuk kembali ke Hilltop, karena Saviors membutuhkan Hilltop sebagai penghasil bahan makanan, seperti sebelum peristiwa All Out War.

Menariknya, Maggie tak serta merta tunduk. Ia justru membalas perbuatan Saviors dengan menembak salah satu tawanan yang ada di Hilltop. Ada yang bertanya mengapa Maggie menulis “We have 38 more. Stand Down” di peti mati? Ya, peti mati dan eksekusi tersebut dimaksudkan untuk Negan. Maggie tetap ingin melawan. Langkah yang brutal. Ia berlinangan air mata tetapi saya rasa Maggie tak akan menyerah disini. Dari gerak geriknya bisa dibilang, Maggie-lah harapan bagi para good guys sekarang ini.

Dari sisi The Kingdom, para penduduk ditawan dan akan dijadikan budak Sanctuary. Ezekiel kabur. Namun akhirnya sang raja menemukan dirinya kembali dan dengan gagah berani menyelamatkan mereka. Bahkan nih, Ezekiel merelakan dirinya ditangkap. Oh, Ezekiel, mulia dan pemberani sekali. Ia menyerahkan nasib para penduduk kepada Carol. Lalu, siapa yang berhasil membuat Ezekiel seperti ini? Tentu saja mama Carol!

“Save them. Like you saved me” – Ezekiel

Bye Carl…
Setelah Rick dan Michonne berhasil menemukan penduduk Alexandria di gorong-gorong, Rick terkejut melihat Siddiq disitu. Lebih terkejut lagi, Rick melihat anaknya sudah lemas tak berdaya. Carl menunjukkan ada luka gigitan di tubuhnya. Seketika itu pula Rick shock, menunjukkan kualitas akting sang pemeran, Andrew Lincoln.

Masih ingat di episode perdana kita melihat kilasan imajinasi Rick yang begitu indah? Kehidupan bahagia Rick, Michonne, Judith, dan Carl di Alexandria. Kini rumahnya dilalap api dan Carl tak akan bertahan lama.

carl2
Gambar: Gene Page/AMC

Yup, aktor Chandler Riggs juga sudah mengkonfirmasi jika kemunculannya terakhir adalah episode 9 season 8 mendatang. Sangat mengejutkan keputusan showrunner Scott M. Gimple mencoret Carl setelah 8 tahun acara ini berjalan. Poin pentingnya disini adalah TWD versi serial berani mengambil deviasi cerita berbeda dengan TWD versi komik, dimana Carl masih hidup dan berperan besar ke depannya, bahkan di story arc pasca Negan.

CONCLUSION
Keputusan mematikan Carl tentunya membangkitkan pertanyaan menarik terkait masa depan Rick. Perubahan apa yang akan terjadi dan ke arah mana. Untuk pertama kalinya TWD menghadirkan surprise (bukan kematian Carl-nya) yang potensi besar untuk perubahan karakter utama.

Kabar baiknya, episode terakhir di paruh musim ini adalah episode yang komplit. Tidak ada cliffhanger yang mengganggu. Paling tidak, kita masih bisa bertahan hingga Februari tanpa harus terganggu dengan pertanyaan yang aneh-aneh. All Out War sejauh ini masih kurang terasa gregetnya. Lihat saja, serangan Rick nyaris tak berguna. Saviors masih dengan kuatnya berdiri bahkan membalikkan keadaan.

GeNoCite

  • Parade karavan Maggie mengingatkan peristiwa saat konvoi Rick dicegat oleh Saviors di episode 16 Season 6.
  • Untung Jerry nggak jadi ditembak!
  • Eugene dilanda dilema. Kini ia membantu Father Gabriel. Surprise!

 

2 thoughts on “[REVIEW] The Walking Dead Season 8 Episode 8: How It’s Gotta Be

  1. Entah apa (sekali lagi) kita harus menjadikan Daryl sebagai “tersangka”.. Tapi emg saya akui ketertarikan saya jadi berkurang terhadap Daryl. Tindakannya akhir akhir ini terbilang ceroboh. Bisa dihitung dan masih teringat pastinya.

    Tentang Carl, ini yg paling mengecewakan. gigitan itu. . Pasti berasal dari walkers yg sblmnya nyerang Carl dan Siddiq. Soalnya kalo ditonton sekali lagi.. Kita bisa liat Carl agak shock setelah liat bagian kanan perutnya. Carl itu tangguh.. tapi kenapa harus dibunuh dengan cara yg gak keren sama sekali? Rest in peace scott gimple:v

Tinggalkan Balasan