Apple TV Overview

Home Before Dark: Jurnalis Umur 9 Tahun Kuak Kasus Pembunuhan

Biasanya, orang-orang yang diakui dapat melakukan suatu hal yang menakjubkan adalah orang-orang dewasa. Hanya segelintir anak yang diakui mampu melakukan suatu hal yang membuat takjub. Makanya program seperti Little Big Shots pun mampu membuka mata sebagian orang yang masih memiliki paradigma seperti di atas.

Serial yang digarap oleh Dana Fox dan Dara Resnik ini terinspirasi dari kisah nyata dari seorang gadis kecil berusia 9 tahun Hilde Lysiak.

Who is Hilde Lysiak?

Dia adalah seorang gadis berusia 13 tahun, anak dari seorang jurnalis untuk surat kabar New York. Saat dia berumur 8 tahun, dia membuat publikasi surat kabar sendiri bernama Orange Street News. Dan pada saat dia berumur 9 tahun dia mampu menguak sebuah kasus pembunuhan di Pennsylvania. Wow! Kalo Geeknonton dulu umur segitu sibuk main ingus.

Satu hal yang membuat dia terkenal adalah saat dia mengunggah sebuah video dimana dia mendapat ancaman penjara dari aparat kepolisian Arizona. Video yang diunggah menjadi viral dan menarik perhatian  Dana Fox dan Dara Resnik. Akhirnya mereka terinspirasi untuk membuat serial tv berdasarkan kisah Hilde Lysiak.

The Plot

Awal mula ceritanya adalah saat Hilde Lisko (Broklynn Prince) pindah ke Erie Harbor, Washington, karena ayahnya kehilangan pekerjaan di sebuah kantor majalah.

Sesaat setelah sampai di kota itu, Hilde melihat suatu hal yang aneh. Jiwa jurnalisnya pun bangkit dan mencoba mencari tahu apa yang terjadi. Ayahnya pun memberitahu bahwa di kota kecil ini tidak ada hal aneh yang terjadi.

Suatu malam, Hilde melihat sebuah mobil polisi melaju kencang dan ternyata kenalan dari ayahnya, Penny, telah meninggal karena “sebuah kecelakaan”. Polisi menyatakan pernyataan resmi bahwa tidak ada bukti atau jejak yang mencurigakan, jadi ini dianggap sebagai bukan pembunuhan.

Namun Hilde merasa ada yang janggal dengan peristiwa itu, dia menulis sebuah artikel di surat kabarnya The Magic Hour Chronicle tentang kemungkinan meninggalnya Penny karena dibunuh.

Sama seperti kisah nyatanya, setelah Hilde menulis artikel itu banyak komentar negatif dan kasar yang ditujukan kepadanya. Bahkan sampai kepala sekolahnya mengatakan kepada orang tua Hilde bahwa dia seorang gadis kecil yang bermasalah.

Hilde pun pergi ke kantor polisi untuk melihat file tentang kasus kematian Penny, tetapi dia diusir oleh seorang polisi. Beruntung ada seorang polisi perempuan, Mackenzie Johnson yang mau membantu Hilde. Mereka berdua menemukan hubungan antara Penny dengan peristiwa penculikan 30 tahun yang lalu. Selain itu, Hilde pun menemukan kejanggalan dari sebuah foto dari tempat kejadian perkara. Sebuah alat VCR (video cassette recorder) menghilang dari tempat kejadian meninggalnya Penny.

Hilde pun menemukan sebuah petunjuk dan menemukan bahwa VCR yang hilang itu tersimpan di dalam loker milik kepala sekolahnya. Hilde berhasil mengambil VCR itu dan membawanya pulang. Sesampainya di rumah, dia menemukan sebuah kaset di dalam VCR itu yang berisi tentang sebuah tempat kejadian perkara penculikan 30 tahun yang lalu. Dan dia melihat ada ayahnya di dalam rekaman itu.

Apa yang sebenarnya terjadi? Akankah Hilde dapat mengungkap kasus Penny dan menghubungkan dengan peristiwa penculikan 30 tahun lalu?

Based on True Story

Bagi orang yang tidak mengetahui bahwa serial ini terinspirasi dari kisah nyata, mungkin akan menganggap bahwa ceritanya terlalu mengada-ada dan dilebih-lebihkan. Ada beberapa hal yang membuat serial ini layak untuk ditonton.

Yang pertama adalah pemeran yang menampilkan Hilde adalah Brooklyn Prince. Anak perempuan yang lahir pada tahun 2010 ini telah memenangkan beberapa penghargaan di dunia perfilman. Karakter yang diperankannya pun sangat cocok dengan dirinya, gadis kecil yang pintar dan berbakat.

Selain itu, karena serial ini memiliki tokoh utama anak kecil dan dunianya, otomatis akan banyak sekali scenes yang fokus menampilkan akting dari pemeran anak-anak ini. Bagusnya adalah, sang sutradara mampu mengarahkan pengambilan gambar dengan apik, sehingga emosi dari tokoh anak-anak ini dapat mengalir secara alami dan tidak kaku.

Jadi siapkan dirimu guys untuk maratonin serial ini. Serial yang ringan dan menginspirasi untuk kalian tonton saat kalian work from home.

GenreCrime, Drama, Mystery
Tanggal Tayang3 April 2020
CreatorDana Fox Dara Resnik
PemainJim Sturgess Brooklynn Prince Abby Miller
Rating7.6 IMDB 81% Rotten Tomatoes 64% Metacritic

Tinggalkan Balasan