Amazon Prime Video Overview

Upload: Serial Seru Gabungan Sci-fi, Comedy, dan Drama Kriminal

Pertama kali membaca sinopsis singkat tentang Upload, yang terlintas di pikiran adalah “Wah, copycat Altered Carbon Netflix nih!”

Ternyata, tidak sepenuhnya benar. Upload adalah gabungan dari The Good Place, Altered Carbon, bahkan Black Mirror… in a damn fun way! Quick spoiler: Rekomen banget ini buat yang sedang cari hiburan ringan berbau teknologi.

Comedy Within Technology

Belakangan ini banyak sekali serial barat yang muncul dengan ide cerita after life. Masing-masing memiliki versinya sendiri dalam menggambarkan kehidupan manusia setelah kematian. Demikian juga dengan gambaran kehidupan setelah kematian versi Upload. Dari judulnya, kalian bisa menebak kalau premisnya bakal ada korelasi dengan dunia digital.

Konsep cerita kesadaran manusia yang dapat diunggah ke dalam dunia maya, sama dengan serial Altered Carbon. Di serial itu, kita melihat suatu tayangana sains fiksi yang kental dan penuh dengan keseriusan. Tetapi di serial Upload, suasana yang ditampilkan akan jauh berbeda.

Upload bercerita tentang kehidupan dari Nathan Brown (Robbie Amell). Suatu waktu dia mendapatkan luka yang sangat parah pasca mengalami kecelakaan mobil. Untuk menyelamatkan nyawa Nathan, ada dua pilihan. Jalur operasi konvensional atau mengunggah memori otaknya ke dalam suatu dunia digital bernama Lakeview. Nathan sekarat.

Karena pacarnya, Ingrid, adalah dari seorang yang kaya raya, akhirnya Nathan pun ‘di-upload’ supaya Ingrid dapat tetap bersama dengan Nathan walaupun berbeda dunia. Intinya siapapun yang memorinya di upload akan tetap hidup, sehingga teman atau saudara masih dapat menelpon, mengobrol, bersenda gurau seperti biasa.

Nathan juga masih bisa melihat orang yang dikasihi via layar raksasa. Kehidupan Nathan di Lakeview sepertinya cukup terjamin. Dapat rumah bagus, pemandangan keren, bahkan tersedia lapangan golf dan makanan enak.

Kenapa judulnya Upload? Well, di sini diceritakan belum ada teknologi untuk mendownload memori orang-orang mati untuk dikembalikan ke tubuh aslinya. Semua fasilitas yang tersedia pun tidak gratis, Nathan dan orang-orang senasib harus membayar biaya server kepada perusahaan yang menyediakan jasa Upload.

Setelah di-upload, muncul suatu masalah baru, Nathan merasa dirinya terus-terusan lapar dan kehausan. Ternyata seorang programmer di bumi sengaja membuatnya seperti itu. Akal-akalan perusahaan supaya Nathan atau orang yang dicinta tetap membayar untuk layanan Upload.

Kehidupan di Lakeview

Ternyata kehidupan di Lakeview sama seperti kehidupan kalau kita bermain The Sims atau permainan simulasi kehidupan lainnya. Jika Nathan ingin makan, minum atau ingin mendapatkan berbagai layanan lain, dia harus membayarnya.

Contoh momen kocak saat muncul pilihan makanan seperti McD, Burger King, dan lain-lain. Ketika Nathan memilih salah satunya, eh ternyata gagal. Fitur tersebut terkunci sebab butuh biaya tambahan layaknya microtransaction di game mobile.

Ada pula pemandangan dimana orang-orang dengan biaya terbatas, terlihat menempati ruangan kosong, lalu membaca lima halaman free trial dari sebuah buku. Kalau mau melanjutkan, ya harus bayar.

Kalau kalian paham dengan konsep-konsep teknologi seperti itu, pasti dapet jokes-nya deh.

Di dunia barunya, Nathan bertemu dengan ‘malaikat’nya, Nora. Sebenarnya, Nora adalah seorang customer service yang membantu orang-orang yang baru diupload untuk menyesuaikan diri dengan kehidupannya di Lakeview.

Lama kelamaan, Nora dan Nathan saling menyukai satu sama lain. Meskipun mereka tidak ada dalam satu dunia, terkadang Nora masuk ke Lakeview menggunakan kacamata VR. Nora pun berusaha untuk mengetahui kejanggalan kematian Nathan. Clue nya ada pada memori terakhir sebelum Nathan di-Upload.

Sci-fi, Comedy, Crime-Drama

Sebuah cerita sains fiksi yang dikemas dalam balutan komedi akan memberikan warna berbeda dari sebuah tontonan yang dapat memberikan hiburan saat kalian di rumah saja. Kalian akan melihat kehidupan Nathan dalam serial ini layaknya sebuah karakter dari sebuah permainan simulasi kehidupan. Sungguh menggelitik konsep cerita yang ditawarkan oleh serial ini.

Perlahan cerita di serial ini akan menjurus agak serius dan kompleks. Tidak ada yang menyangka kalau Upload sebenarnya adalah sebuah drama kriminal. Trailernya sama sekali nggak ada arah kesitu. Tenang, penonton yang tidak suka genre drama kriminal tetap akan enjoy dengan sajian Upload.

Adalah Greg Daniels, penulis kawakan Amerika yang membuat serial Upload  Pria bekebangsaan Amerika ini sudah berkecimpung dalam penulisan naskah sejak tahun 1987. The Simpsons, Saturday Night Live, The Office merupakan contoh karya yang dibuat dari pria lulusan Universitas Harvard ini. So, kalau kalian suka karya-karya beliau, nambah satu lagi alasan untuk menonton Upload.

-OVERVIEW-

GenreComedy, Sci-Fi
Tanggal Tayang1 Mei 2020
NetworkAmazon Prime Video
CreatorGreg Daniels
PemainRobbie Amell
Andy Allo
Zainab Johnson
Rating8.2 IMDB
82%
Rotten Tomatoes
97% Google Users

Tinggalkan Balasan