Other Overview

Brave New World: Di Masa Depan, Semua Bahagia

Makin banyak aja nih streaming service bermunculan. Salah satu yang terbaru adalah Peacock. Layanan dari negeri Paman Sam ini memang nggak baru-baru banget, tepatnya rilis untuk khalayak ramai pada 15 Juli 2020. Sampai sekarang, tercatat ada 10 juta pengguna di seluruh Amerika Serikat. Wow!

Layanan yang dimiliki oleh NBC ini beberapa original content. Salah satu yang akan kita bahas adalah Brave New World

A Dystopian Future

Apa sih dystopia itu? Dystopia adalah antonim dari utopia. Kalau utopia menggambarkan sebuah kondisi yang baik dan sempurna untuk manusia, maka dystopia menggambarkan sebuah tempat yang tidak didambakan atau menakutkan untuk manusia.

Brave New World diadaptasi dari sebuah novel yang dipublikasikan pada tahun 1930-an karya Aldous Huxley. Huxley terkenal sebagai seorang novelis dengan gaya bahasa satire. Jadi, wajar saja kalau beliau membuat sebuah karya sastra dystopia.

Di novel ini, Huxley mencurahkan pemikirannya apa yang akan terjadi jika keadaan pada tahun 1930-an tetap berlangsung. Setelah perang dunia kedua berakhir, manusia menggunakan teknologi untuk menyederhanakan kehidupannya. Manusia dilahirkan dengan 5 jenis takdir yang berbeda. Kelas Epsilon sebagai yang terendah, bekerja sebagai pekerja kasar. Sedangkan kelas Alpha memegang peranan penting dalam menjalankan pemerintahan dunia.

Behind The Scene

Brave New World dikembangkan oleh 3 penulis sekaligus, Grant Morrison, Brian Taylor dan David Wiener. Morrison dan Taylor pernah bekerja sama dalam proyek serial Happy, sementara Wiener menjadi penulis dari serial Fear The Walking Dead.

Cerita tentang dystopia pasti berhubungan dengan keadaan dunia yang lebih futuristik dari sekarang ini. Otomatis visual effect menjadi faktor kunci serial ini. Lucasfilm melalui salah satu divisinya, Industrial Light Magic yang menangani efek visual dari serial ini. Hasilnya pun tidak mengecewakan, VFX yang ditampilkan begitu halus dan nyata.

Pemeran utama serial ini adalah Alden Ehrenreich yang pernah menjadi pemeran utama di salah satu film spin-off Star Wars, Solo: A Star Wars Story. Selain dia, ada juga Jessica Findlay yang pernah membintangi serial Downton Abbey. Aktris yang sudah memiliki jam terbang yang banyak pun ikut muncul disini yaitu Demi Moore.

The Plot

Brave New World memiliki latar tempat di New London dengan 3 peraturan utama, yaitu: tidak ada privasi, tidak ada keluarga, tidak ada monogami. Para penduduknya pun patuh dengan peraturan itu karena banyaknya obat-obatan, seks dan hiburan-hiburan lainnya.

Gambar: Brave New World. Peacock (2020)

Sepasang penduduk New London, Bernard dan Lenina mengadakan liburan ke suatu tempat yang disebut Amerika. Namun di serial ini, Amerika digambarkan sebagai “Savage Land”, dimana kondisinya seperti taman hiburan dengan penduduk di dalamnya adalah kelas Epsilon atau kelas terendah di dunia Brave New World. 

Saat Bernard dan Lenina berlibur disana dan melihat para pekerja kelas Epsilon, mereka berdua merasakan suatu hal yang aneh. Mereka ingin sendiri berdua saja, suatu hal yang tabu bagi para penduduk Brave New World mengingat peraturannya adalah tidak ada monogami atau pun pernikahan. Mereka pun kembali ke New London bersama dengan John yang tumbuh besar di Savage Land.

Dengan latar kehidupan yang berbeda, John menghadapi dan melihat suatu kondisi yang baru dan sangat berbeda dengan tempat dimana dia dibesarkan. John adalah seorang lelaki yang normal seperti zaman kita sekarang ini. Tetapi untuk New London, dia adalah seorang yang aneh dan sangat berbeda dari kebanyakan. 

Sangat terbalik dengan penduduk New London, John adalah seorang individu yang menghargai privasi. Dia pun juga tidak menyukai bahkan menjelekan suatu hal yang dibanggakan oleh penduduk New London, yaitu Soma, sejenis obat-obatan yang memberikan rasa bahagia. Lebih dari itu, John sendiri pun menyetujui prinsip monogami, dimana jelas-jelas itu dilarang di dunia Brave New World.

Ngomong-ngomong soal privasi, disini kita juga diperlihatkan dengan sebuah device bernama Indra. Bentuknya mirip lensa kontak. Dengan Indra, kita bisa terhubung dengan pikiran orang lain. Hal ini juga digunakan Mustapha Mond (Nina Sosanya), seorang pejabat pemerintah, untuk mengamati pikiran rakyatnya. Wow, bener-bener nggak ada privasi.

Our Opinion

Karya sastra dengan tema dystopia memang memiliki suatu pesan yang selalu menyentil keadaan sosial masyarakat dan menggambarkan apa yang akan terjadi jika tidak ada perubahan. Demikian juga dengan Brave New World. Huxley sebagai sang penulis novel, memiliki tujuan yang sama.

Hal yang membuat serial ini kurang greget adalah penggalian karakter yang dimiliki serasa kurang mendalam dan membuat kita malas invest. Tidak hanya karakter sih, tetapi penggambaran Savage Land juga berbeda. Kalau di novelnya, kondisi Savage Land tergambarkan sebagai tempat yang penuh dengan kekerasan dan kesedihan.

Overall, Brave New World menawarkan sesuatu yang sudah kita kenal sebelumnya. Nothing is new. Seorang individu melawan ideologi kolektif sudah jamak kita temukan dimana-mana.

Masih tertarik menonton?

GenreDrama, Sci-Fi
CreatorGrant Morrison
Brian Taylor
David Wiener
Tanggal Tayang15 Juli 2020
PemainAlden Ehrenreich
Jessica Findlay
Harry Lloyd
Rating7.0 IMDB
41% Rotten Tomatoes
92% Google Users

Tinggalkan Balasan