Netflix News

Belum dirilis, ‘Enola Holmes’ Netflix Dituntut Conan Doyle Estate

Film produksi Netflix, Enola Holmes, yang diadaptasi dari seri buku oleh Nancy Springer dituntut oleh Conan Doyle Estate karena pelanggaran hak cipta dan pelanggaran merk dagang.

Tapi kita simak dulu sinopsis film yang juga dibintangi oleh Henry Cavill (The Witcher, Superman) ini:

Enola Holmes (Millie Bobby Brown) adalah adik perempuan dari sang detektif legendaris, Sherlock Holmes. Diceritakan Enola setipe dengan kakak-kakaknya yang menyukai misteri. Mereka “berkompetisi” untuk menjadi detektif terhebat di dunia.

Ketika dunia di ambang perubahan masif pada 1884, Enola mendapati sang ibu menghilang secara misterius tepat di hari ulang tahun yang ke-16. Enola sempat meminta bantuan dari Sherlock dan Mycroft namun keduanya tak tertarik untuk membantu. Sang ibu meninggalkan berbagai hadiah aneh namun tidak memberi petunjuk apapun mengenai tujuan ataupun mengapa ia pergi.

Otomatis, Sherlock dan Mycroft kebagian sial untuk mengasuh Enola. Para kakak yang tidak menyukai Enola sempat berpikir untuk mengirim Enola ke sekolah khusus wanita di tempat yang jauh. Namun Enola menolak dan memilih berpetualang untuk mencari ibunda tercinta di London.

Tipikal kisah-kisah Holmes, masalah sepele biasanya lambat laun menjadi kompleks. Benar saja, Enola mendadak terlibat dalam misteri seorang bangsawan muda yang melarikan diri. Insting detektif nan kuat langsung bekerja dan Enola harus mengungkap sebuah konspirasi yang mengancam jalannya sejarah.

Lalu, mengapa film ini dituntut?

Karena Sherlock Holmes di film terbaru Netflix memiliki emosi. Yup, emosi sebagai manusia.

Meskipun Sherlock Holmes sangat terkenal dalam observasi dan logika, dia juga terkenal tidak punya emosi, super acuh, bahkan tak punya simpati terhadap orang lain. Karena itulah Conan Doyle Estate mempermasalahkan karya-karya yang menunjukkan perubahan sifat Sherlock Holmes. Termasuk di film Netflix (juga buku “Enola Holmes” karya Nancy Springer) yang menunjukkan Holmes dengan sifat hangat, menghormati orang, dan baik hati.

Sir Arthur Conan Doyle wafat pada 1930 silam setelah menelurkan berbagai karya tentang detektif legendaris yang banyak diadaptasi menjadi komik, film, dan serial TV. Conan Doyle Estate memiliki hak cipta Sherlock Holmes dalam tingkatan tertentu. Mereka kehilangan sebagian hak atas Sherlock Holmes pada 2014 lalu ketika hakim New Mexico memutuskan jika karya yang ditulis sebelum 1923 adalah domain publik alias bebas digunakan.


Follow kami di TwitterFacebook, dan Instagram untuk mendapatkan info serta berita terkini mengenai perkembangan TV Series barat.

Enola Holmes

Sutradara: Harry Bradbeer (Killing Eve)

Penulis Cerita: Jack Thorne

Artis: Millie Bobby Brown, Henry Cavill, Sam Claflin,Helena Bonham Carter

Rilis: September 2020

Tinggalkan Balasan