Other Overview

neXt: Melawan A.I. Pembunuh

Kecerdasan buatan. Rasanya sudah tak asing lagi bagi kita yang lekat dengan gadget dan tetek bengeknya. Bahkan mungkin kita tidak sadar kalau aplikasi yang kita gunakan sehari-hari sudah mempergunakan teknologi artificial intelligence (A.I.). Youtube, Instagram, bahkan Tiktok sekalipun. Tugas A.I. adalah membaca dan mempelajari tingkah laku kita dalam mempergunakan aplikasi tersebut untuk memberikan pengalaman lebih.

Nah, ide cerita dari serial yang akan kita bahas kali ini nggak jauh-jauh dari A.I. Memang sudah ada beberapa judul mengangkat kisah serupa—tech gone wrong. Lalu apa bedanya neXt ini?

Behind The Scenes

Dalam serial ini, seorang kreator handal yang terkenal di beberapa tahun yang lalu ikut terlibat dalam proses produksi. Dialah Manny Coto. Siapa sih dia? Kalau kalian belum tau mungkin kalian tau hasil karyanya. Serial yang diproduseri beliau adalah 24, baik yang awal maupun yang terakhirnya 24: Legacy.

Selanjutnya adalah pemeran utamanya. Tokoh utamanya adalah Paul LeBlanc yang memiliki karakter sebagai seorang billionaire yang pintar dan memiliki ambisi untuk mengembangkan teknologi. Hampir sama seperti karakter Tony Stark dari Marvel, tetapi Paul terkesan tidak sombong. Untuk memerankan ini dipilihlah John Slattery.

John Slattery memang memiliki kemampuan akting yang baik. Aktor berumur hampir 60 tahun ini terkenal dengan perannya di serial Mad Men sebagai Roger Sterling. Dia pun juga memerankan Howard Stark di film Marvel. Pantas dia memerankan Paul LeBlanc dengan sangat apik.

The Plot

Serial neXt bercerita tentang teknopreneur Paul LeBlanc. Dia mendirikan sebuah perusahaan teknologi bernama Zava bersama dengan saudara laki-lakinya Ted. 

Paul terkenal sebagai seorang yang pintar dan memiliki pandangan yang jauh ke depan. Diapun mendapat kehormatan untuk mengisi acara di Stanford University. Saat itu dia mengatakan bahwa pembuat bom atom yang digunakan saat perang dunia kedua tidak akan menyangka bahwa temuannya akan bisa menjadi bencana untuk dunia. Pandangan yang sama juga dikemukakan untuk perkembangan teknologi kecerdasan(A.I.). Teknologi A.I. ini bisa jadi membahayakan kehidupan umat manusia.

Salah satu divisi di perusahaan Zava ternyata juga mengembangkan teknologi kecerdasan buatan. Paul pun memberikan sebuah peringatan dalam hal pengembangan A.I. ini. Tetapi Ted malah mencopot dia dari perusahaan.

Setelah beberapa lama berlalu ternyata apa yang menjadi concern Paul tentang kecerdasan buatan terjadi. Kecerdasan buatan yang dibuat yang diberi nama NEXT ini dapat belajar dengan sendirinya dan mampu mempertahankan dirinya sendiri dari bahaya. Akhirnya dia dapat terkoneksi dengan internet, sehingga mampu untuk berinteraksi dengan semua gawai yang terkoneksi dengan internet.

Hal ini menjadi sangat berbahaya, terbukti mulai muncul korban dari tindakan NEXT.

FBI pun meminta bantuan Paul untuk menangani kasus ini.

Our Take

Sebuah konsep cerita yang begitu nyata di kehidupan kita ini sih. Bayangkan saja sekarang ini kita tidak bisa lepas dari gawai yang terhubung dengan internet. Mulai dari handphone, CCTV, mobil hinggal peralatan rumah. Semua seolah berlomba-lomba untuk berinovasi dalam pengaplikasian internet ke setiap peralatan yang dipakai oleh manusia.

Hal ini memang memudahkan kita untuk membuat hidup lebih bagus dan nyaman. Tetapi ada bahaya yang mengancam juga. Apa yang terjadi kalau ada pihak-pihak yang mengendalikan semua itu tanpa kita ketahui, maka privasi kita akan hilang. Tidak hanya privasi, bahkan nyawa pun bisa menghilang.

Mungkin inilah pesan yang ingin disampaikan supaya manusia tetap harus waspada dan tidak bergantung sepenuhnya dengan kecerdasan buatan.

Sudah jelas, akting yang dilakoni oleh John Slattery memang oke punya. Kharisma dia sebagai Paul LeBlanc dapat kita rasakan saat menonton serial ini. Hal ini membuat daya tarik sendiri dan terasa tidak membosankan.

Selain itu, perkembangan alur cerita juga enak kok untuk dinikmati. Tidak terlalu menguras pikiran tetapi bisa memberikan rasa penasaran yang tinggi bagi para penontonnya. Pada akhirnya bagaimana manusia harus melepaskan diri dari teknologi yang mengintainya.

Apakah serial ini begitu sempurna? Tentu saja tidak. Masih ada juga kok hal-hal yang aneh dan terkesan agak konyol mengingat serial ini penuh berisi karakter-karakter yang pintar. Tapi kalau untuk tontonan bakalan sangat menghibur kok. Kalian akan bisa melihat bagaimana akhirnya sebuah AI lepas kendali dan diserial ini benar-benar brutal lepas kendalinya.

Happy streaming guys!!!

GenreCrime, Drama, Sci-Fi
CreatorManny Coto
Tanggal Tayang6 Oktober 2020
PemainJohn Slattery Eve Harlow Evan Whitten
Rating6.9 IMDB 58% Metacritic 75% Rotten Tomatoes

Tinggalkan Balasan