Review The Walking Dead

REVIEW THE WALKING DEAD Season 9 Episode 5: What Comes After

WARNING! Ulasan di bawah mengandung SPOILER The Walking Dead Season 9 Episode 5

Episode yang ditunggu-tunggu banyak fans. Episode yang menjadi penanda sebuah akhir sekaligus pengantar era baru. Ya, inilah edisi pamungkas dimana kita bisa melihat sang sheriff, Rick Grimes—leader The Walking Dead dalam 9 tahun berjalannya acara ini. Saya bisa bilang, episode ini sangat monumental.

Bukan semata-mata tentang Rick, episode What Comes After menyajikan cerita sampingan yang cukup oke juga kok. Terutama tentang Maggie—yang menurut Angela Kang (showrunner) episode ini adalah terakhir kita bisa melihat istri Glenn Rhee tersebut! Nah loh…

Kedamaian bagi Maggie
Sejak Glenn digetok Lucille-nya Negan, Maggie tidak bisa hidup damai. Amarah dan benci senantiasa menghantui. Satu-satunya yang ada di pikiran Maggie adalah mencari keadilan bagi sang suami. Keadilan disini, menurutnya, hanya bisa didapat dengan membunuh Negan. Sudah bukan rahasia lagi kalau Maggie benar-benar marah ketika melihat Rick mengampuni Negan pada episode terakhir musim lalu.

Butuh dua episode sejak niat itu muncul secara nyata. Setelah sampai di Alexandria, halangan utama Maggie datang dalam bentuk Michonne. Sempat berdebat sengit, akhirnya Michonne mengalah dan memberikan kunci sel kepada Maggie.

Bermodalkan linggis, Maggie mengkonfrontir mantan leader Saviors itu seorang diri. Negan menantang Maggie dari dalam sel. Negan took great pleasure atas kematian Glenn dan sekuat tenaga ia berusaha untuk memancing kemarahan Maggie. Tujuannya? Negan justru ingin mati. Dia sampai memohon kepada Maggie, lho! Alasannya, supaya ia bisa bersama-sama keluarganya lagi. Hidup seperti sekarang ini ternyata jauh lebih menyakitkan bagi Negan. Sangat mengenaskan. Maggie akhirnya sadar bahwa meninggalkan Negan seperti ini adalah cara balas dendam terbaik yang bisa dilakukan.

S05 negan maggie
Gambar: The Walking Dead/AMC

Untuk beberapa saat, saya mengira kalau Negan hanya berpura-pura. Dan ketika saatnya tepat, Negan mengambil kesempatan untuk kabur atau lebih buruk lagi, melukai Maggie. Di episode ini tidak terlihat tanda-tanda kalau Negan hanya akting-akting palsu. Masih belum ada penebusan yang layak bagi Negan di season 9.

Scene di sel bawah tanah tersebut jelas sebuah kompendium dari keseluruhan story-arc Maggie vs Negan. Bukan sebuah penyelesaian yang paten memang, masih terasa mengganjal. Namun saya suka bagaimana akhirnya TWD mengakhiri sebuah penderitaan panjang dari kedua belah pihak—Maggie terutama.

Ternyata eh ternyata, episode ini juga menjadi penampilan terakhir Lauren Cohan sebagai Maggie Rhee di serial TWD, setidaknya untuk musim ini. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh showrunner Angela Kang. Twist (yang buat saya) mengejutkan ini memang tidak secara gamblang diperlihatkan mengingat tidak ada “ending” bagi karakter ini. Tapi tenang, di episode mendatang bakal dijelaskan fakta kalau Maggie sudah pergi, jadi penonton tidak dibiarkan untuk bertanya-tanya.

Apakah kepergian Maggie secepat ini sebuah surprise? Atau sudah ada yang menduga?

Menu utama: Goodbye, Sheriff
Rick mendapat porsi sangat besar bin penting di episode ini (ya iyalah!). Setelah episode lalu kita kuatir gimana caranya Rick selamat dari serbuan walker, di episode ini kita melihat Rick benar-benar berjuang melepaskan diri dari besi yang menancap di perutnya, naik ke kuda putih, dan masih berusaha menjauhkan gerombolan walker dari sahabat-sahabatnya.

Di dalam perjalanan menggiring domba itu, Rick secara bergantian reuni dengan kawan-kawan lama. Kita mendapat momen klasik antara Rick dan Shane. Percakapan di mobil polisi itu… Oh, good old days! Saya sangat menikmati dan bisa senyum-senyum sendiri melihat dua sahabat bertemu lagi setelah sekian lama. Rick pun sempat minta maaf karena, well, dialah yang membunuh Shane di season 2.

Setelah Shane, giliran Rick bertemu Hershel di sebuah gubuk dan peternakan. Setting tempat yang identik dengan rumah Hershel. Seperti biasa, Hershel berperan sebagai mentor dan moral kompas bagi Rick. Penampilan Hershel ini begitu spesial karena sang aktor (Scott Wilson) telah berpulang pada 6 Oktober 2018. RIP Scott.

Di sebuah scene dimana Rick berada di lautan mayat. Bukan sembarang mayat, tapi disitu banyak orang-orang yang Rick kenal. FYI, scene ini sangat identik dengan sebuah panel di komik TWD edisi ke-100.

ricklautanmayat
Gambar: Komik vs Serial. The Walking Dead

Nah, disitulah muncul Sasha. Berpidato panjang lebar. Momen yang menurut saya aneh. Sasha nggak pernah punya ikatan kuat dengan Rick—nggak seperti Shane, atau Hershel. Kenapa Sasha jadi ikutan muncul? Atau jangan-jangan karena TWD tidak mampu mendatangkan aktor Steven Yeun (Glenn), Chandler Riggs (Carl), atau Sarah Wayne Callies (Lori)?

Imbasnya apa yang dikatakan Sasha jadi terdengar dangkal, tidak menggugah.

“We change each other. We help each other. We make each other better. And it never ends.” – Sasha.

Tentu impact-nya bakal jauh mengena kalau Glenn, Carl, atau Lori yang berdiri di tempat Sasha. Well, sayang sekali.

Sudahkah berakhir halusinasi Rick? Oh, tentu saja belum. Halusinasi (atau mimpi?) terakhir cukup mengecoh dengan memperlihatkan Michonne dan kawan-kawan membantu Rick memberangus walker. Sampai akhirnya kita sadar itu mimpi setelah Michonne berkata “Wake up!”

Toh akhirnya teman-teman Rick benar datang, tapi sudah terlambat. Rick menggiring ratusan walker menuju jembatan yang ia bangun. Ironi, karena Rick sempat mati-matian untuk mempertahankan jembatan ini. Michonne dan yang lain berlari menuju Rick – mencoba untuk mendistraksi para walker ke arah lain. Rick tak mau. Ia berkeinginan untuk meledakkan jembatan. Hanya Daryl yang mengerti. Daryl tidak ikut berlari seperti yang lain. Daryl mensupport Rick dari kejauhan. Pemandangan yang sangat menusuk jiwa sebelum akhirnya…

BOOOM!

Jembatan hancur. Walker rasa barbeque berjatuhan ke sungai. Tangisan Michonne terdengar pilu. Ekspresi tangisan Daryl, priceless banget!

Rick tewas.

Jadis dan Helikopternya
Surprise! Kesan kalau Rick tewas hanya bertahan sebentar. Kita diperlihatkan Rick yang sedang kesakitan di pinggiran sungai, tak berdaya. Disitulah peran Jadis dalam bargaining dengan, entah komunitas misterius apa yang ada di ujung sana. Jadis mengatakan kali ini bukan A atau B, tapi seorang teman yang butuh bantuan. Wohoooo Jadis sang penyelamat! Nggak nyangka Jadis ambil peran sepenting ini. In the end, kita melihat Rick terbaring dibawa helikopter. Jadis pun ada disitu.

AMC cuma main-main, nih.

Time Jump (lagi)
So, untuk menetralisir kepergian Rick diambil-lah cara lompatan waktu cukup masif yaitu selama 6 tahun di masa depan. Momen final memperkenalkan penonton kepada sosok gadis kecil nan manis, menggenggam revolver, dan menenteng katana kecil. Dialah, Judith Grimes!

Judith sekarang berumur (sekitar) 10 tahun. Dengan tampilannya yang badass, ia langsung menyelamatkan segerombolan orang. Diketahui grup asing tersebut adalah Magna (Nadia Hilker), Yumiko (Eleanor Matsuura), Luke (Dan Fogler), Connie (Lauren Ridloff), dan Kelly (Angel Theory). Kelima wajah-wajah baru tersebut bakal memegang peranan penting ke depannya.

S05 judith grimes
Gambar: The Walking Dead/AMC

Sebagai info, di komik, grup Magna pertama kali muncul di isu #127 “A New Beginning”. Kemunculan mereka juga setelah adanya time jump pasca All Out War.

CONCLUSION
Epik! Salah satu episode yang epik dari TWD dalam beberapa tahun belakangan. Justru menurut saya What Comes After lebih cocok menjadi season finale. Rick tidak mati. Jelas suatu saat ia bakal kembali. Bagi yang mengikuti berita, tentu tahu kalau Andrew Lincoln sudah didapuk untuk membintangi beberapa film The Walking Dead bikinan Scott M. Gimple.

Tentu bagian paling mengejutkan adalah masalah lompatan waktu. Kita diperlihatkan dengan berbagai karakter dengan tampilan yang lebih fresh. Carol berambut panjang, Eugene yang lebih “cowok”? Armor baru Jesus? Oh yeah! Setelah season 1, baru kali ini saya merasa menunggu-nunggu lagi serial kelanjutan TWD. Semoga ini benar-benar awal baru yang menjanjikan.

GeNocite

  • Episode lalu Negan menggila dengan membenturkan kepala ke tembok. Kemana bekasnya?
  • Selain Maggie dan Rick, apakah ini episode terakhir Jadis juga?
  • Pasca era Rick, siapa lead TWD berikutnya? Masa’ Judith Grimes…
  • Semoga Michonne jadi hamil ya…
  • AMC langsung merilis trailer untuk 3 episode berikutnya.

6 thoughts on “REVIEW THE WALKING DEAD Season 9 Episode 5: What Comes After

Tinggalkan Balasan