Netflix Overview

Locke and Key: Mencari Kunci Ajaib

Diadaptasi dari novel grafis horor oleh penulis Joe Hill dan artist Gabriel Rodriguez, Locke & Key akhirnya lahir juga ke dunia. Perjalanan panjang dilalui judul ini hampir selama satu dekade. Wih, beneran selama itu?

Betul, pertama kali direncanakan untuk sebagai serial untuk Fox pada 2010 silam namun gagal padahal ada dukungan dari Steven Spielberg disitu. Kemudian direncanakan ulang sebagai trilogi film oleh studio Universal—gagal lagi. Terakhir di April 2017, Hulu sempat melirik episode pilot tapi lagi-lagi tidak jadi diambil sebagai serial.

Pahlawan kita, siapa lagi kalau bukan Netflix…

Kunci Ajaib

Berawal dari kematian sang suami bernama Rendell Locke nan tragis dan tiba-tiba, Nina Locke membawa ketiga anaknya ke sebuah rumah maha besar warisan dari keluarga Rendell yang terletak di Lovecraft, Massachusetts. Kehidupan disana jauh berbeda dengan rumah mereka di Washington. Terpencil dan menyeramkan.

Gambar: Netflix

Dari penampakannya saja kita tahu bahwa Keyhouse (yap, rumah itu punya nama) menyimpan misteri besar, bahkan dikenal berhantu. Penduduk sekitar sana juga tahu bahwa ada yang kurang beres dengan rumah tersebut

Anyway, balik lagi ke keluarga Locke. Keluarga ini tentu saja broken. Terutama anak-anaknya:

Anak tertua, Tyler (Connor Jessup) seorang atlet yang merasa bertanggung jawab atas kematian sang ayah

Anak kedua, Kinsey (Emilia Jones) yang menderita trauma karena kehilangan ayahnya. Pernah mencoba untuk bunuh diri di tengah-tengah masa remaja

Anak paling bontot, Bode (Jackson Robert Scott) yang berperan sebagai entry point bagi penonton.

Tanpa sengaja Bode telah melepaskan seorang wanita misterius penghuni dasar sumur. Wanita ini mencoba memperalat Bode untuk mencarikan kunci ajaib di Keyhouse. Jatuh dalam tipu daya, Bode menemukan kunci ajaib dan memberikan kepada wanita tersebut yang ternyata berniat jahat.

Melalui Bode, pada akhirnya kita akan mengetahui kunci-kunci apa saja yang ada di Keyhouse. Beberapa diantaranya adalah The Anywhere Key yang mirip pintu kemana saja milik Doraemon atau The Ghost Key yang bisa membuat arwah penggunanya lepas dari tubuh fisik dan terbang mirip hantu. Masih ada kunci lain yang menunggu untuk ditemukan.

Meskipun keluarga Locke berusaha keras untuk keluar dari masa lalu, mereka sadar bahwa itu semua jauh dari kata selesai. Selain ada teror dari wanita misterius, anak-anak Locke didesak untuk menguak rahasia sang ayah beserta pembunuhnya, dan tentu saja menyelidiki apa yang disembunyikan Keyhouse.

Bukan Untuk Anak-anak

Well, meskipun pemeran utamanya kebanyakan anak-anak atau remaja, ternyata Locke & Key tidak menyasar penonton seusia itu. Tema yang cukup kompleks disertai nuansa horor yang kental adalah alasannya.

Memang awalnya terlihat menyenangkan ketika Bode menemukan The Anywhere Key yang membawanya ke toko es krim dalam sekejap. Tapi perlahan nuansa fantasi berubah menjadi suasana mencekam. Memang bukan horor yang gimana-gimana sih, masih dalam standar aman Netflix.

Gambar: Netflix

Locke and Key menyajikan misteri-misteri yang cukup keren di season pertama ini untuk kepuasan para penonton. Setiap episode membuka pintu lebar-lebar akan rasa ingin tahu kita bagaimana cerita selanjutnya. Kadang kita dibuat gemas dengan keputusan-keputusan bodoh dari para karakter. Dan yang jelas, masih ada misteri yang utama yang perlu diselesaikan mengenai konflik yang disebabkan oleh kunci-kunci yang memilki kekuatan magis ini.

Netflix sepertinya perlu memberikan lampu hijau untuk season kedua dari serial ini. Dan semoga menyelesaikan keseluruhan adaptasi dari komiknya.

-OVERVIEW-

GenreDrama, Fantasy, Horror
Tanggal Tayang7 Februari 2020
CreatorsMeredith Averill, Carlton Cuse, Aron Eli Coleite
PemainDarby Stanchfield Connor Jessup Emilia Jones Jakson Robert Scott
Rating7.7 IMDB 66% Rotten Tomatoes 95% Google user

Tinggalkan Balasan