Netflix Overview

GLITCH: Semua Yang Hidup Akan Mati (Dan Bangkit Lagi)

Glitch adalah serial TV Australia bergenre—perpaduan antara science fiction dan supranatural. Mengandalkan misteri dan kejutan, Glitch dijamin bikin penasaran untuk terus nonton tiap episodenya.

Bangkit dari Kubur
Di sebuah kota fiksi Yoorana, Victoria, keadaan sangatlah tenang khas kawasan country. Tiba-tiba di tengah malam, James Hayes sang polisi mendapat panggilan ke kuburan lokal. Enam mayat secara misterius bangkit dari kubur, merayap dari bawah tanah agar dapat meraih permukaan. Mereka “lahir kembali” dengan kondisi fisik yang sempurna tapi tanpa ingatan apapun.

Seiring cerita berjalan, ternyata keenam orang ini saling berhubungan. Mereka bertekad untuk mencari tahu siapa jati diri mereka, apa yang sebenarnya terjadi, dan yang terpenting: bagaimana mereka bisa bangkit dari kematian. Perlahan tapi pasti The Risen—sebutan untuk mayat yang hidup kembali—mulai mengalami gejala aneh, terutama ketika mereka mencoba meninggalkan kota Yoorana. Misalnya saja Carlo, tiba-tiba mengeluarkan air mata darah dan mengalami flashback tentang peristiwa kematiannya.

Satu diantara The Risen adalah istri dari James Hayes. Bayangkan saja, jika seseorang yang kamu cintai kembali dari kematian setelah sekian tahun, apakah bakal excited atau justru sudah mati rasa dan mencoba menerima kenyataan?

Mungkin kebanyakan dari kita banyak yang menjawab “excited”.

Tapi melalui James, kita dibawa untuk melihat kondisi ini secara realistis. Apalagi kalau kita sudah menemukan tambatan hati yang baru. Lebih kompleks situasinya. Kan, nggak segampang itu, bray…

Bikin (mati) Penasaran
Kreator Tony Ayres dan Louse Fox berhasil memintal berbagai storyline dan relasi antar karakter yang captivating. Setting tempat juga memberi atmosfer yang pas untuk genre ini. Feel dan tone-nya dapet banget. Mungkin terlihat fresh karena kita jarang melihat suasana seperti ini di serial Amerika atau Eropa. Aksen Australia juga terdengar “unik”.

Karena kualitasnya, Glitch sempat dianugerahi dua award; Best Television Drama Series (AACT Awards) dan Most Oustanding Drama Series (Logie Awards). Keduanya direngkuh pada tahun 2016 silam. Yup, serial ini bukan serial yang baru kok. Sampai tulisan ini muncul pertama kali, Glitch sudah berjalan dua musim. Satu musim cuma 6 episode saja, nggak butuh komitmen panjang. Nah, season terbarunya akan tayang mulai tanggal 25 Agustus 2019. Kabarnya jadi musim terakhir, lho!

Personally, saya suka serial ini meskipun alurnya lambaaaat banget di awal-awal. Mungkin buat yang nggak sabaran, bakal bosen duluan. Tapi balik lagi, tontonan itu tentang selera.

-OVERVIEW-

Genre Drama, Paranormal
Tanggal Tayang 9 Juli 2015 (Season 1)
14 September 2017 (Season 2)
25 Agustus 2019 (Season 3)
Network ABC/Netflix
Creator Tony Ayres
Louise Fox
Cast Patrick Brammall
Emma Booth
Genevieve O’Reilly
Emily Barclay
Ned Dennehy
Aaron L. McGrath
Sean Keenan
Daniela Farinacci
Rating 7.5/10 (IMDB)
80% (Rotten Tomatoes)

Tinggalkan Balasan