Feature Highlight

Cara Menghindari Spoiler Film Atau TV Series Kesayangan

Salah satu hal paling menyebalkan bagi penikmat film atau series adalah… terkena spoiler. Entah itu nggak sengaja baca artikel di internet, pas buka sosmed, atau dari temen yang tiba-tiba nyeletuk dengan santainya, “Eh tau nggak sih, si-A mati lho di episode terakhir”. DHUARRR! Aduh, rasanya pengen ngelus pipi dia… Pake setrika panas! Apalagi serial atau film yang di-spoiler-in adalah yang kita tunggu bertahun-tahun lamanya. Hype nonton berkurang drastis.

Bukan, ngebunuh teman yang suka nyebarin spoiler itu bukan solusi. Itu kriminal. Nah, GeekNonton punya tips trik-nya nih buat kalian yang masih pengen eksis di dunia maya tanpa perlu ngungsi ke goa. Memang nggak 100% bisa membebaskan kalian dari spoiler, at least mengurangi resiko itu.

Pakai Extension di Browser!
Tahukah kalian ada beberapa extension yang bisa diaktifkan untuk menghindari spoiler? Sudah tahu? Lewati bagian ini. Yang belum tahu, bisa kok mengunduh plug-in Spoiler Protection 2.0 untuk peramban Chrome dan Firefox di komputer kalian.

Setelah diinstal dan klik pada extension tersebut, maka akan jendela akan terbuka untuk para pengguna dapat melakukan kustomisasi. Pengguna hanya cukup memasukkan kata atau frase yang ingin di-blok. Misal saja, “Game of Thrones” atau “Spider-Man”. Pengguna bahkan bisa menonaktifkan gambar atau video yang ada korelasinya dengan kata kunci yang telah dimasukkan.  Pemblokiran kata akan berlaku di semua situs, termasuk Twitter, Facebook, dan web populer lainnya.

unspoiler
Gambar: Unspoiler memblokir gambar & teks yang sesuai keyword

Opsi kedua adalah Unspoiler. Cara kerjanya mirip, namun yang ini lebih sederhana dalam pemakaian. Dalam memblok sesuatu, Unspoiler tidak seagresif Spoiler Protection 2.0 dikarenakan minimnya kustomisasi yang bisa dilakukan. Tapi so far cukup efektif, kok. Jadi, tinggal pilih saja ekstensi mana yang mau kalian gunakan.

Aplikasi di Smartphone
Kemungkinannya, orang-orang lebih sering memegang smartphone ketimbang komputer. Buat kalian yang sering bercumbu dengan ponsel pintar, ada aplikasi Spoiler Blocker dan Spoiler Block yang beraksi hampir sama dengan ekstensi di browser komputer. Sayang, keduanya punya review yang kurang elok di marketplace karena masalah login dan masih bocor walaupun sudah memasukkan filter kata kunci.

logo spoiler protection

Cara terbaik untuk menghindari spoiler ketika mengarungi rimba internet via smartphone adalah menginstal Firefox. Hal ini dikarenakan Firefox versi mobile juga support add-ons, meski tak semua add-on optimal di versi mobile. Untungnya, Spoiler Protection 2.0 mendukung penuh versi mobile. Caranya tinggal jalankan Firefox, pencet menu titik tiga > Add-ons > Browse all Firefox Add-ons dan cari Spoiler Protection 2.0.

“Mute Keywords” di Twitter dan “Snooze” di Facebook, Manual Filter IG
Twitter sendiri punya fitur bawaan untuk menyaring kata-kata tertentu agar tak wira wiri di timeline. Penyetelan ini ada di menu Settings and Privacy akun twitter kalian. Pilih menu Muted Words dan ketik saja kata, frase, hashtag, ataupun akun orang yang tidak ingin kalian baca dengan durasi yang dapat disetel.

Untuk Facebook, pengaturannya lebih ribet karena belum punya fitur mute keywords seperti Twitter. Kalian harus masuk ke grup atau profil teman untuk mengaktifkan fitur snooze. Dengan snooze, kalian tidak akan melihat postingan dari grup atau teman dalam kurun waktu tertentu.

ig

Bagaimana dengan Instagram? Karena satu perusahaan dengan Facebook, fitur se-efisien Twitter juga belum diimplementasikan untuk menyaring topik tertentu dengan praktis. At least pengguna masih bisa mengontrol siapa dan apa yang ingin dilihat di feed IG. Fitur Mute tersedia bagi masing-masing akun yang kalian follow. Piihannya, bisa mematikan post dan story, atau hanya post dari akun bersangkutan. Buat yang suka baca-baca komen IG, ada baiknya kalian melakukan penyaringan kata melalu menu Settings > Privacy > Comments. Disini kalian bisa menyaring kata lewat menu Manual Filter.

Finally…
Lagi-lagi, ada yang peduli dan ada yang nggak peduli sama sekali kalau kena spoiler. Pasti ada yang komentar, “Ribet amat sih. Tinggal stay away dari dunia maya terus buru-buru nonton apa susahnya.”

Well, nggak semua orang punya privilege itu. Contohnya si penulis artikel ini. Waktu film Endgame keluar, kerjaan pas numpuk dan baru bisa nonton seminggu kemudian. Dari situ udah was-was bakal kena spoiler dari internet. Dan bener aja. Nggak sengaja baca spoiler saat kebetulan iseng buka sosmed (salah sendiri!). Mau cari tukang hipnotis buat ngilangin ingatan susah dan mahal, alhasil saya harus menerima kenyataan dengan sedikit tidak terima (nah loh).

Tapi tips diatas bisa juga kok diimplementasikan buat kalian yang nggak suka topik tertentu. Politik misalnya…

One thought on “Cara Menghindari Spoiler Film Atau TV Series Kesayangan

Tinggalkan Balasan