Apple TV Overview

Ted Lasso: Pelatih ‘American Football’ Tangani Tim Sepak Bola

Genre komedi olahraga sepertinya agak jarang disenggol oleh para pembuat film atau serial. Selain sangat segmented, genre ini jarang menghasilkan pundi-pundi yang banyak. Well, stigma itu tidak berlaku untuk Apple+ yang meluncurkan serial Ted Lasso.

Serial baru ini adalah sebenarnya berdasarkan sebuah nama karakter dari sebuah iklan stasiun televisi NBC Sports. Suatu hal yang baru ya? Karena biasanya sebuah serial dibuat berdasarkan kisah nyata, novel, atau komik; namun kali ini berdasarkan sebuah iklan televisi.

Behind The Scene

Baik versi iklan maupun versi serialnya, Ted Lasso diperankan oleh Jason Sudeikis. Seorang aktor berkebangsaan Amerika ini memang lebih banyak dikenal sebagai pelawak. Tidak hanya itu, sejak tahun 2003 hingga sekarang, dia menjadi penulis di sebuah acara talkshow Saturday Night Live. Sejak tahun 2010, dia aktif berkarya. Beberapa judul film yang pernah dibintanginya adalah We’re the Millers, Horrible Bosses 2, Colossal dan sebagai pengisi suara Red di film Angry Birds.

Ada orang yang sangat berjasa dibalik peran Sudeikis menjadi Ted Lasso.Tanpa bantuan dari orang ini, Sudeikis tidak akan memerankan lagi karakter tersebut. Bill Lawrence adalah orang yang cukup berjasa untuk mengangkat cerita Ted Lasso dari sebuah iklan menjadi sebuah serial. Seorang kreator yang terkenal melalui serial komedi karyanya Scrubs yang tayang dari 2001 sampai 2010.

Gambar: Ted Lasso. Apple TV+ (2020)

Hannah Waddingham menjadi aktris utama dalam serial ini. Kalian tidak akan menyangka saat melihat aktingnya di serial ini kalau dia adalah pemeran suster Septa Unella di serial Game of Thrones. Tidak hanya itu saja sih, artis dengan rambut pirang ini memang lebih banyak berperan di serial daripada di film. Krypton, 12 Monkeys, Sex Education menjadi beberapa judul serial yang dia bintangi.

The Plot

Kalian tahu American Football? Itu lho, olahraga yang pakai bola berbentuk lonjong dan para pemainnya tubruk sana-sini. Nah, Ted Lasso adalah seorang pelatih American football di sebuah sekolah kecil di Wichita. Tim yang dia pimpin, Wichita State Shockers sedang mengalami kemunduran dengan diturunkan ke divisi dua dari Kejuaraan Atletik Perguruan Tinggi Nasional.

Tanpa diduga, Ted mendapat tawaran untuk melatih sebuah klub sepak bola profesional di Inggris, AFC Richmond. Aneh banget nih, seorang pelatih dari cabang olahraga American football ditarik menjadi pelatih sepak bola (football). Jaka sembung bawa golok, ga nyambung…g*blok!

Eits, semuanya menjadi masuk akal setelah mengetahui motif dibalik itu. Sang pemilik klub ternyata sedang memiliki masalah dalam keluarganya. Alhasil, Rebecca Welton mendapatkan hak kepemilikan klub ini dan dia ingin menghancurkan klub kesayangan dari suaminya.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan memecat pelatih yang ada sekarang ini. Rebecca sengaja memilih Ted Lasso, berharap klub ini menjadi hancur karena Ted tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang dunia sepak bola.

Ted bersama asisten pelatih Coach Beard tiba di Inggris. Setibanya di Inggris, mereka mendapatkan sambutan yang “hangat” dari para reporter olahraga. Tidak hanya itu, para pemain AFC Richmond pun mengacuhkan mereka berdua. Ted tidak tahu motivasi sebenarnya dari Rebecca. Jadi disini dia menghadapi dilema klasik; memenangkan hati para fans klub, mendapatkan respek dari pemain, dan membuktikan diri ke Rebecca.

Lalu bagaimanakah karakter Ted Lasso? Well, pria ini berhati besar, hangat kepada semua orang, selalu menunjukkan aura positif, dan seorang ayah yang baik juga. Ia pun seakan tak menunjukkan rasa minder sekalipun saat menangani klub AFC Richmond, padahal ia punya nol informasi tentang sepak bola. Prinsip “yang penting yakin!” selalu melekat di dirinya.

Our Opinion

Apakah rencana Rebecca terlaksana dengan mulus atau apakah Ted berhasil menjadi pelatih sepak bola yang bagus? Kalau menurut mimin sih susah ditebak, karena ini serial komedi, jadi semua hal bisa terjadi.

Untuk episode awal, serial ini tidak langsung menyajikan humor yang bikin ketawa. Malah lebih banyak digunakan untuk menggambarkan adaptasi seorang Ted Lasso di daerah yang berbeda. Namun lambat laun, cerita yang ditampilkan sepertinya sudah menemukan pace-nya untuk genre humor.

Jason Sudeikis dalam memerankan Ted Lasso bisa dibilang sangat bagus. Ted terlihat menjadi seorang yang sangat konyol, tidak mengerti apapun, tapi dengan lugunya dia berusaha menjadi seorang yang melakukan dengan benar.

Bisa dibilang Jason Sudeikis dan Bill Lawrence sukses dalam membangun cerita serial ini. Mereka berhasil membuat sebuah cerita komedi yang bukan cuma lelucon belaka tetapi dapat menyajikan humor segar dari karakter utamanya. Ditambah dengan kostum dan make up yang digunakan, membuat tampilan Ted terlihat lebih konyol dan lugu.

Buat kalian yang ingin suka serial komedi berbau olahraga, langsung streaming aja deh!

Happy streaming!!!

GenreComedy, Drama, Sport
CreatorBill Lawrence Brendan Hunt Joe Kelly
Tanggal TayagSeason 1 : 14 Agustus 2020
PemainJason Sudeikis Hannah Waddingham Jeremy Swift
Rating8.6 IMDB 86% Rotten Tomatoes 98% Google Users

Tinggalkan Balasan