Other Overview

Cobra Kai: Setelah 32 Tahun ‘The Karate Kid’

Yang namanya nostalgia itu pasti asyik. Asalkan mengingat yang baik-baik, ya. Tak terkecuali di dunia film/serial. Terkadang ada judul-judul yang sangat membekas di benak kita. Personally, saya tumbuh besar dengan Jurassic Park, Kura-kura Ninja, dan Space Jam. Kalau kamu apa?

Mungkin ada yang jawab salah satu serial yang akan dibahas kali ini. Bisa nebak judulnya? Kalau nggak ingat, nih Geeknonton kasih clue: Anak-anak. Karate. Miyagi.

The Karate Kid’s Rivalry Goes On

Yups, Cobra Kai adalah salah satu nama dojo yang berasal dari sebuah film tahun 1984, The Karate Kid. Dan serial Cobra Kai ini merupakan lanjutan ceritanya. After 32 f*cking years!

Diceritakan setelah gelaran All-Valley Karate Tournament pada tahun 1984 silam, kedua finalis Daniel LaRusso dan Johnny Lawrence melanjutkan kehidupan mereka masing-masing.

Daniel LaRusso masih diperankan oleh aktor yang sama seperti dulu, Ralph Macchio. Kehidupan Daniel sudah membaik seperti yang dia inginkan saat kecil dahulu. Memilki bisnis dealer mobil yang bagus, dan memiliki Istri serta dua anak. Namun setelah kematian dari pembimbingnya Mr. Miyagi, Daniel merasa kesusahan untuk menemukan kedamaian. Disaat yang sama, ibunya dan istrinya memiliki hubungan yang kurang bagus.

Gambar: Cobra Kai. Youtube Originals

Sang rival, Johnny Lawrence juga diperankan juga oleh aktor original-nya yaitu William Zabka. Kehidupannya berbanding terbalik dengan Daniel. Bekerja dibidang konstruksi, urakan, nggak beraturan, dan miskin. Pokoknya berbanding terbalik dengan kehidupan di masa-masa jaya remajanya dahulu.

Suatu saat, Johnny menyelamatkan seorang remaja, Miguel Diaz yang mendapatkan perundungan dari sekelompok remaja lain. Kemudian Miguel meminta Johnny untuk melatihnya karate. Familiar? Betul, hampir sama dengan kisah Mr. Miyagi dengan Daniel tempo dulu. Long story short, akhirnya Johnny membuka dojo-nya sendiri Cobra Kai meski awalnya ogah-ogahan.

Dulunya, Cobra Kai adalah nama dojo tempat Johnny remaja berlatih. Tempatnya begitu angker karena sang sensei, John Kreese sangatlah kejam dalam melatih. Strike first, Strike hard, No mercy adalah moto mereka. Tak heran, anak-anak Cobra Kai dikenal tanpa ampun dalam membabat lawan-lawannya.

Untungnya Cobra Kai ala Johnny di masa sekarang agak berbeda. Hubungan guru/murid Johnny dan Miguel berbeda dengan apa yang ditampilkan Daniel-Mr. Miyagi, ataupun Johnny-John Kreese. Mereka memiliki ikatan yang sangat kuat dan unik. Nggak bosen deh melihat progress Johnny dan Miguel.

Dojo yang dibangun oleh Johnny akhirnya menarik banyak orang dari kalangan orang-orang yang terkena perundungan. Menjadi tempat untuk menjalin persahabatan dan meningkatkan rasa percaya diri lewat cara yang keras.

Daniel mengetahui Cobra Kai eksis lagi, langsung trauma. FYI, Daniel dulunya memang jadi korban bully Johnny dan Cobra Kai. Hidup Daniel langsung tak tenang. Ia pun membuka dojo sendiri. Samantha, sang anak perempuan juga ikut berlatih di dojo ayahnya. Padahal Samantha ini punya hubungan dengan Miguel. Samantha juga pernah tanpa sengaja bermasalah dengan Johnny. Nah loh, ruwet kan.

Perkembangan cerita Cobra Kai berputar pada hubungan di atas, yang membawa konflik antara kedua rival dan kedua dojo— lagi-lagi antara Daniel dan Johnny.

Serial yang bertemakan bela diri ini memang tidak bisa dibandingkan dengan film-film yang bertema bela diri lainnya seperti Ip Man. Disini kita harus memaklumi beberapa gerakan karate yang ditunjukan tidak begitu luwes. Namun bukan itu yang dijual oleh serial ini.

Cobra Kai ingin memberikan pengaruh yang positif bagi kehidupan para remaja. Mereka ingin mempromosikan kembali bela diri karate ditengah gempuran aliran bela diri lainnya. Selain itu juga serial ini ingin memberikan dan mengajari nilai-nilai kehidupan termasuk empati yang harus didapat sejak usia remaja.

Karakter Johnny yang dahulu menjadi antagonis, sekarang menjelma menjadi favorit, karena perubahan kehidupannya. Yang dahulunya suka melakukan perundungan sekarang menjadi orang yang membela yang dirundung.

Gambar: Cobra Kai. Youtube Originals

Pada awalnya serial ini dianggap remeh karena mengekspoitasi kesuksesan masa lalu. Namun saat mulai ditayangkan dengan cerita yang bagus, eksekusi nan apik, aktor oke, dan dibumbui oleh nostalgia masa lalu, serial ini mampu menepis kritik negatif.

Masih banyak kejutan-kejutan yang akan muncul dalam cerita ini. Perseteruan antara Johnny dan Daniel pun masih berlanjut di murid-murid mereka, Miguel dan Robby. Jadi kalian wajib nonton serial yang mendapatkan rating keren ini. Lebih lengkap lagi, kalua kalian menonton Karate Kid versi original­-nya (bukan yang versi Jackie Chan, ya!)

GenreComedy, Drama, Action
NetworkYoutube Original
Tanggal TayangSeason 1, 2 Mei 2018 Season 2, 24 April 2019
CreatorsJosh Heald Jon Hurwitz Hayden Schlossberg
PemainRalph Macchio William Zabka Xolo Mariduena
Rating8.8 IMDB 94% Rotten Tomatoes 97% Google user

Tinggalkan Balasan